Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

KARAKTERISTIK FISIK DAN ORGANOLEPTIK DAGING SAPI BALI PADA BERBAGAI LOKASI OTOT YANG BERBEDA
NELA FEBRIANI RANTI
Pembimbing: Prof. Dr. Ir. H. Harapin Hafid., M.Si dan Rahman. S.Pt., M.T
Abstrak
ABSTRAK Nela Febriani Ranti (L1A1 12 128): Karakteristik Fisik dan Organoleptik Daging  Sapi Bali pada Berbagai Lokasi Otot yang Berbeda. Dibimbing oleh Harapin Hafid, sebagai Pembimbing I dan Rahman, sebagai Pembimbing II.   Daging merupakan bahan pangan sumber protein hewani yang digemari oleh seluruh lapisan masyarakat karena rasanya yang lezat dan mengandung nilai gizi yang tinggi. Daging pada lokasi otot yang berbeda pada dasarnya memiliki perbedaan dalam hal aktivitas dan fungsinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik fisik dan organoleptik daging sapi bali pada berbagai lokasi otot yang berbeda. Penelitian ini menggunakan daging sapi pada lokasi otot yang berbeda yaitu otot longissimus dorsi  (LD), biceps femoris (BF), pectoralis profundus (PP), dan otot gastrocnemius. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengap (RAL) dengan  4 perlakuan dan 5 ulangan.Hasil penelitian menunjukan bahwa secara statistik, karakteristik fisik daging sapi segar pada otot yang berbeda menunjukkan perbedaan yang nyata (P<0,05) dari segi pH, susut masak dan warna daging. Sedangkan  karakteristik organoleptik daging sapi pada otot yang berbeda menunjukan perbedaan yang nyata (P<0,05) pada cita rasa dan keempukan, namun tidak menunjukan perbedaan yang nyata (P>0,05) pada aroma, tekstur, dan kesan jus daging. Disimpulkan bahwa lokasi otot yang berbeda secara umum memiliki karakteristik fisik dan organoleptik yang berbeda   Kata Kunci: daging sapi, lokasi otot, fisik dan organoleptik
Abstract

ABSTRACT   Nela Febriani Ranti (L1A1 12 128): physical characteristics and organoleptic of bali cattle meat on several different muscle locations by Harapin Hafid, as Supervisor I and Rahman, as Supervisor II.   Meat is one of adore food because of its delicious taste and high nutrient.  Meat on different muscle locations has different activities and functions.  The aim of this research was to understand physical characteristics and organoleptic of Bali cattle meat from different muscle locatios.  This study used beef cattle meat from different muscle locations were longissimus dorsi (LD) muscle, biceps femoris (BF), pectoral profundus (PP), and gastrocnemius muscle.  This research used Completely Randomized Designs (CRD) with 4 treatments and 5 replications. Results showed that statistically characteristics of fresh beef on different muscle was significantly different (P<0.05) on pH, cooking lost, and meat color.  Whereas organoleptic characteristics of meat on different muscles were significantly different (P<0.05) on taste and tenderness, but it were not significantly different (P>0.05) on aroma, texture, and juicy of meat.  It could be concluded that different muscle locations generally has different physical characteristics and organoleptic. Key words: beef, muscle locations, physical, organoleptic          

Tahun Skripsi: 2016   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN KEPADA MASYARAKAT PENERIMA KARTU BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN (Studi pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Muna ) oleh Wa ode Riana Sari(Skripsi, 2016)
  2. PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT BANK SINARMAS KENDARI oleh MUTIARA MAKMUR(Skripsi, 2017)
  3. PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM PROVINSI SULAWESI TENGGARA oleh HESTI(Skripsi, 2017)
  4. IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN ISLAM PADA MTsN 1 KENDARI oleh ALI HENDRO(Skripsi, 2017)
  5. IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI KABUPATEN KONAWE PROVINSI SULAWESI TENGGARA oleh CONNY SURIATNI(Tesis, 2017)
  6. STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KOTA BAUBAU oleh ROZARY NUR IMAN(Tesis, 2016)
  7. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pedagang Sayur Keliling di Kota Kendari. oleh WA DE MEGAWATI(Tesis, 2017)
  8. PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN  KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BAPPEDA SULAWESI TENGGARA oleh RHEGINA SAMANTHA(Skripsi, 2017)
  9. Pengaruh Stres Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Sultra Tuna Samudera Kendari oleh KARMILA SARI(Skripsi, 2017)
  10. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 WOLOWA PADA MATERI POKOK PEMANFAATAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP oleh SUKMAWATI(Skripsi, 2017)
  11. EFEKTIVITAS PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI UNIT DESA (KUD) PANGAN JAYA DESA PANGAN JAYA KECAMATAN LAINEA oleh ROCKY JAYA SAPUTRA(Skripsi, 2017)
  12. ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN AR-RAHN PADA PEGADAIAN SYARIAH KENDARI oleh DEWI YANTI(Skripsi, 2017)
  13. PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PDAM TIRTA ANOA KOTA KENDARI oleh DARMAWAN ANUGRAH(Skripsi, 2016)
  14. Penggunaan Media Film untuk Meningkatkan  Kemampuan Menentukan Unsur-unsur Intrinsik   Novel  pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 03  Bombana oleh SUMRNI(Tesis, 2017)
  15. Penggunaan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Karangan Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kota Kendari oleh Nisrinah Rahayu(Tesis, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231