Prosedur Akademik

PERKULIAHAN
Beban Studi Per Semester
Beban studi yang dapat diambil mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika pada semester pertama maksimal 24 SKS. Beban studi yang dapat diambil pada semester berikutnya, disesuaikan dengan IPS yang diperoleh sebelumnya, seperti tabel berikut.
Indeks Prestasi Semester
Jumlah Maksimal SKS pada semester berikutnya
3.10 – 4.00
24 SKS
2.75 – 3.00
21 SKS
2.50 – 2.74
18 SKS
2.00 – 2.49
15 SKS
< 2.00
12 SKS
Pengambilan jumlah SKS yang melebihi ketentuan di atas tidak diperbolehkan dan jika memperoleh nilai, maka nilainya dibatalkan (tidak diakui) dan tidak dapat dimasukkan ke dalam KHS.
Ketentuan Sistem Satuan Kredit Semester
Satuan kredit semester adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa, besarnya pengakuan atau keberhasilan usaha kumulatif bagi suatu program tertentu, serta besarnya usaha untuk menyelenggarakan pendidikan bagi perguruan tinggi khususnya tenaga pengajar, dengan rincian waktu kuliah per minggu sebagai berikut.
No
Kegiatan
Lama Waktu
1
Kegiatan tatap muka terjadwal, misalnya dalam bentuk kuliah
50 menit
2
Kegiatan akademik terstruktur yang tidak terjadwal tetapi  direncanakan oleh dosen dan dilakukan oleh mahasiswa, misalnya pekerjaan rumah atau penyelesaian soal-soal.
60 menit
3
Kegiatan akademik mandiri yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mendalami, mempersiapkan suatu tugas akademik, misalnya membaca buku referensi.
60 menit
Masa Perkuliahan
Perkuliahan berlangsung pada semester ganjil, genap, dan semester pendek. Jumlah pertemuan tatap muka disesuaikan dengan bobot SKS. Jadwal perkuliahan setiap semester diatur dalam ketentuan tersendiri.
Kehadiran Dosen Dan Mahasiswa Dalam Perkuliahan
Dosen berkewajiban melaksanakan perkuliahan minimal 80% dari ketentuan masa perkuliahan dan menggantikan sisa perkuliahan (20%) dengan tugas-tugas yang setara. Kehadiran mahasiswa minimal 80% dari masa perkuliahan dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dosen untuk pemenuhan masa perkuliahan.
Praktikum
Praktikum merupakan salah satu metode pembelajaran yang dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman maupun keterampilan mahasiswa. Tidak semua mata kuliah mengandung praktikum. Pelaksanaan praktikum diselenggarakan di dalam laboratorium maupun di luar laboratorium tergantung jenis praktikumnya.
Tata Tertib Mengikuti Perkuliahan
Mahasiswa wajib hadir 15 menit sebelum perkuliahan dimulai, berpakaian rapi, sopan (bersepatu dan tidak memakai kaos oblong) dan ketentuan yang disepakati di awal perkuliahan. Untuk praktikum mahasiswa harus menggunakan pakaian praktikum yang sesuai dengan jenis praktikumnya.
Ujian
Ujian matakuliah dilakukan untuk memperoleh nilai hasil belajar. Ujian tersebut dilaksanakan dosen yang bersangkutan, meliputi ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Ujian tugas akhir dilaksanakan oleh program studi dengan membentuk panitia dan tim penguji di bawah pengawasan pimpinan fakultas.
Laporan Hasil Studi
Laporan hasil studi semester diberikan dalam bentuk kartu hasil studi (KHS) yang mencantumkan:
  1. Nilai setiap matakuliah
  2. Indeks Prestasi Semester (IPS)
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)