Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

STUDI PEMANFAATAN PUSKESMAS OLEH PESERTA BPJS DI PUSKESMAS MOKOAU KOTA KENDARI TAHUN
GUSTI AYU INTAN NIRWANA
Pembimbing: Drs.H.Junaid.,M.,Kes dan Wd.Stti Nurzalmaria A., S.Kep.,M.Kes
Abstrak
  STUDI PEMANFAATAN PUSKESMAS OLEH PESERTA BPJS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MOKOAU TAHUN 2017         Gusti Ayu Intan Nirwana1 Junaid2 Wa Ode SittiNurzalmariah Andisiri3 FakultasKesehatanMasyarakatUniversitasHalu Oleo123 gustiayuintan39@gmail.com1 Junaidjunaid1958@gmail.com 2andisirizalma@yahoo.co.id3 ABSTRAK   Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) adalah Badan hokum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Jaminan Kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang tentunya.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang hal-hal yang berkaitan dengan pemanfaatan pelayan kesehatan oleh peserta BPJS di Wilayah Kerja Puskesmas Mokoau Kota Kendari Tahun 2017. Jenis penelitian ini menggunakan metodede skriptif dengan pendekatan kuantitatif.  Sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 96 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan tingkat pengetahuan, responden yang memiliki tingkat pengetahuan sedang sebanyak 15 responden (15,0%). Berdasarkan tingkat pendidikan responden yang memiliki tingkat rendah sebanyak 57 responden  (59,4%). Berdasarkan tingkat kualitas pelayanan (Tangible) atau bukti nyata yang menyatakan buruk sebanyak 51 responden (53,1%) ,untuk (reability) atau kehandalan yang menyatakan buruk sebanyak 62 responden (64,4%) untuk (responsivenees) atau daya tangkap responden yang menyatakan buruk sebanyak 44 responden (45,8%), untuk (Assurance) atau jaminan kemampuan serta kesopanan yang menyatakan buruk sebanyak 53 responden (55,2%) untuk (emphaty) atau perhatian yang menyatakan buruk sebanyak 46 responden (47,9%). Berdasarkan kepuasan pelayanan administrasi yang menyatakan buruk sebanyak 48 responden (50,0%), untuk kepuasan pelayanan dokkter responden yang menyatakan buruk sebanyak 44 responden (45,8%), untuk kepuasan pelayanan perawat yang menyatakan buruk sebanyak 53 responden (55,2%) serta kepuasan pelayanan obat yang menyatakanb uruk sebanyak 45 responden (46,9%).   Kata kunci:BPJS, Pemanfaatan, Puskesmas          
Abstract

STUDY OF PUBLIC HEALTH CENTRE UTILIZATION BY BPJS PARTICIPANTS IN THE WORKING AREA OF MOKOAU PUBLIC HEALTH CENTRE IN 2017         Gusti Ayu Intan Nirwana1 Junaid2 Wa Ode SittiNurzalmariah Andisiri3 Faculty Of Public Health Halu Oleo University123 gustiayuintan39@gmail.com1 Junaidjunaid1958@gmail.com 2andisirizalma@yahoo.co.id3 ABSTRACT   The Health and Social Security Agency (BPJS) is a legal entity formed to organize a health insurance program. Health Insurance is a insurance in the form of health protection so that participants obtain health care benefits and protection in meeting basic health needs given to each person for sure. This research aims to describe related matters to the utilization of health care by BPJS participants in the Working Areas of Mokoau Public Health Centre Kendari in 2017. This research was a descriptive research with quantitative approach. The sample in this research were 96 respondents. The results showed that based on the level of knowledge, respondents who have moderate level of knowledge were 15 respondents (15.0%). Based on the education level, respondents who have low education level were 57 respondents (59.4%). Based on the level of quality of service (Tangible) or conclusive evidence that stated poor were 51 respondents (53.1%), for reliability dimension that states poor were 62 respondents (64.4%) for (responsivenees) or comprehension ability respondents who stated poor were 44 respondents (45,8%), for assurance ability and decency 53 respondents expressed it poor (55,2%) for (empathy) or concern 46 respondents stated it poor (47,9% ). Based on the satisfaction of administrative services 48 respondents stated it was poor (50.0%), for satisfaction of doctor services 44 respondents stated it was poor (45,8%), for the service of nurses 53 respondents stated it was poor (55,2%) As well as satisfaction of drug service 45 respondents (46,9%).   Keyword: Health and Social Security Agency (BPJS), Public Health Centre (PHC).  

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH  EKSTRAK RIMPANG  JAHE PUTIH (Zingiber officinale var. Amarum) TERHADAP KEBUNTINGAN MENCIT (Mus musculus L.) TAHAP PRAIMPLANTASI oleh NUFRIANTI(Skripsi, 2017)
  2. PENGARUH EKSTRAK RIMPANG JAHE PUTIH (Zingiber officinale var. Amarum) TERHADAP KEBUNTINGAN MENCIT (Mus musculus L.) TAHAP PASCA IMPLANTASI LANJUT oleh HADIRATUL AMALIA(Skripsi, 2017)
  3. Pengembangan Produk Cokelat Batang yang Disubstitusi Teh Hijau dari Daun Tanaman Mangrove (Ceriops Sp.) oleh Sitti Askama(Skripsi, 2017)
  4. TEKNIK PENGOLAHAN DAN PERBANDINGAN KUALITAS MINYAK NILAM (Pogostemon cablin Benth) DI DESA MAROBEA DAN DESA BARAKAH KABUPATEN MUNA BARAT   oleh Muhammad Kasman(Skripsi, 2017)
  5. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERPADU SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT PADA KELAS X-MIA 2 SMA NEGERI 8 KENDARI   oleh AMALIA SULISKA EKA WULANDARI(Skripsi, 2017)
  6. Pertumbuhan Bibit Angsana (Pterocarpus indicus Willd) dengan Aplikasi Fungi Mikoriza Arbuskula Lokal oleh Genvil Rafikasera(Skripsi, 2017)
  7. MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI METODE PROYEK DI KELOMPOK B SENTRA BALOK TK ADHYAKSA XII KENDARI oleh WA ODE AYUNING(Skripsi, 2017)
  8. MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSOAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN TEBAK EKSPRESI DI KELOMPOK B TK PGRI TAMPO KABUPATEN MUNA oleh ARIASTI(Skripsi, 2017)
  9. KEWENANGAN POLRI DALAM MELAKSANAKAN UPAYA PAKSA PENANGKAPAN PELAKU TINDAK PIDANA PENIPUAN  (Studi Laporan Polisi Nomor : LP/585/Ix/2014/Sultra/Res.Kdi/Sek.Mdg) oleh HENDRAWAN SUPRATIKNO ADNAN(Skripsi, 2017)
  10. MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN BONGKAR PASANG PUZZLE LOGIKA DI KELOMPOK B TK WULELE SANGGULA II KOTA KENDARI oleh WA ODE FITRI(Skripsi, 2017)
  11. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Penerapan Model Problem Based Learning di Kelas V-b SDN 12 Poasia oleh LISRAWATI(Skripsi, 2017)
  12. SEJARAH KEDATANGAN ORANG TOLAKI DI DESA WUNGKOLO KECAMATAN WAWONII SELATAN KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN TAHUN 1930 - 2016 oleh RILLY(Skripsi, 2017)
  13. KARAKTERISTIK TELUR TETAS PARENT STOCK AYAM BROILER YANG DIFUMIGASI DAN TANPA FUMIGASI oleh FIFI HARIANI(Skripsi, 2017)
  14. “NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PELAKSANAAN ACARA RATIBU (studi di kecamatan wadaga kabupaten muna barat)” oleh YUNUS(Skripsi, 2016)
  15.   PENGARUH  UMUR POTONG TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN BAGIAN-BAGIAN KARKAS AYAM BROILER     oleh YANA WATI(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231