TIM PKMI JURUSAN ILMU LINGKUNGAN FHIL UHO GELAR ACARA DISEMINASI PKMI TENTANG ”PEMANFAATAN KEBUN HIDROPONIK (GREEN ECO-FARMING) TANAMAN HERBAL POTENSIAL PENANGKAL INFEKSI COVID-19 DI PEKARANGAN RUMAH SELAMA WORK FROM HOME SEBAGAI UPAYA MEMUTUS RANTAI PENULARAN COVID-19” DI KELURAHAN MANDONGA KOTA KENDARI

WhatsApp Image 2020-10-28 at 11.23.48 AM

WhatsApp Image 2020-10-28 at 11.23.48 AM WhatsApp Image 2020-10-28 at 11.23.46 AM WhatsApp Image 2020-10-28 at 11.23.26 AMTim Program Kemitraan Masyarakat Internal UHO (PKMI UHO) dari Jurusan Ilmu Lingkungan FHIL UHO yang diketuai oleh La Ode Siwi, S.P., M.Si telah menggelar acara Diseminasi PKMI UHO di Aula Kantor Kelurahan Mandonga pada hari Selasa, 27 Oktober 2020. Dalam acara diseminasi yang berjudul ”Pemanfaatan Kebun Hidroponik (Green Eco-Farming) Tanaman Herbal Potensial Penangkal Infeksi COVID-19 di Pekarangan Rumah Selama Work From  Home  Sebagai  Upaya  Memutus  Rantai  Penularan  COVID-19 di  Kota Kendari” ini, Tim PKMI Jurusan Ilmu Lingkungan UHO menurunkan seluruh personil timnya diantaranya Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si, Dr. Ridwan Adi Surya, S.Si., M.Si, Dr. Lies Indriyani, S.P., M.Si, Dr. Asramid Yasin, S.Pi., M.Si, Tim Film Jurusan Ilmu Lingkungan FHIL UHO yang beranggotakan tiga orang Mahasiswa Jurusan Ilmu Lingkungan UHO (Tanri Yunanto, Akbar Sudarmo dan Sinar Rizky), serta Tim Teknis Hidroponik dari Yamazaki Hidroponik Farm Konawe yang dimotori oleh alumni Jurusan Ilmu Lingkungan FHIL UHO Muh. Safar Turhamun, S.Ling dan Arif Saputra, S.Ling.

Dalam acara pembukaan Diseminasi PKMI UHO tersebut Camat Mandonga (Nasaruddin Saud, S.Sos) menyampaikan ucapan terima kasihnya karena telah memilih Kelurahan Mandonga sebagai Mitra Sasaran dalam kegiatan PKMI UHO kali ini, dan beliau secara eksplisit berpesan agar kiranya kegiatan PKMI ini bisa terus dilaksanakan di masa mendatang karena masih banyak warga masyarakat di Kelurahan Mandonga yang belum mendapat kesempatan untuk bisa mengikuti kegiatan PKMI dari Jurusan Ilmu Lingkungan FHIL UHO kali ini. Senada dengan harapan Camat Mandonga tersebut, Lurah Mandonga (Muh. Sadrin Tahir, S.Sos, MM) juga menyampaikan ucapan terima kasihnya karena kegiatan PKMI UHO ini secara tidak langsung telah membantu mewujudkan program kerja yang telah dicanangkan oleh Kelurahan Mandonga khususnya dalam hal pembudidayaan kebun hidroponik Green Eco Farming di pekarangan rumah warga kelurahan Mandonga, yang karena dampak pandemi COVID-19 membuat salah satu program unggulan Kelurahan Mandonga itu urung untuk dilakukan.

La Ode Siwi, S.P., M.Si selaku Ketua Tim PKMI Jurusan Ilmu Lingkungan UHO secara lugas menjelaskan poin-poin penting dilaksanakannya PKMI UHO di Kelurahan Mandonga, dan menyampaikan penjelasan teknis terkait cara pembuatan instalasi hidroponik Green Eco Farming, cara penanaman,  pemeliharaan hingga pasca panen  sayuran hidroponik dengan konsep Green Eco Farming yang ramah lingkungan, dan menayangkan film Animasi Cara penanganan limbah infeksius COVID-19 skala rumah tangga, yang merupakan karya kolaborasi dari Tim Dosen Jurusan Ilmu Lingkungan FHIL UHO, dengan Tim UKM Film Jurusan Ilmu Lingkungan FHIL UHO dan Tim Hidroponik YAMAZAKI Hidroponik Farm Konawe.

Dalam acara diseminasi yang dibuka secara resmi oleh Dekan FHIL UHO ini akhirmya Ketua Tim PKMI Jurusan Ilmu Lingkungan UHO menyerahkan seluruh produk PKMI mulai dari Instalasi Hidroponik model Rak Vertikal, film tentang tata cara pembuatan instalasi hidroponik rak vertikal skala rumah tangga, film tentang metode budidaya kebun hidroponik hingga pasca panen kebun hidroponik skala rumah tangga, film animasi penanganan limbah infeksius COVID-19 skala rumah tangga, dan brosur/leaflet terkait topik kegiatan PKMI kali ini kepada Lurah Mandonga untuk dimanfaatkan oleh masyarakat. Dekan FHIL UHO, Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si berpesan dalam acara penutupan kegiatan: “Semoga semua produk PKMI UHO yang telah dihibahkan kepada masyarakat Kelurahan Mandonga ini dapat dimanfaatkan untuk membantu menggerakkan roda perekonomian masyarakat Kelurahan Mandonga, khususnya para pemerhati budidaya kebun hidroponik skala rumah tangga dalam mendukung upaya  memutus  rantai  penularan  COVID-19 di  Kota Kendari melalui program PKMI UHO ini. (RAS/27 Oktober 2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *