Info Kegiatan Open House Fisika

JPF-Admin 2019/03/04
OHF (Open House Fisika) adalah salah satu event tahunan yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Fisika FKIP UHO dan sekarang telah memasuki Open House Fisika 2019. Open House Fisika (OHF) merupakan sebuah ajang bergengsi tingkat Provinsi se-Sulawesi Tenggara yang menantang para siswa untuk berkompetisi dan membuktikan kemampuan diri mereka sehingga mampu mewujudkan generasi yang cerdas, berfikir logis dan bertindak kreatif.
Open House Fisika (OHF) Tahun 2019 dengan tema “Mewujudkan Generasi Melenial Berjiwa EINSTEIN (Edukatif , Inovatif, Saintifik, Terampil dan Intelektual” akan dilaksanakan pada hari senin-sabtu, 04 – 9 Maret 2019 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo.
Ajang OHF (Open Hause Fisika), terdiri atas:
  1. LKIF (Lomba Karya Ilmia Fisika) tingkat SMA/MA
  2. LCTF (Lomba Cerdas Tepat Fisika) tingkat (SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA Sederajat) se-Sulawesi Tenggara
  3. RANGKING 1 FISIKA se-Sulawesi Tenggara
  4. Olimpiade Fisika  (SMP/MTS, SMA/MA Sederajat) se-Sulawesi Tenggara
  5. Fisika Expo
Jadi bagi siswa(i) SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA Sederajat se-Sulawesi Tenggara mari mengasah kemampuan Fisika dalam berkompetisi dengan mengikuti ajang lomba OHF (Open House Fisika) Tahun 2019.
Ayo ikuti dan daftarkan sekolah kalian dalam kegiatan OHF (Open House Fisika) Tahun 2019.
Contact Person :
  • Ririn Harianto (082344302621)
Email             : ohfuho2019@gmail.com
Facebook      : Open House Fisika

Kegiatan Open Hause Fisika OHF 2019 FKIP UHO

JPF-Admin 2019/03/04
JPF- Dalam rangka mengembangkan minat dan bakat siswa dalam pembelajaran Fisika, Himpunan Mahasiswa Jurusan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar Open House Fisika (OHF) 2019 se-Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan mengusung tema “Melalui OHF Wujudkan Generasi Milenial Berjiwa Einstein (Edukatif, Inovatif, Saintifik, Terampil dan Intelektual)” di Auditorium Makodompit UHO, Senin (4/3/2019).
Kegiatan OHF ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan alumni FKIP UHO, Drs. Mustamin Anggo, M,Si. yang dihadiri oleh ketua jurusan dan dosen pendidikan fisika FKIP UHO, Mahasiswa pendidikan fisika serta dihadiri sujumlah siswa-siswi SD,  SMP, dan SMA se-Sultra.
Wakil Dekan III FKIP UHO dalam sambutanya menyampaikan bahwa ia sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan OHF ini, yang mana kegiatan ini merupakan ajang peningkatan level belajar siswa utamanya dalam pembelajaran fisika. olehnya itu mari bersama-sama untuk mensukseskan kegiatan ini untuk kepentingan kita semua.
“Pendidikan Fisika adalah jurusan yang cukup dinamis di tahun 2018 lalu, yang mana diketahui bahwa tahun lalu pendidikan fisika telah meloloskan sebanyak empat judul yang mana dua diantaranya telah lolos dalam pekan ilmiah mahasiswa nasional dan berhasil menorehkan medali perunggu dan itu merupakan prestasi yang selama ini belum pernah kita raih,” ungkapnya dalam sambutan.
Sementara itu, Rosliana Eso, S.Si., M.Si. selaku ketua jurusan pendidikan fisika menyatakan bahwa kegiatan OHF ini merupakan lomba dalam pembelajaran fisika yang sudah merupakan agenda rutin yang diusung oleh jurusan pendidikan fisika FKIP UHO dalam setiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam ilmu fisika.
“Melalui OHF 2019 ini diharapkan dapat mengasah minat dan bakat siswa untuk memahami fisika lebih mendalam. Selain itu diharapkan juga dengan adanya lomba fisika ini dapat meningkatkan ketertarikan siswa-siswi dan pelajar di Sultra dalam dalam mempelajari Fisika,”ungkapnya pada Warta Sultra saat ditemui di tempat kegiatan.
Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, pihaknya tidak hanya sebatas memberikan soal-soal sebagaimana yang di perlombakan
oleh siswa-siswi antar sekolah dalam kegiatan OHF ini, melainkan pihaknya juga akan memberikan pemahaman-pemahaman kepada siswa tentang pembelajaran fisika yang mungkin mereka belum ketahui.
“Semoga pada masa-masa mendatang kegiatan yang sifatnya membangun seperti ini tetap dapat dilaksanakan dan bahkan diharapkan akan ada bentuk-bentuk kegiatan lainnya yang dapat diadakan untuk lebih meningkatkan animo masyarakat dan siswa-siswa kita pada penguasaan Fisika yang merupakan tulang punggung kemajuan teknologi bangsa dan dunia,”lanjutnya.
Dikatakan Ririn Harianto selaku ketua panitia, untuk kegiatan OHF 2019 ini akan dilaksanakan selama enam hari yang dimulai tanggal 4 Maret 2019 sebagai acara pembuka hingga berahir pada tanggal 9 Maret 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 29 sekolah dari berbagai tinggakat se-Sultra yang terdiri dari sebanyak 12 SMA, 8 SMP, dan 9 SD.
“Dalam kegiatan OHF 2019 ini pihak panitia menyiapkan beberapa item kegiatan yang mana diantaranya adalah lomba cepat tepat fisika (LCF) yang diikuti oleh semua tingkatan, olimpiade fisika untuk tingkat SMP dan SMA, rangking 1 untuk tingkat SD dan SMP, Karya Inovatif pembelajaran untuk tingkat SMA dan expo fisika (pertujukan fisika),”ungkapnya.
Sementara Muh. Abdul Azam Undu selaku Ketua HMJ Pendidikan Fisika menyatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi semangat para siswa untuk ikut berkompetisi dengan tujuan mengembangkan minat siswa dalam mempelajari fisika dalam rangka mewujudkan masyarakat intelektual yang menguasai sains dan teknologi yang dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara.