Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

IMPLEMENTASI PELAYANAN RUJUKAN PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) DI PUSKESMAS GUALI KABUPATEN MUNA BARAT TAHUN 2017
ISMILIANI SAFLIA
Pembimbing: AMBO SAKKA, S.KM., M.A.R.S dan PARIDAH, S.Si., M.Kes
Abstrak
IMPLEMENTASI PELAYANAN RUJUKAN PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) DI PUSKESMAS GUALI KABUPATEN MUNA BARAT TAHUN 2017     Ismiliani Saflia1 Ambo Sakka 2 Paridah3 Fakultas Kesehatan Masyarakat123Universitas Halu Oleo Ismilianisaflia@yahoo.com 1 Abufaadhl@gmail.com 2 Paridah@gmail.com 3     ABSTRAK   Sistem rujukan pelayanan kesehatan merupakan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horizontal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pelayanan rujukan pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Guali Kabupaten Muna Barat Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang didukung oleh data primer berupa hasil wawancara mendalam, observasi, pemeriksaan dokumen, dan dokumentasi serta data sekunder berupa telaah dokumen dengan peneliti berperan sebagai instrument utama penelitian.Teknik analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari segi ketersediaan tenaga medis Puskesmas Guali hanya memiliki 1 orang dokter umum dan jika dokter tidak datang maka tenaga kesehatan lain yang memberikan surat rujukan atau dalam memberikan pelayanan kesehatan. Dari segi ketersediaan fasilitas kesehatan Puskesmas Guali berkoordinasi dengan pihak RSUD Kab. Muna untuk merujuk pasien yang membutuhkan penanganan serius seperti pelayanan rawat inap dimana alat kesehatan di Puskesmas Guali peralatan diagnostik itu masih kurang. Dari segi aksesibilitas masih minimnya jumlah transportasi yang digunakan dalam proses rujukan dan waktu tempuh selama 120 menit ke RSUD Kab. Muna telah efisien. Diharapkan kepada pihak puskesmas meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sehingga pasien menumbuhkan kepercayaan terhadap kinerja puskesmas, meningkatkan kedisiplinan petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan.  Kata kunci: pelayanan rujukan, ketersediaan tenaga medis, ketersediaan fasilitaskesehatan, aksesibilitas
Abstract

IMPLEMENTATION OF REFERRAL SERVICE OF BPJS PATIENT IN GUALI PUBLIC HEALTH CENTER,WEST MUNA REGENCY 2017 Ismilianisaflia1 Ambo Sakka 2Paridah3 Faculty of Public Health 123haluoleo university Ismilianisaflia@yahoo.com 1 Abufaadhl@gmail.com 2 Paridah@gmail.com 3   ABSTRACT Referral health service system is a health service arrangement that regulates the delegation of duties and responsibilities of health services in reverse either vertical or horizontal. This research aimed to determine the implementation of referral service of BPJS Patient in Guali public health center West Muna regency 2017.  This research uses descriptive qualitative approach supported by primary data in the form of in-depth interview, observation, document examination and documentation also secondary data in the form of document review with researcher acting as the main instrument of the research. The analysis of the data was using data reduction, presentment of the data, and conclusion. The results of this study show that in terms of availability of medical personnel, referral services provided by the Guali public health center to the patients is through a doctor and if the doctor was unable to attend then the other health workers who provide referral or in providing health services. In terms of health facility availability Puskesmas Guali coordinate with the General Hospital of Muna to refer patients who require serious treatment such as inpatient services where there a lack of health equipment in public health services such as diagnostic equipment. In terms of accessibility which there were a minimum number of transportation used in the referral process and also travel time for 120 minutes to General Hospital of Muna has been efficient. It is expected that the public health center improves the quality of health services to BPJS patients so that the patient became confidence in the performance of the public health center, improving the discipline of health workers in providing health services. Keywords: referral services, the availability of medical personnel, the availability of health facilities, accessibility

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. SEJARAH PELABUHAN FERRY RAHA-PURE   KABUPATEN MUNA : 2013-2017 oleh FERNAWATI(Skripsi, 2017)
  2. EFEKTIVITAS PESTISIDA NABATI CAMPURAN EKSTRAK KULIT JAMBU METE (Anacardium occidentale) DAN DAUN KOMBA-KOMBA (Chromolaena odorata) TERHADAP Phytophthora palmivora PENYEBAB PENYAKIT BUSUK BUAH KAKAO   oleh MUNARDIN BASANUNGGU(Tesis, 2018)
  3. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 POASIA oleh HASNIAJI(Tesis, 2018)
  4. PENGARUH PARTISIPASI PENGANGGARAN, KOMITMEN KARYAWAN DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN. oleh MUHAMMAD ARIF SYAM(Tesis, 2017)
  5. POTENSI DAN KENDALA PENGEMBANGAN KAWASAN SENTRAL PETERNAKAN RAKYAT(SPR) SAPI POTONG DI KABUPATEN MENA BARAT oleh SAHAR SAKARUM(Skripsi, 2017)
  6. ANALISIS RENCANA RELOKASI WARGA AKIBAT PEMBANGUNAN BENDUNGAN PELOSIKA oleh TAUFIK(Tesis, 2018)
  7. UJI AKTIVITAS PERBAIKAN FUNGSI GINJAL EKSTRAK ETANOL LANSAU KHAS SUKU MUNA TERHADAP TIKUS PUTIH WISTAR JANTAN oleh IMELDA SARDA SOLEMAN (Skripsi, 2018)
  8. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM MESIN  oleh AYNUDIN(Skripsi, 2017)
  9. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM PRESTASI MESIN  oleh GAFAR SALAM (Skripsi, 2017)
  10. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM PRESTASI MESIN oleh ANDI FAJAR(Skripsi, 2017)
  11. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Penatausahaan Keuangan Daerah Kabupaten Kolaka Timur oleh ahrul(Tesis, 2017)
  12. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KENDARI oleh RANI(Skripsi, 2017)
  13. ANALISIS PENGEMBANGAN EKOWISATA MANGROVE KOTA KENDARI oleh MURNI(Tesis, 2018)
  14. ANALISIS RENCANA TATA BANGUNAN DAN LINGKUNGAN (RTBL) PULAU BUNGKU TOKO KOTA KENDARI oleh LA LIUSU(Tesis, 2018)
  15. ANALISIS PEMBANGUNAN WILAYAH BERBASIS SEKTOR UNGGULAN KOTA KENDARI PROPINSI SULAWESI TENGGARA oleh ENDANG ABUBAKAR(Tesis, 2018)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231