Mahasiswa UHO Memenangkan Lomba Nasional Video Edukasi Perikanan
Sabtu, 10 August 2024

Mahasiswa UHO Memenangkan Lomba Nasional Video Edukasi Perikanan

Gorontalo, Pusat Media. Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Feri Renaldi dan Nabila Sidratil mengukir prestasi di tingkat nasional. Tim mahasiswa dari Jurusan Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ini berhasil meraih juara ketiga dalam Kompetisi Videografi Edukasi yang diselenggarakan di Universitas Negeri Gorontalo pada 9 Agustus 2024. Feri dan Nabila mempresentasikan video edukasi dalam tema “Peranan Perikanan Budidaya dalam Mendukung Blue Economy yang Berkelanjutan di Indonesia”.

Sebagaimana diketahui, perikanan budidaya memegang peranan penting dalam mendukung blue economy yang berkelanjutan di Indonesia. Sebagai negara kepulauan dengan potensi laut yang sangat besar, Indonesia memiliki sumber daya yang melimpah untuk pengembangan perikanan budidaya. Praktik budidaya ikan yang efisien tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan protein nasional, tetapi juga dapat mengurangi tekanan pada populasi ikan di alam. Perikanan budidaya secara langsung berkontribusi pada pelestarian ekosistem laut, menghindari overfishing, dan memastikan kelangsungan sumber daya laut untuk generasi mendatang. 

Perikanan budidaya juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. Dengan berkembangnya teknologi budidaya yang ramah lingkungan, para nelayan dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen mereka. Ini menciptakan peluang ekonomi baru, terutama di daerah-daerah yang tergantung pada perikanan sebagai sumber penghidupan utama. Pendekatan yang berkelanjutan melalui perikanan budidaya dapat memberikan dampak positif pada pengurangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan sosial, karena penghasilan yang lebih stabil dan akses terhadap pasar yang lebih luas. [***]

Bagikan ke
atau copy link ini