Capaian Pembelajaran Pendidikan Biologi FKIP UHO

Capaian pembelajaran (learning outcomes) Program Studi Pendidikan Biologi adalah:

  • Ranah Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Mengendepankan sikap JAGAD KITA (Ciri Prodi)
  • Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang pendidikan biologi serta  sesuai  dengan standar  kompetensi  kerja  bidang pendidikan biologi;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji  kasus penerapan  ilmu  pengetahuan  dan teknologi  yang  memperhatikan dan  menerapkan  nilai  humaniora sesuai  dengan  bidang  pendidikan biologi dalam  rangka  menghasilkan prototipe,  prosedur  baku,  desain atau  karya  seni,  menyusun  hasil kajiannya  dalam  bentuk  kertas kerja,  spesifikasi  desain,  atau  esai seni,  dan  mengunggahnya  dalam laman perguruan tinggi;
  4. Mampu menyusun  hasil  kajian tersebut  di  atas  dalam  bentuk kertas  kerja,  spesifikasi  desain, atau  esai  seni,  dan mengunggahnya  dalam  laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil  keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku,  spesifikasi  desain, persyaratan  keselamatan  dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi  dan  evaluasi  pada pekerjaan bidang pendidikan biologi;
  6. Mampu memelihara  dan mengembangkan  jaringan  kerja sama  dan  hasil  kerja  sama  di dalam  maupun  di  luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  • Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan ilmu biologi, ilmu pendidikan dan teknologi informasi dalam  pembelajaran  dan  penelitian  pendidikan Biologi sehingga mampu  menghasilkan produk dan desain pembelajaran yang  dapat mendorong dan  mengembangkan potensi peserta didik
  2. Mampu mengembangkan kewirausahaan dengan menerapkan konsep Biologi dan  pendidikan Biologi sehingga menghasilkan peserta didik yang mandiri dan berdaya saing.
  3. Mampu menganalisis kurikulum biologi sekolah menengah melalui kegiatan telaah kurikulum sehingga menghasilkan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  4. Mampu memecahkan permasalahan biologi dan pendidikan biologi melalui kegiatan penelitian dengan memanfaatkan  kemajuan IPTEKS sesuai dengan  konteks sekolah dan perkembangan peserta didik
  5. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi dan pembelajaran biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan biologi dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan IPTEKS
  6. Mampu mengambil keputusan perbaikan mutu pembelajaran biologi di kelas maupun di sekolah berdasarkan hasil refleksi pembelajaran  yang dilakukan secara mandiri maupun kolaboratif
  7. Mampu bertanggung  jawab terhadap tugasnya sebagai pendidik dengan berlandaskan  kode etik guru, sehingga menghasilkan pendidik yang beretos kerja tinggi, percaya diri dan berkomunikasi secara efektif

CP Keterampilan Khusus Penciri Prodi Sarjana Pendidikan Biologi Universitas Halu Oleo Keterampilan Khusus Tambahan sebagai Pendidik Biologi

  1. Mampu mempraktikan model pembelajaran Biologi yang inovatif dan kreatif sesuai dengan konteks karakteristik wilayah daratan dan kepulauan dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS
  2. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran biologi berdasarkan  karakteristik dan potensi siswa sehingga diperoleh hasil belajar yang optimal
  3. Menguasai keterampilan dan keselamatan kerja serta teknik dan manajemen pengelolaan laboratorium sekolah dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS
  • Keterampilan Khusus Tambahan sebagai Peneliti Pendidikan Biologi
  1. Mampu mengkreasi hasil penelian yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan mutu pendidikan biologi melalui penelitian  ilmiah, berbasis karakteristik wilayah daratan dan kepulauan dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS
  2. Mampu mempublikasikan hasil penelitian biologi dan pembelajaran biologi melalui jurnal ilmiah.
  • Keterampilan Khusus Tambahan sebagai Wirausaha Pendidikan Biologi
  1. Mampu menghasilkan produk wirausaha bidang biologi dan pembelajaran biologi berbasis potensi  lokal dengan memanfaatkan IPTEKS
  2. Mampu mengembangkan wirausaha pendidikan biologi
  • Keterampilan Khusus Tambahan sebagai Pengelola Laboratorium Biologi/IPA Sekolah
  1. Mampu merencanakan kegiatan dalam  pengembangan  laboratorium  biologi di sekolah
  2. Mampu mengelola kegiatan laboratorium biologi di sekolah
  • Pengetahuan
  1. Mengkaji konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi serta penerapannya
  2. Menerapkan teori, pendekatan, strategi, model dan teknik pembelajaran untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran biologi sesuai perkembangan peserta didik
  3. Mengkaji konsep teoritis statistika dan metode penelitian serta mampu mengaplikasikan penyelesaian masalah biologi dan pendidikan biologi;
  4. Menerapkan manajemen strategis dan pengelolaan laboratorium Biologi pada satuan pendidikan menengah;
  5. Mengaplikasikan kemampuan kewirausahaan di bidang biologi dan pendidikan biologi dengan rasa tanggung jawab

CP Pengetahuan Penciri Prodi Sarjana Pendidikan Biologi Universitas Halu Oleo

  1. Mengaplikasikan konsep dan prinsip bidang biologi yang sesuai karakteristik wilayah daratan dan kepulauan.