Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

PENGARUH RELIGIUSITAS, TIPE KEPRIBADIAN, KECERDASAN EMOSI dan DUKUNGAN SOSIAL terhadap STRATEGI COPING
MUHAMMAD NURUL RAMADHAN
Pembimbing: Mukhsar, S. Si., M.Si dan Makkulau, S. Si., M.Si
Abstrak
ABSTRAK   MUH. NURUL RAMADHAN. Pengaruh Religiusaitas, Tipe Kepribadian, Kecerdasan Emosi dan Dukungan Sosial Tehadap Strategi Coping pada mahasiswa D3 Statistika Angkatan 2015 dan 2016. Penelitian ini di bawah bimbingan Mukhsar dan Makkulau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusaitas, tipe kepribadian, kecerdasan emosi dan dukungan sosial tehadap mengatasi tingkat stres pada mahasiswa yang berprestasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi D3 Statistika Program Pendidikan Vokasi Universitas Halu Oleo (UHO) angkatan 2015 dan 2016. Teknik penentuan sampel menggunakan Simple Random Sampling sebanyak 34 responden. Penelitian ini menggunakan empat variabel yang di duga mempunyai pengaruh terhadap cara mengatasi tingkat stres pada mahasiswa yang berprestasi. Variabel tersebut adalah kecerdasan emosi, religiusitas, tipe kepribadian, dan dukungan sosial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari empat variabel, hanya satu variabel yang berpengaruh terhadap cara mengatasi tingkat stres pada mahasiswa yang berprestasi. Variabel tersebut adalah variabel bebas dukungan sosial. Maka diperoleh model regresi linear berganda adalah Ŷ = 18,8 + 0,402 X4. Artinya dari model tersebut adalah jika dukungan sosial naik sebesar satu satuan maka nilai cara mengatasi tingkat stres akan naik sebesar 0,402 satuan.   Kata Kunci: Pengaruh Religiusaitas, Tipe Kepribadian, Kecerdasan Emosi, Dukungan Sosial, Strategi Coping, Simple Random Sampling, Regresi linear berganda.
Abstract

ABSTRACT   MUH. NURUL RAMADHAN. The Influence of Religiosity, Personality, Emotional Intelligence and Social Support toward Coping Strategy of D3 Students in 2015 and 2016. Guided by Mukhsar and Makkulau.             This research’s purpose is to know the influence of religiosity, personality, emotional intelligence and social support to cope with stress level on excel students. This research’s population are D3 students of Halu Oleo university, vocational education program in 2015 and 2016. This research is using simple random sampling on 34 students. This research is using 4 variables that are suspected to have influences on how to cope with the stress level on excel students. Those variables are the influence of religiosity, personality, emotional intelligence and social support. This research found that from those 4 variables there’s only one that have influence toward the way to cope with stress level on excel students. That variable is free variable of social support. Then it obtained the multiple linear regression model Ŷ = 18,8 + 0,402 X4. From that model it can be seen that if the social support goes up by one point the value on how to cope with the stress level will rise by 0,402 point.   Keywords: Religiosity influences, personality, emotional intelligence, social support, coping strategy, simple random sampling, multiple regression model.  

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SMA NEGERI 6 KENDARI oleh DEWA MADE DONI AFRIAWAN(Tesis, 2018)
  2. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kolaka Timur oleh HERMANSYAH MA'MIR(Tesis, 2018)
  3. Konstruksi Tes Diagnostik untuk Mendiagnosis Miskonsepsi Peserta didik  SMA pada  Materi Listrik Dinamis oleh Ika Novrina(Tesis, 2018)
  4. PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI  UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS  V SDN 6 BATALAIWORU oleh ALMAMA(Skripsi, 2017)
  5. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Basic for Aplication (VBA) dan Spreadsheet Excel pada Materi Pokok Radioaktivitas di SMA oleh Majenun(Tesis, 2017)
  6. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Kendari oleh Saleha(Tesis, 2018)
  7. Karakteristik segmen gen COI (Cytochrome Oxidase Subunit I) DNA Mitokondria Plusia chalcites (famili : Noctuidae, Ordo : Lepidoptera) oleh Marwansyah(Skripsi, 2017)
  8. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Langsung dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Listrik Dinamis dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Siompu oleh IRHAM(Tesis, 2017)
  9. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran Langsung Dengan Strategi Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Hasil belajar Ranah Kognitif Pada Materi Suhu Dan Kalor Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Peserta Didik SMAN 10 Kendari oleh Nuzul Quryati Hartawati(Tesis, 2017)
  10. Students' Perception and Preference toward Written Feedback in Learning of Writing oleh Rafan Agusti(Skripsi, 2017)
  11. Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Langgea Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan oleh La Ode Marhini(Tesis, 2018)
  12. Analisis Kelayakan Pengembangan Obyek Wisata Pantai Nirwana Kota Baubau oleh Muh. Kamal Gani S.(Tesis, 2018)
  13. Keefektifan Model Pembelajaran Siklus Belajar 7E dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor ditinjau dari Penalaran Logis Peserta Didik SMAN 1 Kontukowuna oleh Haniman Dewi. G(Tesis, 2017)
  14. Analisis Promosi Jabatan Dalam Pengembangan Karier Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Muhammad Arfan(Tesis, 2018)
  15. Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Sultra Prima Lestari oleh HILMANUR(Tesis, 2018)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231