Prodi Ilmu Pemerintahan UHO Menggelar Pelatihan Mendeley

WhatsApp Image 2021-03-22 at 12.32.57 PM (2)

 

WhatsApp Image 2021-03-22 at 12.32.57 PM (2)

Kendari– Program Studi Ilmu Pemerintahan menyelenggarakan pelatihan Pemanfaatan Mendeley dan Google Scholar dalam Sitasi Karya Ilmiah pada Senin (22/03/21) bertempat di Laborarium Komputer FISIP UHO, kegiatan ini berlangsung secara tatap muka dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan, diikuti sejumlah 35 peserta dari bebagai kalangan baik dosen maupun mahasiswa. Kegiatan dibuka langsung oleh Koordinator Prodi Ilmu Pemerintahan, Saidin, S.IP.,M.Si. Dalam sambutannya dijelaskan bahwa permasalahan yang sering dihadapi mahasiswa terkait penulisan artikel ilmiah atau tugas akhir adalah masih sering terjadi kesalahan dalam teknik penulisan sitasi dan daftar pustaka. Sehingga diharapkan pelatihan ini dapat memberikan pemahaman terkait sitasi dan mahasiswa mampu menggunakan  software mendeley dalam penyusunan tugas akhir ataupun dalam penulisan jurnal.

Adapun narasumber kegiatan dalam pelatihan ini ialah Faturachman Alputra Sudirman,S.IP.,M.A merupakan dosen FISIP UHO sekaligus sebagai editor in chief NeoRespublica Jurnal Ilmu Pemerintahan. Narasumber memberikan materi mengenai sitasi serta jenis dan gaya sitasi, kemudian dilanjutkan simulasi penggunaan Mendeley ketika mengutip dan menulis daftar pustaka. Narasumber menyatakan bahwa dengan menggunakan software reference manager seperti Mendeley sangat membantu penulis atau peneliti agar lebih fokus pada substansi penelitiannya dan tidak terlalu banyak meluangkan waktu untuk mengurusi hal-hal teknis seperti penulisan sitasi dan daftar pustaka. (FAS)

Kedepannya kegiatan seperti akan terus dilakukan untuk menunjang mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan menulis mereka tutur Kaprodi ilmu pemerintahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *