HUTAN PENDIDIKAN

Landscape Hutan Harapan_Asep Ayat1 (3)

Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan berada di Kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Gularaya yang berada pada Blok Khusus. Hutan pendidikan secara administrasi berada di Kecamatan Abeli (Kelurahan Tobimeita dan Kelurahan Benuanirai) dan Kecamatan Anduonohu dengan luas 288,353 Ha. Hutan pendidikan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo saat ini diperuntukan  untuk kegiatan praktek lapang mahasiswa, kegiatan penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, kawasan ini dapat pula digunakan sebagai kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan kelembagaan kemahasiswaan.  Hutan pendidikan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat dengan waktu tempuh ± 30 menit dari Kota Kendari.

Hutan pendidikan memiliki potensi Flora dan Fauna yang beranekaragaman. Beberapa hasil penelitian yang pernah dilaporkan tumbuh di Hutan Pendidikan antara lain ditemukan tumbuhan tumbuhan obat sebanyak 30 jenis yang tersebar pada habitus pohon 10 jenis, habitus perdu 11 jenis, habitus herba 11 jenis, habitus liana 2 jenis dan habitus rumput 1 jenis. Jenis-jenis yang ditemukan tersebut beberapa diantaranya Costus speciosus (Koening) J.E. Smith, Morigana pterygosperma Gaetn., Artocarpus communis, Ficus septica Burm. F., Donax cannaeformis (G. Forst.) K. Schum), Eupatorium odoratum (L.) R. M.), Melastoma malabathricum Linn., Lygodium circinatum (Burm.) Sw. Sedangkan Fauna yang umum di jumpai di Hutan Pendidikan diantaranya Monyet Hitam (Macaca Ochreata, Ular, Babi Hutan, Kus-Kus, Burung Nuri, dan beberapa jenis burung yang lainnya.

Selain itu, Hutan Pendidikan juga terdapat beberapa aliran sungai yang dijadikan oleh masyarakat sebagai sumber air, terdapat beberapa spot wisata yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata, dll.

Profil Hutan Pendidikan dapat didownload di sini https://youtu.be/ah2fqSKtMPg

Peta Hutan Pendidikan dapat diunduh di sini Hutan Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *