Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM TO FOSTER STUDENT'S LEARNING, MOTIVATION AND ENGAGEMENT
Sulfajriyani Indah
Pembimbing: Dr. Sahlan, M.Pd. dan Alberth, S.Pd., M.A., Ph.D.
Abstrak
ABSTRAK   IMPLEMENTASI KELAS FLIPPED UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN, MOTIVASI, DAN KETERLIBATAN SISWA TAHUN KEDUA DI SMA KARTIKA KENDARI SULFAJRIANI INDAH   G2Q1 15 002   Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan pemahaman membaca siswa, motivasi, dan keterlibatan mereka setelah diajar menggunakan kelas Flipped pada siswa kelas dua SMA Kartika Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan siswa dalam pemahaman membaca mereka setelah diajar menggunakan model pembelajaran Flipped, mengukur tingkat motivasi dan keterlibatan siswa. Penelitian ini dirancang menggunakan metode campuran. Peserta dalam penelitian ini adalah siswa tahun kedua SMA Kartika Kendari. Jumlah peserta sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Dalam mengambil sampel, peneliti menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemahaman membaca, kuesioner motivasi, dan kuesioner keterlibatan siswa serta skrip wawancara untuk mendapatkan data kualitatif. Tes membaca terdiri dari 13 soal dalam bentuk pilihan ganda. Kuesioner motivasi terdiri dari 17 pernyataan dengan model close-ended kuesioner dan terdapat 16 pernyataan untuk kuesioner keterlibatan siswa. Selain itu, terdapat naskah wawancara yang terdiri dari 4 pertanyaan. Analisis statistic deskriptif dan analisis t digunakan untuk mencari data kuantitatif. Hasil dari post test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman membaca siswa. Selain itu, hasil motivasi siswa menunjukkan bahwa peserta memiliki tingkat motivasi yang tinggi. Pada kuesioner keterlibatan menunjukkan siswa memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi setelah diajar menggunakan model pembelajaran Flipped. Disamping itu, kualitatif data menunjukkan bahwa siswa menikmati dan mempunyai keinginan yang tinggi untuk berperan dalam proses pembelajaran khususnya pada saat menonton video dan mengerjakan tugas.   Kata kunci: metode campuran, pemahaman membaca, motivasi, keterlibatan, kelas Flipped
Abstract

ABSTRACT   IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM TO FOSTER STUDENT’S LEARNING, MOTIVATION AND ENGAGEMENT AT SECOND GRADE OF SMA KARTIKA KENDARI   SULFAJRIYANI INDAH G2Q1 15 002   This research is accomplished to investigate students’ improvement on reading comprehension, their motivation and engagement after being taught using Flipped classroom at the second grade of SMA Kartika Kendari. This study intended to discover students’ improvement on their reading comprehension after getting taught using Flipped learning, measure the degree of students’ motivation and engagement. The design of this study is mixed method. The participants are the second grade students of SMA Kartika Kendari. The total number of students is 60 students which divided into two classes namely experimental and control class. In taking sample,researcher used purposive sampling. The instruments to obtain data collection arereading test, motivation questionnaire and engagement questionnaire as well as interview script to get qualitative data. The reading test consists of 13 items in formof multiple choice questions. The motivation questionnaire was settled into 17 items of close-ended questionnaire and 16 items for engagement questionnaire. In addition, the interview script was consists of 4 questions. Descriptive Statistic and t-testanalysis was employed to seek the quantitative data. The result from post test showed that student’s improvement of experiment class was lower than those in control class. Moreover, the result of students’ motivation showed that the participants in control class was higher than those in experiment class. On the side of engagement questionnaire, students’ are moderate in degree of their engagement after being taught using Flipped learning. Additionally, the qualitative data revealed that students enjoy and have a high willingness to get involve in learning process especially watching videos and to do the tasks. Keywords: mixed method, reading comprehension, motivation, engagement, flipped  classroom

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. SEJARAH PELABUHAN FERRY RAHA-PURE   KABUPATEN MUNA : 2013-2017 oleh FERNAWATI(Skripsi, 2017)
  2. EFEKTIVITAS PESTISIDA NABATI CAMPURAN EKSTRAK KULIT JAMBU METE (Anacardium occidentale) DAN DAUN KOMBA-KOMBA (Chromolaena odorata) TERHADAP Phytophthora palmivora PENYEBAB PENYAKIT BUSUK BUAH KAKAO   oleh MUNARDIN BASANUNGGU(Tesis, 2018)
  3. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 POASIA oleh HASNIAJI(Tesis, 2018)
  4. PENGARUH PARTISIPASI PENGANGGARAN, KOMITMEN KARYAWAN DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN. oleh MUHAMMAD ARIF SYAM(Tesis, 2017)
  5. POTENSI DAN KENDALA PENGEMBANGAN KAWASAN SENTRAL PETERNAKAN RAKYAT(SPR) SAPI POTONG DI KABUPATEN MENA BARAT oleh SAHAR SAKARUM(Skripsi, 2017)
  6. ANALISIS RENCANA RELOKASI WARGA AKIBAT PEMBANGUNAN BENDUNGAN PELOSIKA oleh TAUFIK(Tesis, 2018)
  7. UJI AKTIVITAS PERBAIKAN FUNGSI GINJAL EKSTRAK ETANOL LANSAU KHAS SUKU MUNA TERHADAP TIKUS PUTIH WISTAR JANTAN oleh IMELDA SARDA SOLEMAN (Skripsi, 2018)
  8. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM MESIN  oleh AYNUDIN(Skripsi, 2017)
  9. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM PRESTASI MESIN  oleh GAFAR SALAM (Skripsi, 2017)
  10. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM PRESTASI MESIN oleh ANDI FAJAR(Skripsi, 2017)
  11. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Penatausahaan Keuangan Daerah Kabupaten Kolaka Timur oleh ahrul(Tesis, 2017)
  12. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KENDARI oleh RANI(Skripsi, 2017)
  13. ANALISIS PENGEMBANGAN EKOWISATA MANGROVE KOTA KENDARI oleh MURNI(Tesis, 2018)
  14. ANALISIS RENCANA TATA BANGUNAN DAN LINGKUNGAN (RTBL) PULAU BUNGKU TOKO KOTA KENDARI oleh LA LIUSU(Tesis, 2018)
  15. ANALISIS PEMBANGUNAN WILAYAH BERBASIS SEKTOR UNGGULAN KOTA KENDARI PROPINSI SULAWESI TENGGARA oleh ENDANG ABUBAKAR(Tesis, 2018)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231