5 Mahasiswa Profesi Apoteker UHO Lakukan Pengabdian Masyarakat di Panti Sosial

Suasana foto bersama seusai pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di PSTW. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Sebanyak lima mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Apoteker Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan pengabdian kepada masyarakat bertajuk “Cegah Penyakit Kolesterol dan Hipertensi dengan Hidup Sehat”, bertempat di  Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Minaula, Kamis (20/6).

Lima mahasiswa  Profesi Apoteker UHO tersebut, Nur Sakimah Taano, Puput Widarini, Wa Ode Munarni, Ari Widianingsih, Mu’ammar Mudjahid. Serta didampingi  dua dosen pendamping yakni Dian Munasari Solo S Farm  MSi Apt dan Parawansah S Farm M Kes Apt.

Dosen Pendamping Dian Munasari Solo S fARM MSi Apt mengatakan, pengabdian ini merupakan salah satu bagian dari siklus perkuliahan, yang sifatnya wajib bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Apoteker.

Ia menjelaskan, lima mahasiswa bertugas memaparkan materi yang sudah disiapkan. Tentunya, ucap dia, berdasarkan kesesuaian dengan tempat pengabdian.

“Jadi, karena pengabdiannya dilakukan di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Minaula, maka mahasiswa yang melakukan pengabdian mengambil topik, cegah penyakit koleksterol dan hipertensi dengan hidup Sehat, mengingat penyakit tersebut sering diderita yang sudah lanjut usia (lansia),” ujarnya, Kamis (21/6).

Lanjutnya, sebenarnya jumlah keseluruhan mahasiswa Profesi Apoteker UHO saat ini sebanyak 40 orang. Lokasi pengabdian, kata dia, itu ditentukan pihak prodi yang saat ini sudah disebar diantaranya di Badan Narkotika Nasional (BNN), Rumah Sakit (RS), serta di satuan pendidikan.

Ia menuturkan, kegiatan dihadiri langsung  Kepala panti, pegawai, serta 35 peserta penghuni panti. Dia bilang, semuanya sangat antusias mengikuti pemaparan dan penjelasan yang diberikan. Dia harap, semoga pengabdian ini dapat tersosialisasi dan diterapkan dengan baik.

“Saya berharap, dengan kegiatan ini masyarakat lebih mengetahui cara kerja profesi apoteker khususnya di panti sendiri. Apa lagi, nantinya mahasiswa tersebut kedepannya bakal senantiasa melakukan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan keilmuannya,” pungkasnya. (cr1/r2)

2 Replies to “5 Mahasiswa Profesi Apoteker UHO Lakukan Pengabdian Masyarakat di Panti Sosial”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *