MAHASISWA FHIL UHO GELAR BIMTEK BUDIKDAMBER UNTUK WARGA WOWASOLO KABUPATEN KONAWE

budikdamber

 WhatsApp Image 2021-08-31 at 07.59.17

Tim KKN Tematik Program Studi Ilmu Lingkungan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo Kendari menggelar Bimbingan Teknis Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) dirangkaikan dengan Monitoring dan Evaluasi (Monev) KKN Tematik UHO diPosko KKN Tematik Prodi Ilmu Lingkungan FHIL UHO di Desa Wowasolo Kecamatan Wonggeduku Kabupaten Konawe, hari Sabtu Tanggal 21 Agustus 2021 mulai Pkl. 09.00 – 16.00 WITA. Bimtek Budikdamber dan Monev KKN Tematik ini dihadiri oleh7 (tujuh) Dosen Pembimbing Lapangan yakni Dr. Ridwan Adi Surya, S.Si., M.Si (Ketua Tim); Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si; Dr. Lies Indriyani, S.P., M.Si; Dr. Zakiah Uslinawaty, S.Hut., M.Si; Dr. Basrudin, S.P., M.Si; Dr. Asramid Yasin, S.Pi., M.Si; dan La Ode Muhammad Erif, S.Si., M.Sc, serta mengundang Narasumber materi Pembuatan Instalasi Budikdamber dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Konawe Bapak Muhammad Mujur M, S.Pi., M.P,turut hadir pula Koordinator Penyuluh Perikanan Kabupaten Konawe Ibu Hj. Samsinar, dan perwakilan warga Desa Wowasolo khususnya Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Desa Wowasolo Kecamatan Wonggeduku Kabupaten Konawe.

Bimtek Budikdamber untuk warga Desa Wowasolo ini dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan UHO, Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si. Dalam sambutannya Prof. Aminuddin Mane Kandari berpesan kepada seluruh mahasiswa peserta KKN Tematik dan warga Desa Wowasolo yang tergabung dalam Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Desa Wowasolo, bahwa KKN Tematik ini adalah implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pilar Pengabdian Masyarakat. “Kegiatan Bimtek Budikdamber ini adalah manifestasi dari kerjasama Triple Helix antara Perguruan Tinggi dalam hal ini Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL), Pemerintah Daerah yang diwakili oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Konawe, serta warga masyarakat di Posko KKN Tematik yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Desa Wowasolo. Tolong ikuti dengan baik kegiatan Bimtek Budikdamber ini, kita melaksanakan kegiatan KKN Tematik ini di tengah masa pandemi COVID 19, terapkan ilmu yang nantinya akandidapatkan selama proses Bimtek Budikdamber ini dengan cara mensosialisasikan pemanfaatan lahan pekarangan rumah warga dengan teknik Budikdamber, agar dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat selama masa pandemi COVID-19 yang tidak jelas sampai kapan akan berakhir” ujarnya.

Prof. Aminuddin juga berpesan: “Yang dibutuhkan di masa pandemi ini adalah inovasi baru yang ramah lingkungan, dapat direplikasi ditengah masyarakat dengan mudah dan berbiaya murah, kerena Budikdamber ini adalah salah satu solusi pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk menunjang kebutuhan pangan nabati dan hewani warga Desa Wowasolo” ujarnya. Sebagai penutup sambutannya Dekan FHIL UHO menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Lurah Puuduria Bapak Drs. Tuo Turhamun, M.M selaku tuan rumah kegiatan Bimtek Budikdamber,dan Narasumber Bimtek Budikdamber Bapak Muhammad Mujur M., S.Pi., M.P yang telah bersedia membagi ilmunya terkait penerapan Best Practice Budikdamber kepada Mahasiswa peserta KKN Tematik Prodi Ilmu Lingkungan FHIL UHO dan perwakilan masyarakat Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) Desa Wowasolo.

Ketua Tim Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Tematik Prodi Ilmu Lingkungan FHIL UHO, Dr. Ridwan Adi Surya, M.Si, menjelaskan, Bimtek Budikdamber ini merupakan salah satu kegiatan utama KKN Tematik Prodi Ilmu Lingkungan FHIL UHO selain kegiatan Vertiminaponik yang telah berlangsung sejak hari pertama mahasiswa tiba di lokasi KKN Tematik. Selama di lokasi KKN, peserta KKN Tematik telah melaksanakan serangkaian prosedur kerja KKN Tematik ke tengah masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Kami berharap dengan dilaksanakannya Bimtek Budikdamber di Posko KKN Tematik UHO di Desa Wowasolo ini, dapat menjadikan Desa Wowasolo dan Kelurahan Puuduria sebagai lokasi pilihan utama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Konawe sebagai tempat Demplot Percontohan Program Pemberdayaan Masyarakat Budikdamber (Budidaya Ikan Dalam Ember) di Kabupaten Konawe, sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Bapak Bupati Konawe pada tahun ini”, ujarnya.

Dalam pelaksanaan Monev KKN Tematik setelah Bimtek Budikdamber selesai dilaksanakan, Mahasiswa Peserta KKN Tematik Prodi Ilmu Lingkungan FHIL UHO mempresentasikan serangkaian kegiatan program kerja KKN Tematik di Desa Wowasolo sejak Tanggal 8 sampai dengan 20 Agustus 2021(14 hari efektif) di hadapan para Dosen Pembimbing Lapangan yang hadir dalam bentuk Laporan Tertulis, presentasi slide PowerPoint, dan penayangan Video Film Dokumenter yang memuat seluruh aktifitas kegiatan KKN Tematik UHO di Desa Wowasolo. Adapun materi presentasi progress capaian program kerja Mahasiswa KKN Tematik Prodi Ilmu Lingkungan UHO di Posko KKN Tematik Desa Wowasolo diantaranya:(1). Pembersihan InstalasiVertiminaponik di Posko KKN Tematik Desa Wowasolo; (2). Pembibitandan Penyemaian Bibit Pakcoydan Seladaselamadurasi waktu 24Jam; (3). Perbaikan InstalasiVertiminaponik; (4). Pemindahan Bibit tanaman hidroponik keInstalasi Vertiminaponik; (5). PembuatanTandon sebagai media pengaliran air padaMediaTanamVertiminaponik; (6). Penambahan Larutan ABMix pada tandon air instalasi Vertiminaponik; (7). Penambahan NutrisipadaMediaTanam Vertiminaponik; (8). Pengecekan pertumbuhan bibit tanaman hidroponik di lokasi persemaian, (9). Peremajaan instalasiVertiminaponik; (10). KunjungankeUnitPengusaha Pupuk Organik Padat di Desa Wowasolo; (11). MengunjungiRumah Kepala Desa WowasoloGunamenanyakan Program Kerja DesaWowasolo yang bisa dikerjasamakan dengan Mahasiswa KKN Tematik; (12). KunjungankeRumah Kepala Desa Wowasolo dan Sekdes (Perwakilan) untuk mengambil beberapadatapendukunguntuk pembuatanLaporanKemajuanKKNTematik UHO, (13). Memenuhi Undangandari Kepala Sekolah SMK 1 Wonggeduku untuk mengikutirangkaian kegiatan Peringatan HUT Republik Indonesia Ke-76 Tanggal 17 Agustus 2021 diAula SMK1 Wonggeduku bersama-sama para Guru dan Siswa SMK 1 Wonggeduku, (14). MengunjungiPosyandu dan melakukan Pembagian Masker Gratis di Balai Desa Wowasolo; dan (15). Melakukan proses wawancara terkait pengelolaan limbah masker skala rumah tangga ke Warga Desa Wowasolo dengan menggunakan panduan Kuesioner.

Dalam acara Penutupan kegiatan Bimtek Budikdamber dan Monev KKN Tematik UHO ini, Dr. Ridwan Adi Surya berpesan: “Untuk semua peserta Bimtek Budikdamberbaik warga masyarakat maupun Mahasiswa peserta KKN Tematik UHO, nantinya agar mengimplementasikan ilmu yang dipelajari dan telah dipraktekkanterkait pembuatan instalasi Budikdamber ke lingkungannya masing-masing, utamanya dalam mengimplementasikan Budikdamber untuk budidaya sayuran hidroponik dan budidaya Ikan Lele Sangkuriang, sebagai upaya memenuhi kebutuhan pangan masyarakat melalui pemanfaatan pekarangan rumah warga dengan instalasi Budikdamber yang telah dibuat sebanyak tiga buah instalasi Budikdamber (masing-masing instalasi Budikdamber menggunakan ember berukuran 150 liter,berisikan 100 ekor Ikan Lele Sangkuriang ukuran sembilan sentimeter dan 16 Net Pot Sayuran Kangkung menggunakan wadah Aqua Gelasbekas),sekaligus sebagai upaya sistematis memutus rantai penularan COVID-19 di Desa Wowasolo Kecamatan Wonggeduku Kabupaten Konawe,” pungkasnya. (RAS/22 Agustus 2021)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *