Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

STUDI PEMANFAATAN PUSKESMAS OLEH PESERTA BPJS DI PUSKESMAS MOKOAU KOTA KENDARI TAHUN
GUSTI AYU INTAN NIRWANA
Pembimbing: Drs.H.Junaid.,M.,Kes dan Wd.Stti Nurzalmaria A., S.Kep.,M.Kes
Abstrak
  STUDI PEMANFAATAN PUSKESMAS OLEH PESERTA BPJS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MOKOAU TAHUN 2017         Gusti Ayu Intan Nirwana1 Junaid2 Wa Ode SittiNurzalmariah Andisiri3 FakultasKesehatanMasyarakatUniversitasHalu Oleo123 gustiayuintan39@gmail.com1 Junaidjunaid1958@gmail.com 2andisirizalma@yahoo.co.id3 ABSTRAK   Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) adalah Badan hokum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Jaminan Kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang tentunya.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang hal-hal yang berkaitan dengan pemanfaatan pelayan kesehatan oleh peserta BPJS di Wilayah Kerja Puskesmas Mokoau Kota Kendari Tahun 2017. Jenis penelitian ini menggunakan metodede skriptif dengan pendekatan kuantitatif.  Sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 96 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan tingkat pengetahuan, responden yang memiliki tingkat pengetahuan sedang sebanyak 15 responden (15,0%). Berdasarkan tingkat pendidikan responden yang memiliki tingkat rendah sebanyak 57 responden  (59,4%). Berdasarkan tingkat kualitas pelayanan (Tangible) atau bukti nyata yang menyatakan buruk sebanyak 51 responden (53,1%) ,untuk (reability) atau kehandalan yang menyatakan buruk sebanyak 62 responden (64,4%) untuk (responsivenees) atau daya tangkap responden yang menyatakan buruk sebanyak 44 responden (45,8%), untuk (Assurance) atau jaminan kemampuan serta kesopanan yang menyatakan buruk sebanyak 53 responden (55,2%) untuk (emphaty) atau perhatian yang menyatakan buruk sebanyak 46 responden (47,9%). Berdasarkan kepuasan pelayanan administrasi yang menyatakan buruk sebanyak 48 responden (50,0%), untuk kepuasan pelayanan dokkter responden yang menyatakan buruk sebanyak 44 responden (45,8%), untuk kepuasan pelayanan perawat yang menyatakan buruk sebanyak 53 responden (55,2%) serta kepuasan pelayanan obat yang menyatakanb uruk sebanyak 45 responden (46,9%).   Kata kunci:BPJS, Pemanfaatan, Puskesmas          
Abstract

STUDY OF PUBLIC HEALTH CENTRE UTILIZATION BY BPJS PARTICIPANTS IN THE WORKING AREA OF MOKOAU PUBLIC HEALTH CENTRE IN 2017         Gusti Ayu Intan Nirwana1 Junaid2 Wa Ode SittiNurzalmariah Andisiri3 Faculty Of Public Health Halu Oleo University123 gustiayuintan39@gmail.com1 Junaidjunaid1958@gmail.com 2andisirizalma@yahoo.co.id3 ABSTRACT   The Health and Social Security Agency (BPJS) is a legal entity formed to organize a health insurance program. Health Insurance is a insurance in the form of health protection so that participants obtain health care benefits and protection in meeting basic health needs given to each person for sure. This research aims to describe related matters to the utilization of health care by BPJS participants in the Working Areas of Mokoau Public Health Centre Kendari in 2017. This research was a descriptive research with quantitative approach. The sample in this research were 96 respondents. The results showed that based on the level of knowledge, respondents who have moderate level of knowledge were 15 respondents (15.0%). Based on the education level, respondents who have low education level were 57 respondents (59.4%). Based on the level of quality of service (Tangible) or conclusive evidence that stated poor were 51 respondents (53.1%), for reliability dimension that states poor were 62 respondents (64.4%) for (responsivenees) or comprehension ability respondents who stated poor were 44 respondents (45,8%), for assurance ability and decency 53 respondents expressed it poor (55,2%) for (empathy) or concern 46 respondents stated it poor (47,9% ). Based on the satisfaction of administrative services 48 respondents stated it was poor (50.0%), for satisfaction of doctor services 44 respondents stated it was poor (45,8%), for the service of nurses 53 respondents stated it was poor (55,2%) As well as satisfaction of drug service 45 respondents (46,9%).   Keyword: Health and Social Security Agency (BPJS), Public Health Centre (PHC).  

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SMA NEGERI 6 KENDARI oleh DEWA MADE DONI AFRIAWAN(Tesis, 2018)
  2. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kolaka Timur oleh HERMANSYAH MA'MIR(Tesis, 2018)
  3. Konstruksi Tes Diagnostik untuk Mendiagnosis Miskonsepsi Peserta didik  SMA pada  Materi Listrik Dinamis oleh Ika Novrina(Tesis, 2018)
  4. PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI  UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS  V SDN 6 BATALAIWORU oleh ALMAMA(Skripsi, 2017)
  5. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Basic for Aplication (VBA) dan Spreadsheet Excel pada Materi Pokok Radioaktivitas di SMA oleh Majenun(Tesis, 2017)
  6. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Kendari oleh Saleha(Tesis, 2018)
  7. Karakteristik segmen gen COI (Cytochrome Oxidase Subunit I) DNA Mitokondria Plusia chalcites (famili : Noctuidae, Ordo : Lepidoptera) oleh Marwansyah(Skripsi, 2017)
  8. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Langsung dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Listrik Dinamis dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Siompu oleh IRHAM(Tesis, 2017)
  9. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran Langsung Dengan Strategi Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Hasil belajar Ranah Kognitif Pada Materi Suhu Dan Kalor Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Peserta Didik SMAN 10 Kendari oleh Nuzul Quryati Hartawati(Tesis, 2017)
  10. Students' Perception and Preference toward Written Feedback in Learning of Writing oleh Rafan Agusti(Skripsi, 2017)
  11. Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Langgea Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan oleh La Ode Marhini(Tesis, 2018)
  12. Analisis Kelayakan Pengembangan Obyek Wisata Pantai Nirwana Kota Baubau oleh Muh. Kamal Gani S.(Tesis, 2018)
  13. Keefektifan Model Pembelajaran Siklus Belajar 7E dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor ditinjau dari Penalaran Logis Peserta Didik SMAN 1 Kontukowuna oleh Haniman Dewi. G(Tesis, 2017)
  14. Analisis Promosi Jabatan Dalam Pengembangan Karier Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Muhammad Arfan(Tesis, 2018)
  15. Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Sultra Prima Lestari oleh HILMANUR(Tesis, 2018)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231