Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM TO FOSTER STUDENT'S LEARNING, MOTIVATION AND ENGAGEMENT
Sulfajriyani Indah
Pembimbing: Dr. Sahlan, M.Pd. dan Alberth, S.Pd., M.A., Ph.D.
Abstrak
ABSTRAK   IMPLEMENTASI KELAS FLIPPED UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN, MOTIVASI, DAN KETERLIBATAN SISWA TAHUN KEDUA DI SMA KARTIKA KENDARI SULFAJRIANI INDAH   G2Q1 15 002   Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan pemahaman membaca siswa, motivasi, dan keterlibatan mereka setelah diajar menggunakan kelas Flipped pada siswa kelas dua SMA Kartika Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan siswa dalam pemahaman membaca mereka setelah diajar menggunakan model pembelajaran Flipped, mengukur tingkat motivasi dan keterlibatan siswa. Penelitian ini dirancang menggunakan metode campuran. Peserta dalam penelitian ini adalah siswa tahun kedua SMA Kartika Kendari. Jumlah peserta sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Dalam mengambil sampel, peneliti menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemahaman membaca, kuesioner motivasi, dan kuesioner keterlibatan siswa serta skrip wawancara untuk mendapatkan data kualitatif. Tes membaca terdiri dari 13 soal dalam bentuk pilihan ganda. Kuesioner motivasi terdiri dari 17 pernyataan dengan model close-ended kuesioner dan terdapat 16 pernyataan untuk kuesioner keterlibatan siswa. Selain itu, terdapat naskah wawancara yang terdiri dari 4 pertanyaan. Analisis statistic deskriptif dan analisis t digunakan untuk mencari data kuantitatif. Hasil dari post test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman membaca siswa. Selain itu, hasil motivasi siswa menunjukkan bahwa peserta memiliki tingkat motivasi yang tinggi. Pada kuesioner keterlibatan menunjukkan siswa memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi setelah diajar menggunakan model pembelajaran Flipped. Disamping itu, kualitatif data menunjukkan bahwa siswa menikmati dan mempunyai keinginan yang tinggi untuk berperan dalam proses pembelajaran khususnya pada saat menonton video dan mengerjakan tugas.   Kata kunci: metode campuran, pemahaman membaca, motivasi, keterlibatan, kelas Flipped
Abstract

ABSTRACT   IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM TO FOSTER STUDENT’S LEARNING, MOTIVATION AND ENGAGEMENT AT SECOND GRADE OF SMA KARTIKA KENDARI   SULFAJRIYANI INDAH G2Q1 15 002   This research is accomplished to investigate students’ improvement on reading comprehension, their motivation and engagement after being taught using Flipped classroom at the second grade of SMA Kartika Kendari. This study intended to discover students’ improvement on their reading comprehension after getting taught using Flipped learning, measure the degree of students’ motivation and engagement. The design of this study is mixed method. The participants are the second grade students of SMA Kartika Kendari. The total number of students is 60 students which divided into two classes namely experimental and control class. In taking sample,researcher used purposive sampling. The instruments to obtain data collection arereading test, motivation questionnaire and engagement questionnaire as well as interview script to get qualitative data. The reading test consists of 13 items in formof multiple choice questions. The motivation questionnaire was settled into 17 items of close-ended questionnaire and 16 items for engagement questionnaire. In addition, the interview script was consists of 4 questions. Descriptive Statistic and t-testanalysis was employed to seek the quantitative data. The result from post test showed that student’s improvement of experiment class was lower than those in control class. Moreover, the result of students’ motivation showed that the participants in control class was higher than those in experiment class. On the side of engagement questionnaire, students’ are moderate in degree of their engagement after being taught using Flipped learning. Additionally, the qualitative data revealed that students enjoy and have a high willingness to get involve in learning process especially watching videos and to do the tasks. Keywords: mixed method, reading comprehension, motivation, engagement, flipped  classroom

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MELUKIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING DI KELAS II SD NEGERI 12 ANDOOLO KECAMATAN ANDOOLO  oleh ADI SISWOYO(Tesis, 2017)
  2. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KARYA SENI TARI KELAS VI SDN 3 ANDOOLO KABUPATEN KONAWE SELATAN   oleh Siti Rosdawati(Tesis, 2017)
  3. PENERAPAN METODE INQUIRY PADA MATERI SENI RUPA UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFYCACY DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 ANDOOLO oleh Anzar Hattas(Tesis, 2017)
  4. A COMPARATIVE STUDY BETWEEN CONVENTIONAL READING STRATEGY AND KNOW, WANT, LEARN (KWL) TECHNIQUE ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT GRADE 8 OF SMP NEGERI 9 KENDARI oleh MUKTI RAMADHAN(Tesis, 2017)
  5. PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN KONAWE UTARA oleh YENI WULELE WULAA(Tesis, 2017)
  6. Hubungan Promosi Jabatan Struktural Dan Iklim Organisasi Terhadap  Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe oleh IRSANTI(Tesis, 2017)
  7. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SD Negeri 4 Wameo oleh Salmatia(Skripsi, 2017)
  8. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri Se-Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan oleh JUMIRAN(Tesis, 2017)
  9. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI WILAYAH KECAMATAN TONGAUNA KABUPATEN KONAWE oleh JEFRY CRISBIANTORO(Tesis, 2017)
  10. PENGARUH LATIHAN BACK-UP DAN SIT-UP TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNDUL PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA SMA NEGERI 3 KENDARI oleh SUDARLIN(Tesis, 2017)
  11. PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KEPALA DESA DI KABUPATEN KONAWE UTARA oleh ROBERT YANUAR VICTOR(Tesis, 2017)
  12. PENGARUH PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KEBAUPATEN KONAWE UTARA oleh HASANUDDIN(Tesis, 2017)
  13. A Comparative Study between Conventional and Flipped Classroom Delivery Mode for Teaching Writing at Grade 11 of SMAN 4 Kendari oleh BAHARUDIN(Tesis, 2017)
  14. PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA  PEGAWAI PENGELOLA ASET   KENDARAAN DINAS OPERASIONAL SKPD PEMERINTAH KABUPATEN MUNA oleh LA ODE MARJUKI(Tesis, 2017)
  15. Dampak Pembangunan Jalan Lingkar (Ring Road) Kota Kendari terhadap Pengembangan Kawasan Pertanian Di Kecamatan Puuwatu dan Kecamatan Baruga oleh Burhanuddin(Tesis, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231