Visi, Misi dan Tujuan


VISI

Visi  jangka panjang Jurusan/Prodi Pendidikan Kimia adalah pada tahun 2023 menjadi salah satu program studi yang menghasilkan tenaga pendidik dan peneliti yang cerdas komprensif, professional, dan berkarakter mulia serta berwawasan global sesuai karakteristik wilayah kepulauan.

Cerdas komprehensif adalah sifat unggul yang ditunjukkan oleh lulusan Jurusan/Prodi Pendidikan Kimia dalam hal beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa (cerdas spiritual), menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (cerdas intelektual), memiliki kematangan emosional (cerdas emosional), serta memiliki kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan lingkungannya (cerdas sosial).

Pendidik profesional adalah kesiapan lulusan Jurusan/Prodi Pendidikan Kimia.

Berkarakter mulia adalah membentuk dan mengembangkan budaya BISA (Bersih, Indah, Sejuk, Aman) dengan semboyan JAGAD KITA (Jujur – Adil – Gotong Royong – Adaptif – Disiplin – Kreatif – Inovatif – Toleran – Amanah) dalam lingkungan masyarakat di mana berada.

Karakteristik wilayah kepulauan adalah ciri yang dimiliki oleh FKIP dalam mengembangkan diri dan lingkungannya serta mampu mengatasi segala permasalahan untuk kemajuan.



MISI

  1. Menyelenggarakan pembelajaran kimia yang inovatif berbasis riset dan teknologi informasi dalam rangka menciptakan guru yang memiliki penguasaan keterampilan mengajar dan keterampilan laboratorium.
  2. Melaksanakan penelitian unggulan bidang kimia dan pendidikan kimia berbasis wilayah pesisir dan sumber daya alam dalam menunjang pembelajaran kimia yang berorientasi pada publikasi ilmiah dan perolehan HaKI.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan penelitian bidang kimia dan pendidikan kimia berbasis wilayah pesisir dan sumber daya alam dalam menunjang pembelajaran kimia yang berorientasi pada pengembangan IPTEKS.
  4. Menerapkan sistem tata kelola program studi yang menekankan prinsip-prinsip transparansi, akuntablitas dan kredibilitas dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
  5. Mengembangkan potensi mahasiswa melalui kegiatan bidang penalaran, olahraga, seni budaya, kerohanian, organisasi dan kepemimpinan dan kewirausahaan.
  6. Menciptakan atmosfer akademik yang berwawasan lingkungan dan menghargai keberagaman (pluralisme) dalam menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.


TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan kimia yang inovatif dan berdaya saing serta memiliki penguasaan keterampilan mengajar dan keterampilan laboratorium berbasis riset dan teknologi informasi.
  2. Menghasilkan penelitian unggulan bidang kimia dan pendidikan kimia berbasis wilayah pesisir dan sumber daya alam dalam menunjang pembelajaran kimia yang berorientasi pada publikasi ilmiah dan perolehan HaKI.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan penelitian bidang kimia dan pendidikan kimia berbasis wilayah pesisir dan sumber daya alam dalam menunjang pembelajaran kimia yang berorientasi pada pengembangan IPTEKS.
  4. Memiliki sistem tata kelola program studi yang menekankan prinsip-prinsip transparansi, akuntablitas dan kredibilitas dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
  5. Berkembangnya potensi mahasiswa melalui kegiatan bidang penalaran, olahraga, seni budaya, kerohanian, organisasi dan kepemimpinan dan kewirausahaan.
  6. Terciptanya atmosfer akademik yang berwawasan lingkungan dan menghargai keberagaman (pluralisme) dalam menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.