Mahasiswa Jurnalistik 2017 Lulus Program Permata Ke Untirta Banten.

 

Wahyu Ibnu Siam

Wahyu Ibnu Siam seorang mahasiswa Jurusan Jurnalistik Universitas Halu Oleo (UHO) angkatan 2017, berhasil lulus seleksi program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Permata). Program ini merupakan kegiatan yang digelar oleh Universitas Halu Oleo bekerjasama dengan beberapa universitas lain di Indonesia. Melalui program tersebut, masing-masing kampus mengirimkan mahasiswa utusannya untuk merasakan dan menjalani Pendidikan di universitas lain selama satu semester.

 

Sebanyak kurang lebih belasan mahasiswa UHO mengikuti seleksi program Permata. Namun hanya enam orang yang akhirnya terpilih sebagai wakil dari UHO untuk diberangkatkan ke berbagai universitas pilihan sesuai dengan program studinya masing-masing. Wahyu Ibnu Siam, atau yang biasa di sapa Ibnu, menjadi salah satu yang terpilih. Universitas Sultan ageng Tirtayasa (Untirta) yang berlokasi di Serang, Banten menjadi kampus pilihan yang akan ia tuju. Ia direncanakan akan mulai mengikuti perkuliahan di Untirta selama enam bulan di Jurusan Jurnalistik, Fisip, Untirta di awal tahun ajaran 2019/2020 ini.

 

Mahasiswa asal Konawe Selatan yang juga aktif menjadi penyiar radio kampus ini menuturkan bahwa dirinya begitu senang dan sangat antusias dengan kelulusan dirinya di program pertukaran mahasiswa ini.  “Saya sangat senang dan antusias dengan program ini. Karena memang dari awal punya keinginan kuliah di Pulau Jawa. Alhamdulillah bisa dapat kesempatan kuliah di Untirta,” Ujar Ibnu saat ditemui Rabu (7/8/19).

 

Selain mengikuti proses perkuliahan selama satu semester, program ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan daerah masing masing. Ibnu nantinya bertugas untuk memperkenalkan kebudayaan Sulawesi Tenggara kepada mahasiswa Untirta. Menurutnya, banyak budaya Sultra yang bisa dengan bangga ia perkenalkan kepada masyarakat luar. Mulai dari tarian, makanan, hingga bahasa daerah.

 

Program beasiswa Permata ini diadakan setahun sekali oleh Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenriset-Dikti) untuk mahasiswa semester 5 hingga semester 7. Ibnu berharap, mahasiswa Jurnalistik dapat termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilannya sehingga mampu memberikan sumbangsih positif bagi kampus dan juga masyarakat.(Dewi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *