Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG SENI TARI MELALUI METODE PEMBELAJARAN  TUTOR SEBAYA DI KELAS VI SDN 5 LASOLO KEPULAUAN KABUPATEN KONAWE UTARA
Sitti Jumaida
Pembimbing: Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd. dan Dr. H. Sahlan, M.Pd
Abstrak
ABSTRAK   Sitti Jumaida (G2P1 15 011) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Seni Tari melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Di Kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan Kabupaten Konawe Utara, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd. dan Dr. H. Sahlan, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: 1) Hasil belajar siswa pada bidang Seni Tari di kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan melalui metode pembelajaran tutor sebaya. 2) Aktivitas mengajar guru kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan ketika mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. 3) Aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan ketika diajar  dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sesuai model Kurt Lewin dan terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refkesi (reflection). Faktor-faktor yang  diteliti adalah hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui: 1) tes, 2) lembar obsevasi, 3) dokumentasi, 4) catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan. Hasil temuan penelitian adalah: 1) Hasil belajar siswa meningkat setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Ketuntasan belajar secara klasikal dari 40% meningkat menjadi 90%  pada siklus kedua dengan nilai rata-rata kelas mencapai 80.4, 2) Aktivitas mengajar guru SBK kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan setelah mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 32%, dan 3) Aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 38%.     Kata Kunci: Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Bidang Seni Tari
Abstract

ABSTRACT Sitti Jumaida (G2P1 15 011), “Increasing Students’ Outcomes of Learning Dance Art through Peering Tutoring Method at Class VI of SDN 5 Lasolo Islands in North Konawe Regency.” Supervised by Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd., and Dr. H. Sahlan, M.Pd. The aim of this study was to increase: 1) students’ outcomes of learning dance art through peer tutoring method at class VI of SDN 5 Lasolo Islands through peer tutoring method, 2) teachers’ instructional activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands when teaching viapeer tutoring method, 3) students’ learning activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands when they were taught using peer rutoring method. The Study was a classroom action research following Kurt Lewin method and was undertaken in two cycles, each comprised of 4 stages which included planning, action, observation, and reflection. Factor under investigation were students’ learning outcomes, teacher’s instructional activities, and students’ learning activities. Data were collected via: 1) test, 2) observation sheet, 3) documentation, 4) and field note. Subjects of the study were class VI students of SDN 5 Lasolo Islands. Findings of the study were: 1) students; learning outcomes increased after they were taught using peer tutoring method. Classial learning completeness increased from 40% to 90% in cycle II with a mean score of 80,4, 2) teacher’s instructional activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands improved by 32% after teaching via peer tutoring method, and 3) students’ learning activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands also improved by 38% after they were taught using.   Keywords: peer tutoring method, learning outcomes, dance art

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MELUKIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING DI KELAS II SD NEGERI 12 ANDOOLO KECAMATAN ANDOOLO  oleh ADI SISWOYO(Tesis, 2017)
  2. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KARYA SENI TARI KELAS VI SDN 3 ANDOOLO KABUPATEN KONAWE SELATAN   oleh Siti Rosdawati(Tesis, 2017)
  3. PENERAPAN METODE INQUIRY PADA MATERI SENI RUPA UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFYCACY DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 ANDOOLO oleh Anzar Hattas(Tesis, 2017)
  4. A COMPARATIVE STUDY BETWEEN CONVENTIONAL READING STRATEGY AND KNOW, WANT, LEARN (KWL) TECHNIQUE ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT GRADE 8 OF SMP NEGERI 9 KENDARI oleh MUKTI RAMADHAN(Tesis, 2017)
  5. PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN KONAWE UTARA oleh YENI WULELE WULAA(Tesis, 2017)
  6. Hubungan Promosi Jabatan Struktural Dan Iklim Organisasi Terhadap  Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe oleh IRSANTI(Tesis, 2017)
  7. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SD Negeri 4 Wameo oleh Salmatia(Skripsi, 2017)
  8. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri Se-Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan oleh JUMIRAN(Tesis, 2017)
  9. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI WILAYAH KECAMATAN TONGAUNA KABUPATEN KONAWE oleh JEFRY CRISBIANTORO(Tesis, 2017)
  10. PENGARUH LATIHAN BACK-UP DAN SIT-UP TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNDUL PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA SMA NEGERI 3 KENDARI oleh SUDARLIN(Tesis, 2017)
  11. PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KEPALA DESA DI KABUPATEN KONAWE UTARA oleh ROBERT YANUAR VICTOR(Tesis, 2017)
  12. PENGARUH PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KEBAUPATEN KONAWE UTARA oleh HASANUDDIN(Tesis, 2017)
  13. A Comparative Study between Conventional and Flipped Classroom Delivery Mode for Teaching Writing at Grade 11 of SMAN 4 Kendari oleh BAHARUDIN(Tesis, 2017)
  14. PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA  PEGAWAI PENGELOLA ASET   KENDARAAN DINAS OPERASIONAL SKPD PEMERINTAH KABUPATEN MUNA oleh LA ODE MARJUKI(Tesis, 2017)
  15. Dampak Pembangunan Jalan Lingkar (Ring Road) Kota Kendari terhadap Pengembangan Kawasan Pertanian Di Kecamatan Puuwatu dan Kecamatan Baruga oleh Burhanuddin(Tesis, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231