Visi, Misi dan Tujuan

Visi

”Pada Tahun 2021 menjadi Program Studi yang unggul untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berdaya saing dibidang penyuluhan pertanian di Wilayah Pesisir dan Perdesaan”

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan yang Berkualitas Berbasis Riset dengan Memanfaatkan Kemajuan Teknologi Informasi.

  2. Menyelenggarakan Penelitian Unggulan dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada Publikasi Ilmiah, Teknologi Tepat Guna dan Perolehan HAKI

  3. Menerapkan Hasil-Hasil Penelitian bidang Penyuluhan Pertanian dan Pengembangan Masyarakat dalam Pembangunan Pertanian

  4. Menyelenggarakan Sistem Tata Kelola Program Studi Yang Transparan dan Akuntabel dalam Memberikan Layanan Prima.

  5. Menyelenggarakan Pengembangan Potensi yang Mendukung Integritas, Kecerdasan dan Profesionalisme Mahasiswa

  6. Menyelenggarakan Kondisi Lingkungan yang Bersih, Indah dan Nyaman dalam Mendukung Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompotensi dibidang penyuluhan pertanian di wilayah pesisir dan perdesaan yang berdaya saing ditingkat nasional dan internasional

  2. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Penelitian Unggulan dan Pengabdian Kepada Masyarakat di wilayah pesisir dan perdesaan yang Menghasilkan Publikasi Ilmiah, Teknologi Tepat Guna dan HAKI

  3. Meningkatkan Penerapan Hasil-Hasil Penelitian Dosen untuk Menunjang Pembangunan Pertanian di wilayah pesisir dan perdesaan

  4. Meningkatkan kualitas Sistem Tata Kelola Program Studi yang Transparan dan Akuntabel dalam Memberikan Layanan Prima

  5. Mengoptimalkan Pengembangan Potensi yang Mendukung Integritas, Kecerdasan dan Profesionalisme Mahasiswa

  6. Menciptakan Kondisi Lingkungan yang Bersih, Indah dan Nyaman dalam Mendukung Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

Profil Lulusan

Profil Lulusan Jurusan/PS Penyuluhan Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo dikelompokkan dalam empat profil, dengan deskripsi masing-masing profil sebagai berikut:

  1. Sebagai Penyuluh

Memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi permasalahan dan potensi program penyuluhan pertanian dan pengembangan masyarakat serta mampu menyusun, merencanakan dan merumuskan strategi serta mengevaluasi pengembangan program penyuluhan pertanian dan pengembangan masyarakat wilayah pesisir dan perdesaan.

2. Sebagai Konsultan dan Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat

Memiliki kemampuan sebagai fasilitator, motivator, dan mediator secara sistematik dan efektif dalam mengaplikasikan teknologi dan sistem informasi yang berbasis web dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat dalam rangka pemenuhan kebutuhan.

3. Pendidik dan Peneliti

Memiliki kemampuan dalam  mengidentifikasi, menganalisis dan merumuskan masalah penyuluhan pertanian secara tepat serta merekomendasikan alternatif solusi penyelesaian masalah penyuluhan pertanian dan pengembangan masyarakat wilayah pesisir dan perdesaan. Memiliki kemampuan berfikir analitis dan sintesis dengan memperhitungkan dampak penyelesaian masalah serta merancang dan melaksanakan penelitian dan menginterpretasikan data secara profesional.

4. Wirausaha

Memiliki kemampuan dalam meningkatkan nilai tambah sumberdaya melalui pendekatan penyuluhan pertanian dan pengembangan masyarakat wilayah pesisir dan perdesaan.