5 Mahasiswa Profesi Apoteker UHO Lakukan Pengabdian Masyarakat di Panti Sosial

Suasana foto bersama seusai pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di PSTW. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Sebanyak lima mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Apoteker Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan pengabdian kepada masyarakat bertajuk “Cegah Penyakit Kolesterol dan Hipertensi dengan Hidup Sehat”, bertempat di  Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Minaula, Kamis (20/6).

Lima mahasiswa  Profesi Apoteker UHO tersebut, Nur Sakimah Taano, Puput Widarini, Wa Ode Munarni, Ari Widianingsih, Mu’ammar Mudjahid. Serta didampingi  dua dosen pendamping yakni Dian Munasari Solo S Farm  MSi Apt dan Parawansah S Farm M Kes Apt.

Dosen Pendamping Dian Munasari Solo S fARM MSi Apt mengatakan, pengabdian ini merupakan salah satu bagian dari siklus perkuliahan, yang sifatnya wajib bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Apoteker.

Ia menjelaskan, lima mahasiswa bertugas memaparkan materi yang sudah disiapkan. Tentunya, ucap dia, berdasarkan kesesuaian dengan tempat pengabdian.

“Jadi, karena pengabdiannya dilakukan di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Minaula, maka mahasiswa yang melakukan pengabdian mengambil topik, cegah penyakit koleksterol dan hipertensi dengan hidup Sehat, mengingat penyakit tersebut sering diderita yang sudah lanjut usia (lansia),” ujarnya, Kamis (21/6).

Lanjutnya, sebenarnya jumlah keseluruhan mahasiswa Profesi Apoteker UHO saat ini sebanyak 40 orang. Lokasi pengabdian, kata dia, itu ditentukan pihak prodi yang saat ini sudah disebar diantaranya di Badan Narkotika Nasional (BNN), Rumah Sakit (RS), serta di satuan pendidikan.

Ia menuturkan, kegiatan dihadiri langsung  Kepala panti, pegawai, serta 35 peserta penghuni panti. Dia bilang, semuanya sangat antusias mengikuti pemaparan dan penjelasan yang diberikan. Dia harap, semoga pengabdian ini dapat tersosialisasi dan diterapkan dengan baik.

“Saya berharap, dengan kegiatan ini masyarakat lebih mengetahui cara kerja profesi apoteker khususnya di panti sendiri. Apa lagi, nantinya mahasiswa tersebut kedepannya bakal senantiasa melakukan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan keilmuannya,” pungkasnya. (cr1/r2)

Penerimaan Mahasiswa Baru Angkatan II Tahun 2019

Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo Kendari kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan II mulai tanggal 20 Juni sampai dengan 10 Juli 2019. Sebelumnya UHO telah membuka pendaftaran yang sama pada Januari 2019 lalu. Mengingat penerimaan mahasiswa dilaksanakan dua kali dalam setahun (semester ganjil dan genap), maka pendaftaran Profesi Apoteker kembali dibuka. Jadwal seleksi dan persyaratan penerimaan mahasiswa baru dapat dilihat pada leaflet di bawah ini:

WhatsApp Image 2019-06-14 at 13.24.25

WhatsApp Image 2019-06-14 at 13.24.20

Angket/Kuesioner Pelayanan Mahasiswa

Yth. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker FF UHO

Mohon kesediaannya untuk mengisi Angket/Kuesioner Kepuasan pelayanan mahasiswa melalui link di bawah ini:

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdpFP5t-JakY0s5Z5mWb5oLv0AfOf-JP_unypp1gwhkL-7q8w/viewform

dengan password “farmasimaju”

Partisipasi anda sangat kami butuhkan untuk melakukan perbaikan-perbaikan dalam pelayanan kepada mahasiswa.

Mahasiswa Profesi Apoteker Membuat Tutorial Cara Penggunaan Sediaan Farmasi

Tutorial Cara Penggunaan Insulin

Tutorial Cara Penggunaan Tetes Hidung

Tutorial Cara Penggunaan Tetes Mata

Tutorial Cara Penggunaan Salep Mata

Tutorial Cara Penggunaan Tetes Telinga

Tutorial Cara Penggunaan Inhaler

Tutorial Cara Penggunaan Nebulizer

Tutorial Cara Penggunaan Rotahaler

Tutorial Cara Penggunaan Seretide

Tutorial Cara Penggunaan Suppositoria

 

Mahasiswa Apoteker UHO Beri Penyuluhan Bahaya Narkoba Ke Siswa

Mahasiswa Apoteker UHO Beri Penyuluhan Narkoba ke Siswa

PENYULUHAN NARKOBA – Mahasiswa program studi Apoteker, Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari memberikan penyuluhan narkoba kepada siswa dan siswi jurusan farmasi di SMKS Kesehatan Kendari, bekerjasama dengan Badan Nasional Narkotika (BNN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (3/5/2019). (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Mahasiswa program studi Apoteker, Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari memberikan penyuluhan narkoba kepada siswa dan siswi jurusan farmasi di SMKS Kesehatan Kendari, bekerjasama dengan Badan Nasional Narkotika (BNN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (3/5/2019).

Penyuluhan ini sendiri merupakan bagian dari persyaratan untuk mencapai profesi apoteker, yakni berupa pengabdian terhadap masyarakat. Pengabdian ini sendiri bekerjasama dengan Badan Nasional Narkotika (BNN) Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Kenapa kita pilih penyuluhan narkoba, itu karena di Kota Kendari khususnya banyak kasus penyalahgunaan narkoba. Kami memilih jurusan farmasi karena memang jurusan inilah yang tahu hulu hilirnya pembuatan obat,” ungkap dosen pendamping pengabdian masyarakat, Mesi Leorita, Kamis (3/5/2019).

Alasan lain memilih pelajar karena kebanyakan pelajar belum mengetahui betul fungsi narkoba itu sendiri, yang sebenarnya hanya boleh digunakan untuk keperluan medis, sehingga kerap kali disalahgunakan oleh para siswa.

Sumber: https://zonasultra.com/mahasiswa-apoteker-uho-beri-penyuluhan-narkoba-ke-siswa.html