Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

IMPLEMENTASI PELAYANAN RUJUKAN PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) DI PUSKESMAS GUALI KABUPATEN MUNA BARAT TAHUN 2017
ISMILIANI SAFLIA
Pembimbing: AMBO SAKKA, S.KM., M.A.R.S dan PARIDAH, S.Si., M.Kes
Abstrak
IMPLEMENTASI PELAYANAN RUJUKAN PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) DI PUSKESMAS GUALI KABUPATEN MUNA BARAT TAHUN 2017     Ismiliani Saflia1 Ambo Sakka 2 Paridah3 Fakultas Kesehatan Masyarakat123Universitas Halu Oleo Ismilianisaflia@yahoo.com 1 Abufaadhl@gmail.com 2 Paridah@gmail.com 3     ABSTRAK   Sistem rujukan pelayanan kesehatan merupakan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horizontal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pelayanan rujukan pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Guali Kabupaten Muna Barat Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang didukung oleh data primer berupa hasil wawancara mendalam, observasi, pemeriksaan dokumen, dan dokumentasi serta data sekunder berupa telaah dokumen dengan peneliti berperan sebagai instrument utama penelitian.Teknik analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari segi ketersediaan tenaga medis Puskesmas Guali hanya memiliki 1 orang dokter umum dan jika dokter tidak datang maka tenaga kesehatan lain yang memberikan surat rujukan atau dalam memberikan pelayanan kesehatan. Dari segi ketersediaan fasilitas kesehatan Puskesmas Guali berkoordinasi dengan pihak RSUD Kab. Muna untuk merujuk pasien yang membutuhkan penanganan serius seperti pelayanan rawat inap dimana alat kesehatan di Puskesmas Guali peralatan diagnostik itu masih kurang. Dari segi aksesibilitas masih minimnya jumlah transportasi yang digunakan dalam proses rujukan dan waktu tempuh selama 120 menit ke RSUD Kab. Muna telah efisien. Diharapkan kepada pihak puskesmas meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sehingga pasien menumbuhkan kepercayaan terhadap kinerja puskesmas, meningkatkan kedisiplinan petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan.  Kata kunci: pelayanan rujukan, ketersediaan tenaga medis, ketersediaan fasilitaskesehatan, aksesibilitas
Abstract

IMPLEMENTATION OF REFERRAL SERVICE OF BPJS PATIENT IN GUALI PUBLIC HEALTH CENTER,WEST MUNA REGENCY 2017 Ismilianisaflia1 Ambo Sakka 2Paridah3 Faculty of Public Health 123haluoleo university Ismilianisaflia@yahoo.com 1 Abufaadhl@gmail.com 2 Paridah@gmail.com 3   ABSTRACT Referral health service system is a health service arrangement that regulates the delegation of duties and responsibilities of health services in reverse either vertical or horizontal. This research aimed to determine the implementation of referral service of BPJS Patient in Guali public health center West Muna regency 2017.  This research uses descriptive qualitative approach supported by primary data in the form of in-depth interview, observation, document examination and documentation also secondary data in the form of document review with researcher acting as the main instrument of the research. The analysis of the data was using data reduction, presentment of the data, and conclusion. The results of this study show that in terms of availability of medical personnel, referral services provided by the Guali public health center to the patients is through a doctor and if the doctor was unable to attend then the other health workers who provide referral or in providing health services. In terms of health facility availability Puskesmas Guali coordinate with the General Hospital of Muna to refer patients who require serious treatment such as inpatient services where there a lack of health equipment in public health services such as diagnostic equipment. In terms of accessibility which there were a minimum number of transportation used in the referral process and also travel time for 120 minutes to General Hospital of Muna has been efficient. It is expected that the public health center improves the quality of health services to BPJS patients so that the patient became confidence in the performance of the public health center, improving the discipline of health workers in providing health services. Keywords: referral services, the availability of medical personnel, the availability of health facilities, accessibility

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. Komunikasi Persuasif Pustakawan dalam Peminjaman Koleksi pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Kulisusu Kabupaten Buton Utara oleh EKA SRI WAHYUNI(Skripsi, 2017)
  2. JENIS-JENIS TUMBUHAN HERBA YANG TERDAPAT DI KAWASAN HUTAN LALAPINI DESA LAMETONO KECAMATAN LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA oleh Mega putri(Skripsi, 2017)
  3. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI POKOK TINDAKAN-TINDAKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS XI IPS5 DI SMA NEGERI 3 KENDARI oleh ASKAL ISWANTO(Skripsi, 2017)
  4. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Anggalomoare” oleh WERIATIN(Skripsi, 2017)
  5. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII 2 MTs Negeri 2 Kendari oleh Astaliati(Skripsi, 2017)
  6. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BERINKUIRI PESERTA DIDIK  KELAS VIII5  SMPN 14 KENDARI PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT IPA oleh Khaerun Nisa(Skripsi, 2017)
  7. DAMPAK PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) TERHADAP HUBUNGAN KEKERABATAN (STUDI DI KECAMATAN KABAENA TIMUR KABUPATEN BOMBANA) oleh AMRAN(Skripsi, 2017)
  8. PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN MODERNISASI SISTEM PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KENDARI oleh RAHMATIA(Skripsi, 2017)
  9. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat- sifat Cahaya di kelas V SD Negeri 5 Tongkuno Selatan oleh DIANA(Skripsi, 2017)
  10.   IDENTIFIKASI  KELAYAKAN OBJEK WISATA PERMANDIAN AIR PANAS (KAREDE) DI DESA BURANGA KECAMATAN BONEGUNU KABUPATEN BUTON UTARA   oleh SYAH RUDIN(Skripsi, 2017)
  11. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 KABAWO oleh Wa Maruhi(Skripsi, 2017)
  12. Respon Pertumbuhan Kayu Kuku [Pericopsis mooniana (Thw.) Thw] Dengan Aplikasi Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) Lokal Sulawesi Tenggara oleh Wahyu Puji Raharjo(Skripsi, 2017)
  13. Aplikasi Distribusi Poisson untuk Menentukan Model Regresi Poisson Penduduk Miskin Di Provinsi Sulawesi Tenggara oleh ISNAWATI(Skripsi, 2017)
  14. KOMPOSISI JENIS DAN STRUKTUR AGRISILVIKULTUR DI DESA SUMBERSARI KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh DIANA(Skripsi, 2017)
  15. ANALISIS VEGETASI PAKAN LEBAH HUTAN SERTA WAKTU BERBUNGA DI KPHP GULARAYA KELURAHAN TOBIMEITA KECAMATAN ABELI oleh SYAMSUL(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231