Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG SENI TARI MELALUI METODE PEMBELAJARAN  TUTOR SEBAYA DI KELAS VI SDN 5 LASOLO KEPULAUAN KABUPATEN KONAWE UTARA
Sitti Jumaida
Pembimbing: Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd. dan Dr. H. Sahlan, M.Pd
Abstrak
ABSTRAK   Sitti Jumaida (G2P1 15 011) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Seni Tari melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Di Kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan Kabupaten Konawe Utara, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd. dan Dr. H. Sahlan, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: 1) Hasil belajar siswa pada bidang Seni Tari di kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan melalui metode pembelajaran tutor sebaya. 2) Aktivitas mengajar guru kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan ketika mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. 3) Aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan ketika diajar  dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sesuai model Kurt Lewin dan terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refkesi (reflection). Faktor-faktor yang  diteliti adalah hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui: 1) tes, 2) lembar obsevasi, 3) dokumentasi, 4) catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan. Hasil temuan penelitian adalah: 1) Hasil belajar siswa meningkat setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Ketuntasan belajar secara klasikal dari 40% meningkat menjadi 90%  pada siklus kedua dengan nilai rata-rata kelas mencapai 80.4, 2) Aktivitas mengajar guru SBK kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan setelah mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 32%, dan 3) Aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 38%.     Kata Kunci: Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Bidang Seni Tari
Abstract

ABSTRACT Sitti Jumaida (G2P1 15 011), “Increasing Students’ Outcomes of Learning Dance Art through Peering Tutoring Method at Class VI of SDN 5 Lasolo Islands in North Konawe Regency.” Supervised by Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd., and Dr. H. Sahlan, M.Pd. The aim of this study was to increase: 1) students’ outcomes of learning dance art through peer tutoring method at class VI of SDN 5 Lasolo Islands through peer tutoring method, 2) teachers’ instructional activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands when teaching viapeer tutoring method, 3) students’ learning activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands when they were taught using peer rutoring method. The Study was a classroom action research following Kurt Lewin method and was undertaken in two cycles, each comprised of 4 stages which included planning, action, observation, and reflection. Factor under investigation were students’ learning outcomes, teacher’s instructional activities, and students’ learning activities. Data were collected via: 1) test, 2) observation sheet, 3) documentation, 4) and field note. Subjects of the study were class VI students of SDN 5 Lasolo Islands. Findings of the study were: 1) students; learning outcomes increased after they were taught using peer tutoring method. Classial learning completeness increased from 40% to 90% in cycle II with a mean score of 80,4, 2) teacher’s instructional activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands improved by 32% after teaching via peer tutoring method, and 3) students’ learning activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands also improved by 38% after they were taught using.   Keywords: peer tutoring method, learning outcomes, dance art

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Anggalomoare” oleh WERIATIN(Skripsi, 2017)
  2. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII 2 MTs Negeri 2 Kendari oleh Astaliati(Skripsi, 2017)
  3. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BERINKUIRI PESERTA DIDIK  KELAS VIII5  SMPN 14 KENDARI PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT IPA oleh Khaerun Nisa(Skripsi, 2017)
  4. DAMPAK PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) TERHADAP HUBUNGAN KEKERABATAN (STUDI DI KECAMATAN KABAENA TIMUR KABUPATEN BOMBANA) oleh AMRAN(Skripsi, 2017)
  5. PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN MODERNISASI SISTEM PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KENDARI oleh RAHMATIA(Skripsi, 2017)
  6. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat- sifat Cahaya di kelas V SD Negeri 5 Tongkuno Selatan oleh DIANA(Skripsi, 2017)
  7.   IDENTIFIKASI  KELAYAKAN OBJEK WISATA PERMANDIAN AIR PANAS (KAREDE) DI DESA BURANGA KECAMATAN BONEGUNU KABUPATEN BUTON UTARA   oleh SYAH RUDIN(Skripsi, 2017)
  8. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 KABAWO oleh Wa Maruhi(Skripsi, 2017)
  9. Respon Pertumbuhan Kayu Kuku [Pericopsis mooniana (Thw.) Thw] Dengan Aplikasi Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) Lokal Sulawesi Tenggara oleh Wahyu Puji Raharjo(Skripsi, 2017)
  10. Aplikasi Distribusi Poisson untuk Menentukan Model Regresi Poisson Penduduk Miskin Di Provinsi Sulawesi Tenggara oleh ISNAWATI(Skripsi, 2017)
  11. KOMPOSISI JENIS DAN STRUKTUR AGRISILVIKULTUR DI DESA SUMBERSARI KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh DIANA(Skripsi, 2017)
  12. ANALISIS VEGETASI PAKAN LEBAH HUTAN SERTA WAKTU BERBUNGA DI KPHP GULARAYA KELURAHAN TOBIMEITA KECAMATAN ABELI oleh SYAMSUL(Skripsi, 2017)
  13. The Effect of Scientific Approach on Students' Reading Achievement at SMAN 1 Barangka oleh Wa Gusfitria(Skripsi, 2017)
  14. Legalitas Perkawinan Janda Yang Bercerai Diluar Pengadilan Dalam Perspektif Syariat Islam Dan Hukum Positif Studi Kasus Di Kelurahan Wasaga Kabupaten Buton oleh Agustus Suriaddin(Skripsi, 2017)
  15. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MEREK TERKENAL LEXUS DI INDONESIA (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 450 K/PDT.SUS-HKI/2014)                                                                     oleh Hamzah Kasim(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231