Loading

wait a moment

BERITA

PELAKSANAAN KEGIATAN PENYULUHAN DENGAN TEMA

 “PENCEGAHAN BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA LINGKUNGAN KAMPUS”

IMG_3984

Kendari – Laboratorium Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Halu Oleo menyelenggarakan Kegiatan Penyuluhan Mengenai “Pencegahan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Pada Lingkungan Kampus” di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo pada hari Selasa, 13 Oktober 2020. Kegiatan Penyuluhan ini. menggandeng pihak BNN sebagai pemateri yang dimana seluruh materi kegiatan penyuluhan ini disampaikan oleh Mindrayatin, SKM., M. Kes (Kepala Seksi pencegahan BNN Provinsi Sulawesi Tenggara), M.Syarif, SKM., M. Kes (penyuluh ahli muda BNN Provinsi Sulawesi Tenggara)

Kegiatan penyuluhan ini di buka oleh Dekan Fakultas Ulmu Sosial dan Ilmu Politik UHO yakni Bpk Dr. La Tarifu, S.pd, M. Si. yang didampingi oleh Kepala Laboratorium Ilmu Komunikasi (Sitti Utami Rezkiawaty Kamil, S.Sos.,M.I.Kom).

Disamping itu,kegiatan penyuluhan ini di hadiri oleh kurang lebih 30 orang peserta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam Sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo memaparkan tentang  kegiatan penyuluhan yang diadakan oleh pihak Laboratorium Ilmu Komunikasi. Dampak penggunan narkoba sangat merugikan bagi setiap orang yang menggunakannya terkhusus generasi muda, karena secara usia mereka berada pada fase labil dengan mental yang belum sepenuhnya matang. Sehingga, generasi muda sangat rentan terombang-ambing bahkan melakukan hal-hal yang dapat merugikan dirinya sendiri, orang lain dan masyarakat. Dalam hal ini, seperti penggunaan narkoba, pengederan, dsb.. Maka, berkaitan dengan itu Laboratorium Ilmu Komunikasi UHO mengadakan kegiatan penyuluhan mengenai “Pencegahan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Pada Lingkungan Kampus”.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHO dalam sambutannya menjelaskan bahwa pentingnya kegiatan penyuluhan ini. Harapannya agar kegiatan penyuluhan ini dapat membawa manfaat terutama bagi peserta yang merupakan bagian dari generasi muda penerus bangsa. Selain itu, beliau berharap agar kegiatan penyuluhan ini tidak hanya sampai disini saja tetapi kedepannya dapat melahirkan kerja sama antara pihak fakultas dengan pihak BNN provinsi Sulawesi Tenggara.

MAGANG ILMU KOMUNIKASI GELMOBANG III TAHUN 2020

IMG-20201012-WA0018

 

Kendari – Sebanyak 167 mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo menjalani  Program Magang Mahasiswa Gelombang III Tahun 2020, pada hari Sabtu 10 Oktober 2020 (10-10-2020). Kegiatan ini telah dilakukan rutin sebagai salah satu mata kuliah wajib. Program magang kuliah ini akan dihargai dalam bentuk satuan kredit semester (SKS).

Sebelum melepas para mahasiswa(i) untuk di tempatkan di masing-masing instansi, diadakan terlebih dahulu pembekalan yang dilakukan secara virtual, berbeda dengan tahun sebelumnya. Kegiatan ini diarahkan langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UHO, Sumadi Dilla.

Sumadi Dilla S.Sos., M.Si, sebagai ketua jurusan mengatakan, “Magang kali ini berbeda dengan magang sebelumnya, karna salah satunya pembekalan dilaksanakan secara daring tapi tidak masalah, tidak mengurangi apa yang saya ingin sampaikan kepada peserta magang. Dalam pembekalan kali ini saya tekankan kepada peserta magang yang berjumlah 167 orang ini, saya harapkan dapat membantu kinerja organisasi di mana peserta di tempatkan. Saya berharap ilmu yg didapatkan selama proses belajar mengajar diterapkan dalam magang dan membantu menyelesaikan persoalan organisasi”.

“Saya harapkan anda mengeluarkan ide-ide yang kreatif dan solutif dalam mengembangkan ilmu komunikasi di instansi/perusahaan di mana anda ditempatkan. Selain itu, etika dalam berkomunikasi harus didahulukan”, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Joko, S.Sos., M.Si, menambahkan.

Diharapkan mahasiswa(i) bersungguh-sungguh dalam menjalankan program magangnya, karena kegiatan ini berguna untuk mengembangkan diri agar memiliki pengalaman dan siap bekerja setelah menyelesaikan studinya.

PENYAMBUTAN MAHASISWA BARU FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS HALU OLEO 2020

 

WhatsApp Image 2020-10-05 at 04.04.53

 

Kendari – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo kembali menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sesuai dengan panduan umum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam kondisi pandemi COVID-19, penyambutan mahasiswa baru kali ini diselenggarakan secara virtual atau online. Sebanyak 1400 mahasiswa baru hadir secara virtual dalam acara Penyambutan Mahasisa Baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univeritas Halu Oleo tahun 2020, yang berlangsung pada 5 Oktober 2020 (05/10/2020).

Penyambutan mahasiswa baru ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHO, Dr. La Tarifu, S.Pd., M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk diikuti oleh mahasiswa baru. Walaupun dengan segala keterbatasan serta banyaknya hambatan yang ada, beliau berharap semoga kegiatan penyambutan mahasiswa baru tahun 2020 ini tidak mengurangi dari makna yang sesungguhnya.

“Selamat datang kepada mahasiswa(i) baru. Selamat bergabung di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHO. Anda semua merupakan pilihan yang terbaik. Anda sudah sukses menyeleksi diri dengan yang lainnya sehingga kemudian pada hari ini anda mulai bergabung secara resmi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHO. Diharpkan agar seluruh mahasiwa(i) baru dapat mengikuti semua peraturan akademik yang ada di Universitas Haluelo.”, ujar Dekan FISIP UHO.

Terpantau hadir juga dalam kegiatan ini antaranya lain para wakil Dekan, Ketua Program Studi, Para Dosen, hingga Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FISIP UHO.

Diketahui bahwa 1400 mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini, tersebar di 6 Jurusan dan 3 Prodi. Sebelumnya mereka menjalani proses seleksi dari 3 tahapan, yaitu tahapan seleksi nasional (SNMPTN), tahapan seleksi bersama (SBMPTN), dan tahapan seleksi mandiri (SMMPTN).

Selanjutnya mahasiswa baru diarahkan untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu pertemuan virtual dengan porgram studi masing-masing. Mereka dapat berinteraksi secara langsung untuk menanyakan segala hal terkait prodi maupun perkuliahan.

“Kami segenap Civitas Akademika mengucapkan selamat bergabung, para Halu Oleo muda. Salam sehat dan semoga sukses selalu.”, tutup moderator.

 

 

RAPAT DARING PERSIAPAN PERKULIAHAN SEMESTER GASAL 2020-2021 FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UHO

 

WhatsApp Image 2020-10-03 at 18.22.10

 

Kendari – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo mengadakan Rapat Persiapan Perkuliahan Semester Gasal 2020/2021 yang dilakukan secara Daring (Virtual) pada Jumat (2/10/2020). Dalam Rapat Virtual kali ini turut dihadiri oleh sejumlah civitas akademika FISIP Universitas Halu Oleo seperti Dekan, para Wakil Dekan, Ketua, Sekretaris & Anggota Senat, para Ketua dan Sekertaris Jurusan, para Ketua Program Studi, para Kepala Sub-Bagian, para Kepala Laboratorium, Ketua dan Sekertaris UJM, para Dosen PNS dan Non-PNS, serta para Tenaga Kependidikan dan Non-Kependidikan dalam lingkup FISIP UHO.

Rapat kali ini membahas tentang hal-hal penting terkait rencana pelaksanaan perkuliahan dan agenda akademik lainnya pada semester Gasal 2020/2021. Seperti yang diketahui bahwa penyebaran pandemi Covid-19 mendorong pemerintah untuk mengeluarkan beberapa kebijakan, salah satunya adalah kebijakan belajar dari rumah. Hal tersebut juga dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHO. Metode pembelajaran yang dilakukan secara daring (online) dengan menggunakan berbagai fasilitas seperti platform Zoom, Google Meet, Google Classroom ini membuat mahasiswa dan dosen tetap dapat berinteraksi satu sama lain layaknya kuliah secara tatap muka atau offline. Namun dalam pelaksaannya tentu memiliki kesulitan, inilah yang menjadi hal penting yang harus diperhatikan. “Para Dosen pengajar tentunya harus dapat lebih bersikap kreatif dalam proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 ini.” ujar Dekan FISIP UHO.

Ia menambahkan, bahwa diperlukannya menciptakan suasana nyaman belajar di rumah dan membahagiakan mahasiswa(i) dengan desain pola pikir perubahan, agar mahasiswa(i) dapat mengerti dengan apa yang dijelaskan oleh para Dosen pengajar meskipun melalui daring. Karena perkuliahan daring tetap dapat berjalan dengan baik selama ada kerja sama dan kedisiplinan dari dosen dan mahasiswa.

“Dengan diadakannya rapat kali ini kita mengharapkan bahwa perkuliahan dan agenda akademik lainnya pada semester Gasal 2020/2021, tetap bisa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.” tutup Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHO.