Jurusan Ilmu Lingkungan Gelar Pelatihan Modeling dan Decission Support System Untuk Dosen

ling1

Jurusan Ilmu Lingkungan FHIL UHO Gelar Pelatihan Modeling dan Decission Support System Untuk Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan

Berita Lingkungan | KENDARI – Jurusan Ilmu Lingkungan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO), menggelar Pelatihan Modeling dan Decission Support System (DSS) untuk Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan.

Ketua panitia kegiatan pelatihan tersebut, Dr. Ridwan Adi Surya, M.Si menyampaikan, sebagai lembaga pendidikan, perguruan tinggi memiliki peran yang besar dan penting dalam peningkatan pengembangan SDM dan peningkatan daya saing. Nah, agar peran perguruan tinggi yang strategis dapat berjalan dengan baik, maka syaratnya harus ditunjang oleh tenaga pendidik/dosen dengan kualitas unggul.

Dosen, kata Ridwan, sebagai salah satu komponen SDM perguruan tinggi mempunyai peran sentral dan strategis. Kualitas dosen akan menentukan tinggi rendahnya kualitas sebuah perguruan tinggi.

Pelatihan Modeling dan DSS, lanjut dia, merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas tenaga pendidik UHO. Maka ujar Ridwan, disinilah diperlukan adanya upaya untuk memberikan pengetahuan tentang metodologi analisis yang up to date, khususnya aplikasi tools modeling & decission support system (DSS) dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan berkelanjutan.

lingk2

”Jadi pelatihan ini terbagi menjadi limaitem materi pelatihan. Meliputi diantaranya: (1) Analisis Sistem Dinamik dengan tools software Powersim dan Vensim,(2) Analisis Status Keberlanjutan dengan tools software Multi Dimensional Scalling (MDS)dan Rapfish for Environmental, (3) Analisis Kelembagaan dengan tools Interpretative Structural Modeling (ISM) Profesional, (4) Analisis Prioritas Strategi/Alternatif dengan tools Analysis Prospective, dan (5)Analisis Penentuan Atribut Prioritas untuk Pengambilan Keputusan dengan tools Analytical Hierarchy Process (AHP),”ungkapnya, Kamis (22/11).

Pelatihan ini, lanjut Ridwan, diselenggarakan dalam upaya menambah wawasan dan memberikan pengetahuan tentang modeling dan decission support system(DSS) untuk pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan lingkungan berkelanjutan kepada para dosen FHIL UHO, khususnya dosen Jurusan Ilmu Lingkungan FHIL UHO.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini bisa menambah wawasan, kompetensi dan meningkatkan pengetahuan para dosen terkait metodologi penelitian terkini dengan pisau analisis modeling dan DSS dalam pengelolaan SDA dan lingkungan berkelanjutan,”tuturnya.

Lebih jauh, Ridwan juga mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut dapat menjadi wadah untuk membangun peluang riset kolaborasi dengan lembaga mitra (institusi pemerintah daerah) dari stake holder terkait di Provinsi Sulawesi Tenggara, karena pelatihan ini juga turut mengundang unsur SKPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Pemerintah Kota Kendari diantaranya BLHD Provinsi Sultra, BLHD Kota Kendari, Dinas Kehutanan Prov. Sulawesi Tenggara, Bappeda Prov. Sulawesi Tenggara, Bappeda Kota Kendari, BP DAS Sampara, dan Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV, untuk turut terlibat aktif menjadi peserta kegiatan pelatihan ini.

Selain itu terang dia, pelatihan tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan tenaga pendidik lingkup FHIL UHO agar dapat menghasilkan usulan penelitian kompetitif nasional berbasis software modeling dan decission support system. (RAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *