Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM TO FOSTER STUDENT'S LEARNING, MOTIVATION AND ENGAGEMENT
Sulfajriyani Indah
Pembimbing: Dr. Sahlan, M.Pd. dan Alberth, S.Pd., M.A., Ph.D.
Abstrak
ABSTRAK   IMPLEMENTASI KELAS FLIPPED UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN, MOTIVASI, DAN KETERLIBATAN SISWA TAHUN KEDUA DI SMA KARTIKA KENDARI SULFAJRIANI INDAH   G2Q1 15 002   Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan pemahaman membaca siswa, motivasi, dan keterlibatan mereka setelah diajar menggunakan kelas Flipped pada siswa kelas dua SMA Kartika Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan siswa dalam pemahaman membaca mereka setelah diajar menggunakan model pembelajaran Flipped, mengukur tingkat motivasi dan keterlibatan siswa. Penelitian ini dirancang menggunakan metode campuran. Peserta dalam penelitian ini adalah siswa tahun kedua SMA Kartika Kendari. Jumlah peserta sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Dalam mengambil sampel, peneliti menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemahaman membaca, kuesioner motivasi, dan kuesioner keterlibatan siswa serta skrip wawancara untuk mendapatkan data kualitatif. Tes membaca terdiri dari 13 soal dalam bentuk pilihan ganda. Kuesioner motivasi terdiri dari 17 pernyataan dengan model close-ended kuesioner dan terdapat 16 pernyataan untuk kuesioner keterlibatan siswa. Selain itu, terdapat naskah wawancara yang terdiri dari 4 pertanyaan. Analisis statistic deskriptif dan analisis t digunakan untuk mencari data kuantitatif. Hasil dari post test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman membaca siswa. Selain itu, hasil motivasi siswa menunjukkan bahwa peserta memiliki tingkat motivasi yang tinggi. Pada kuesioner keterlibatan menunjukkan siswa memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi setelah diajar menggunakan model pembelajaran Flipped. Disamping itu, kualitatif data menunjukkan bahwa siswa menikmati dan mempunyai keinginan yang tinggi untuk berperan dalam proses pembelajaran khususnya pada saat menonton video dan mengerjakan tugas.   Kata kunci: metode campuran, pemahaman membaca, motivasi, keterlibatan, kelas Flipped
Abstract

ABSTRACT   IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM TO FOSTER STUDENT’S LEARNING, MOTIVATION AND ENGAGEMENT AT SECOND GRADE OF SMA KARTIKA KENDARI   SULFAJRIYANI INDAH G2Q1 15 002   This research is accomplished to investigate students’ improvement on reading comprehension, their motivation and engagement after being taught using Flipped classroom at the second grade of SMA Kartika Kendari. This study intended to discover students’ improvement on their reading comprehension after getting taught using Flipped learning, measure the degree of students’ motivation and engagement. The design of this study is mixed method. The participants are the second grade students of SMA Kartika Kendari. The total number of students is 60 students which divided into two classes namely experimental and control class. In taking sample,researcher used purposive sampling. The instruments to obtain data collection arereading test, motivation questionnaire and engagement questionnaire as well as interview script to get qualitative data. The reading test consists of 13 items in formof multiple choice questions. The motivation questionnaire was settled into 17 items of close-ended questionnaire and 16 items for engagement questionnaire. In addition, the interview script was consists of 4 questions. Descriptive Statistic and t-testanalysis was employed to seek the quantitative data. The result from post test showed that student’s improvement of experiment class was lower than those in control class. Moreover, the result of students’ motivation showed that the participants in control class was higher than those in experiment class. On the side of engagement questionnaire, students’ are moderate in degree of their engagement after being taught using Flipped learning. Additionally, the qualitative data revealed that students enjoy and have a high willingness to get involve in learning process especially watching videos and to do the tasks. Keywords: mixed method, reading comprehension, motivation, engagement, flipped  classroom

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PERANCANGAN DAN ANALISA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA YANG TERINTEGRASI DENGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK oleh YONES UNTUNG LINDO(Skripsi, 2017)
  2. LEXICAL COHESION IN THE WRITTEN TEXT BY ENGLISH STUDY PROGRAM STUDENTS OF HALU OLEO UNIVERSITY oleh LA ODE ASRI YUNAN ABDULLAH(Skripsi, 2017)
  3. PENGARUH ARTIFICIAL AGING DAN NATURAL AGING TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKUR MIKRO PENGECORAN LOGAM PISTON DARI BAHAN AL-Si oleh Edriyanto(Skripsi, 2017)
  4. PENGARUH DIMENSI  KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. BOSOWA BERLIAN MOTOR KENDARI  oleh NURUL ASMA(Skripsi, 2017)
  5. KOMPOSISI DAN KEANEKARAGAMAN HARIAN IKAN PADA TIPE KARANG BERCABANG DI PERAIRAN DESA KOROE ONOWA TAMAN NASIONAL LAUT WAKATOBI oleh RUDI HARTO(Skripsi, 2016)
  6. JENIS-JENIS EPIFIT DAN POHON INANGNYA DI KAWASAN HUTAN LINDUNG MORAMO (SUAKA MARGA SATWA TANJUNG PEROPA) oleh ALHARIS AKBAR(Skripsi, 2017)
  7. ANALISIS HUBUNGAN KEBIJAKAN FISKAL, MONETER DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA PERIODE 1995 – 2015 oleh PUTRINAH NAWAWI (Skripsi, 2017)
  8. PENGARUH RELIGIUSITAS, TIPE KEPRIBADIAN, KECERDASAN EMOSI dan DUKUNGAN SOSIAL terhadap STRATEGI COPING oleh MUHAMMAD NURUL RAMADHAN(Skripsi, 2017)
  9. GAMBARAN SUHU EKSTRIM DAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PT. YANAGI  HISTALARAYA PELABUHAN PERIKANAN SAMUDRA oleh ERICK AL HADIST SOFIAN(Skripsi, 2015)
  10. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING  DI KELAS IV SDN 05 KOTA KENDARI oleh NursenjaSafitri(Skripsi, 2017)
  11. KETERSEDIAAN KELEMBAGAAN DALAM PENGEMBANGAN USAHATANI RUMPUT LAUT DI DESA KAWITE WITE KECAMATAN KABAWO KABUPATEN MUNA oleh RAMADAN(Skripsi, 2017)
  12. Analisis Hukum Pemanfaatan Tanah TerlantarBerstatus Hak Guna Usaha Oleh Pemerintah Daerah (studi di kecamatan Lainea Kabupaten Konawe Selatan) oleh ESRA DIANSYAH(Skripsi, 2017)
  13. PENERAPAN SANKSI PIDANA PENJARA TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Studi Putusan Pengadilan Negeri Kendari Nomor: 07/Pid.Sus.Anak/2014/PN.KDI)   oleh siswono(Skripsi, 2017)
  14. Hubungan antara Kelincahan dengan Kemampuan  Menggiring Slalom dalam Permainan Sepak  Bola pada Siswa SMA Negeri 1Wangi-Wangi kabupaten Wakatobi oleh LA ODE RIZAL NAFSIDIN(Skripsi, 2017)
  15. REDESAIN SALURAN DRAINASE JALAN AHMAD YANI (STUDI KASUS KAWASAN SMK N 2 KENDARI) oleh HUSEIN SIDIQ(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231