Putu Arimbawa tambah Doktor Baru di Universitas Halu Oleo

Kendari, UHO — Putu Arimbawa yang sehari-harinya sebagai salah satu Dosen Jurusan Penyuluhan Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo berhasil mempertahankan disertasinya dalam ujian terbuka secara daring menggunakan Google meet pada hari Selasa, 07 Juli 2020 pukul 09.00 WIB. Doktor lulusan Program Studi Ilmu Pertanian Minat Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan Pertanian Program Pascasarjana Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang ini mengambil judul The Role of Communication in Farmer Institutions on The Enhancement of Farmers’ Capacity in Cocoa Development in East Kolaka Regency dibimbing oleh Kliwon Hidayat, Edi Dwi Cahyono dan Yayuk Yuliati.

Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Kolaka Timur sejak bulan April sampai dengan Nopember 2019. Pendekatan yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survai dan didukung data kualitatif. Populasi penelitian adalah petani kakao yang menjadi anggota Lembaga Ekonomi Masyarakat Sejahtera (LEMS) di empat kecamatan pengembangan kakao secara sengaja. Data dianalisis secara deskriptif, dan analisis structural equation modeling (SEM) dengan generalized structures component analysis (GSCA) (SEM-GSCA).

Putu memaparkan bahwa peran komunikasi dalam kelembagaan petani dapat menjadi kunci keberhasilan pengembangan kakao melalui peningkatan kapasitas petani namun ketika diukur, peran komunikasi dalam kelembagaan petani dan tingkat kapasitas petani kakao masing-masing masih dalam kategori sedang dan peran komunikasi dalam kelembagaan petani masih berada pada kategori sedang dan peran komunikasi dalam kelembagaan petani berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kapasitas petani.

Ujian terbuka yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Kuswanto, M.S dengan dosen penguji 1) Prof. Dr. Ir. Sugiyanto, M.S, 2) Prof. Dr. Ir. Keppi Sukesi, M.S, 3) Reza Safitri, S.Sos., M.Si., Ph.D, 4) Prof. Dr. Ir. Weka widayati, M.S, serta Promotor Prof. Dr. Ir. Kliwon Hidayat, M.S dan Ko-Promotor masing-masing Ir. Edi Dwi Cahyono, M.Agr.Sc., M.S., Ph.D dan Prof. Dr. Ir. Yayuk Yulianti, M.S. Dewan penguji menyatakan lulus dengan nilai Pujian.

Pembaharuan yang dipromosikan oleh Doktor Putu Arimbawa dalam akhir paparannya menyampaikan bahwa enam strategi peningkatan kapasitas petani kakao yangt dirumuskan melalui model komunikasi kelembagaan yang efektif dalam peningkatan kapasitas petani dalam pengembangan kakao menjadi suatu model yang memuat faktor masukan, proses, dan luaran. Agar model komunikasi dalam kelembagaan petani dapat berjalan efektif perlu perbaikan pada: 1) faktor masukan (input), 2) perbaikan proses (process), 3) luaran (output), 4) peningkatan peran pendamping sebagai fasilitasi informasi, mediasi informasi dan pertukaran informasi berlangsungnya proses belajar bersama petani dalam suatu kelembagaan petani dalam menunjang pengembangan kakao di Kabupaten Kolaka Timur. (As)