Kurikulum

Lulusan PSPPA pada Fakultas Farmasi UHO berdasarkan Kepmendiknas Nomor 045/U/2002, SKB ISFI-APTFI/Standar Kompetensi Apoteker diharapkan memiliki tiga kompetensi, yaitu:

1. Kompetensi utama

  1. Mampu bekerja di bidang farmasi dan memiliki kompetensi kerja yang sesuai standar kompetensi profesi apoteker
  2. Mampu mengkomunikasikan pemikiran atau argumen dan karya inovasi bagi pengembangan profesi masalah terkait obat berbasis bukti (evidence based medicine) mulai dari perancangan, pembuatan, distribusi, pengelolaan dan pelayanan sediaan farmasi untuk optimalisasi keberhasilan terapi;
  3. Mampu melakukan evaluasi terhadap hasil keputusan dan kinerja pelayanan kefarmasiaan dan mengkomunikasikan hasil evaluasi tersebut kepada profesi kesehatan lain dan masyarakat dalam berbagai bentuk media.
  4. Mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan secara mandiri dan berkesinambungan (Life Long Learner) yaitu dengan mampu mengevaluasi diri melalui pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan praktik profesi apoteker.
  5. Mampu memimpin dan bertanggungjawab dalam memecahkan masalah di bidang farmasi atas pekerjaan kefarmasian yang diberikan sesuai dengan Undang-Undang dan kode etik keprofesian.
  6. Mampu bekerja sama dengan profesi kesehatan lain seperti dokter, perawat, bidan, ahli gizi untuk keberhasilan terapi pasien atau pengobatan pasien.
  7. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan sesama profesi apoteker dan kliennya untuk peningkatan kualitas pelayanan kefarmasian.
  8. Mampu melakukan pekerjaan kefarmasian meliputi produksi, compounding dispensing, fungsi manajerial pada industri dan komunitas serta pelayanan farmasi klinik pada komunitas.
  9. Mampu mengimplementasikan ilmu kefarmasian, metode dan teknologi farmasi, konsep farmakoterapi, pharmaceutical care, pharmacy practice serta prinsip epidemiologi, pharmacovigillance dan farmakoekonomi, untuk menjaga mutu sediaan farmasi dan melindungi keamanan pasien.
  10. Mampu mengaplikasikan pengetahuan manajemen farmasi, sosiofarmasi, hukum dan etik farmasi, teknik komunikasi serta keselamatan kerja secara komprehensif.

2. Kompetensi pendukung

  1. Mampu menguasai teknologi informasi dalam menunjang pelaksanaan pekerjaan kefarmasian
  2. Memiliki jiwa kewirausahaan dalam menjalankan praktek kefarmasian
  3. Memiliki karakter dan keterampilan sosial dalam melakukan pekerjaan  kefarmasian.

3. Kompetensi lainnya

  1. Mampu melakukan pelayanan kefarmasian preventif terutama di daerah pesisir dan perdesaan
  2. Mampu memecahkan permasalahan pengobatan atau apoteker dengan memanfaatkan ilmu dan teknologi informasi serta menawarkan alternatif penyelesaian masalah kesehatan di masyarakat

 

Unduh Kurikulum PSPPA FF-UHO