Aksi Akhir Tahun Kehutanan UHO Hijaukan Pantai Buton Tengah

49124841_10213831372843865_832834119070121984_n (1)

49124841_10213831372843865_832834119070121984_n (1)

 

Kendari 3/1/2019. Jurusan Kehutanan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo (FHIL UHO) kembali menunjukan rasa kepeduliannya terhadap lingkungan dan jiwa korsa rimbawan. Dimana baru-baru ini, bersama Asosiasi Mikoriza Indonesia (AMI) Cabang Sulawesi Tenggara, Pengurus Sylva Indonesia, Pemerintah Kabupaten Buton Tengah Serta Mahasiswa Jurusan Kehutanan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar kegiatan aksi penghijauan di pantai mutiara buton tengah, minggu (30/12).

Dalam kegiatan Aksi Hijau di Pantai Mutiara Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, dihadiri oleh Bupati Buton Tengah, Ketua PKK Buton Tengah, Sekretaris Daerah Buton Tengah, Organisasi Perangkat Daerah Buton Tengah, Dosen Universitas Halu Oleo, Mahasiswa FHIL UHO, Masyarkat setempat, Kepala Desa Se – Kabupaten Buton Tengah serta Ketua Asosiasi Mikoriza Indonesia Cabang Sulawesi Tenggara Prof. Dr. Ir. Hj. Husna Faad, M.Si.

Dalam sambutannya, Samahuddin, Bupati Buton Tengah menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas terlaksananya kegiatan aksi penghijauan pantai, bakti sosial di Kabupaten Buton Tengah sebagai wujud kepedulian kita sebagai manusia terhadap lingkungan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam aksi Hijau Pantai Mutiara. Ini merupakan salah satu bentuk perhatian terhadap kondisi kami yang hidup di atas tanah berbatu. Semoga kegiatan ini bisa berlajut bukan pada tahun ini saja tetapi menjadi kegiatan rutin yang bekerja sama dengan pemerintah daerah, ucap dalam sambutannya.

“Pemerintah daerah juga mengucapkan terima kasih kepada Dosen-Dosen FHIL UHO, juga kepada Ketua AMI Cabang Sultra Ibu Prof. Dr. Hj. Husna Faad, M.Si, Pengurus Sylva Indonesia UHO dan adik-adik mahasiswa FHIL UHO atas kehadirannya membantu di daerah Kabupaten Buton Tengah. Mudah-mudahan bukan tahun ini saja, tapi seterusnya,” tegas Samahuddin di hadapan Mahasiswa UHO.

49296007_10213831372563858_5819006208710803456_n (1)

Sebelumnya, Prof. Dr. Hj. Husna Faad, M.Si selaku Dosen Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan UHO yang juga Ketua Asosiasi Mikoriza Indonesia Cabang Sultra melalui sambutannya menjelaskan, program Aksi Hijau Pantai Mutiara dan rangkaian kegiatan penanaman pohon ini bertujuan untuk menghijaukan wilayah pesisir di Kabupaten Buteng.

Selain itu juga, untuk memberikan kesadaran secara dini kepada mahasiswa, siswa dan siswi serta masyarakat umum tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup dan hutan disekitar mereka. Kemudian kegiatan ini juga sebagai wujud implementasi konsep yang diajarkan di kampus untuk membantu praktek mata kuliah yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen,” jelasnya.

Pihaknya berharap dalam penyelenggaraan penanam pohon tersebut, Buteng bisa ASRI dan sejuk. Ini juga sesuai harapan Bupati Samahuddin.

“Kami melihat daerah ini, beliau belum cukup satu tahun sudah luar biasa pembangunannya. Kami bangga kepada bapak Bupati,” ucapnya.

Aksi Hijau ini terselenggara atas kerja sama Pemda Buteng dengan mahasiswa Fhil UHO, Asosiasi Mikoriza Indonesia Cabang Sultra, dan Sylva Indonesia.

Berita ini telah terbit juga sebelumnya di media online :

  1. https://tegas.co/2018/12/aksi-hijau-mahasiswa-fhil-uho-di-pantai-mutiara-disambut-hangat-bupati-buteng/
  2. https://www.haindo.com/aksi-hijau-pantai-mutiara-sekjen-sylva-indonesia-memberikan-sambutan-dihadapan-bupati-buton-tengah/

Adapun Vidio sekilas kegiatan penanaman aksi hijau pantai mutiara Buteng dapat dilihat di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *