PELATIHAN & PENGEMBANGAN

Dalam Pelatihan dan Pengembangan Dosen Program studi telah memiliki peta keahlian dosen yang merupakan arahan untuk pengembangan bidang keilmuan. Program Studi Kehutanan memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh dosen untuk mengembangkan kualitas diri melalui program pembinaan dan pengembangan secara berkesinambungan, mencakup:

  • Mendukung dan memotivasi dosen yang gelar akademiknya magister untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Peningkatan kualitas dosen dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar melalui pelatihan-pelatihan seperti Program Peningkatan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen muda untuk menjamin dosen dapat melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai pendidik yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial dan Aplied Approach (AA) bagi dosen senior agar mampu melakukan rekonstruksi dalam penyempurnaan mata kuliah yang diampu.
  • Peningkatan kerjasama dengan pakar dari universitas/perguruan tinggi lain baik dari dalam maupun luar negeri di bidang ilmu yang relevan dengan Program Studi Kehutanan untuk memberikan kuliah umum atau seminar.
  • Peningkatan kualitas dosen dalam penelitian dan pengabdian pada masyarakatmelalui pelatihan pembuatan dan penyusunan proposal, pelatihan teknik penarikan sampel dan analisis data, pelatihan penulisan jurnal ilmiah dan penyusunan buku ajar.

Sedangkan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kependidikan diberikan kesempatan belajar bagi tenaga kependidikan, pemberian fasilitas (sarana/dana/jenjang karir), mengusulkan/mengikut sertakan dalam kegiatan magang/pelatihan teknis sesuai dengan bidangnya antara lain: pelatihan teknisi/laboran.