Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG SENI TARI MELALUI METODE PEMBELAJARAN  TUTOR SEBAYA DI KELAS VI SDN 5 LASOLO KEPULAUAN KABUPATEN KONAWE UTARA
Sitti Jumaida
Pembimbing: Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd. dan Dr. H. Sahlan, M.Pd
Abstrak
ABSTRAK   Sitti Jumaida (G2P1 15 011) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Seni Tari melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Di Kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan Kabupaten Konawe Utara, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd. dan Dr. H. Sahlan, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: 1) Hasil belajar siswa pada bidang Seni Tari di kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan melalui metode pembelajaran tutor sebaya. 2) Aktivitas mengajar guru kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan ketika mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. 3) Aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan ketika diajar  dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sesuai model Kurt Lewin dan terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refkesi (reflection). Faktor-faktor yang  diteliti adalah hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui: 1) tes, 2) lembar obsevasi, 3) dokumentasi, 4) catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan. Hasil temuan penelitian adalah: 1) Hasil belajar siswa meningkat setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Ketuntasan belajar secara klasikal dari 40% meningkat menjadi 90%  pada siklus kedua dengan nilai rata-rata kelas mencapai 80.4, 2) Aktivitas mengajar guru SBK kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan setelah mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 32%, dan 3) Aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 38%.     Kata Kunci: Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Bidang Seni Tari
Abstract

ABSTRACT Sitti Jumaida (G2P1 15 011), “Increasing Students’ Outcomes of Learning Dance Art through Peering Tutoring Method at Class VI of SDN 5 Lasolo Islands in North Konawe Regency.” Supervised by Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd., and Dr. H. Sahlan, M.Pd. The aim of this study was to increase: 1) students’ outcomes of learning dance art through peer tutoring method at class VI of SDN 5 Lasolo Islands through peer tutoring method, 2) teachers’ instructional activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands when teaching viapeer tutoring method, 3) students’ learning activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands when they were taught using peer rutoring method. The Study was a classroom action research following Kurt Lewin method and was undertaken in two cycles, each comprised of 4 stages which included planning, action, observation, and reflection. Factor under investigation were students’ learning outcomes, teacher’s instructional activities, and students’ learning activities. Data were collected via: 1) test, 2) observation sheet, 3) documentation, 4) and field note. Subjects of the study were class VI students of SDN 5 Lasolo Islands. Findings of the study were: 1) students; learning outcomes increased after they were taught using peer tutoring method. Classial learning completeness increased from 40% to 90% in cycle II with a mean score of 80,4, 2) teacher’s instructional activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands improved by 32% after teaching via peer tutoring method, and 3) students’ learning activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands also improved by 38% after they were taught using.   Keywords: peer tutoring method, learning outcomes, dance art

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN REFERENSI DI UPT PERPUSTAKAAN HALU OLEO oleh LA RULI (Skripsi, 2017)
  2. PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 10 KENDARI) oleh JUMIATI HAMADE(Skripsi, 2017)
  3. Penerapan Budaya Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Hotel Zahra Syariah oleh Fiktor(Skripsi, 2017)
  4. DAMPAK KEGIATAN PENAMBANGAN EMAS TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PT. SULTRA UTAMA NIKEL KECAMATAN RAROWATU UTARA KABUPATEN BOMBANA)   oleh ARDI(Skripsi, 2017)
  5. KARAKTERISTIK KEKUATAN MEKANIK MATERIAL KOMPOSIT BERPENGUAT SERAT KULIT WARU DAN SERBUK GERGAJI KAYU JATI oleh LA ODE MUHAMMAD GUNTUR(Skripsi, 2017)
  6. Pelindungan Hukum terhadap Pemenuhan Hak Pekerja atas Jaminan Kesehatan Pada CV. Winjaya di Kota Kendari oleh ZULFIAN(Skripsi, 2017)
  7. PERANAN TOKOH ADAT DALAM PERKAWINAN PINANG DI DESA NAPA KECAMATAN MAWASANGKA KABUPATEN BUTON TENGAH oleh RAJUDDIN NUR(Skripsi, 2017)
  8. PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. SULEMANDARA KONAWE TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KELURAHAN PONDIDAHA KECAMATAN PONDIDAHA KABUPATEN KONAWE oleh SRI HERMINAWATI(Skripsi, 2017)
  9. Pemetaan Risiko Produksi pada Usahatani Padi Sawah di Desa Labulu-Bulu Kecamatan Parigi Kabupaten Muna oleh NURHIDAYAH(Skripsi, 2017)
  10. ANALISIS PENDAPATAN PETANI JAGUNG PULUT DI DESA LAMBIKU KECAMATAN NAPABALANO KABUPATEN MUNA oleh Tisa Lorensa(Skripsi, 2017)
  11. Analisis Rekrutmen Calon Kepala Daerah Dalam Penetapan Calon Walikota dan Wakil Walikota Kendari Tahun 2017 oleh Juliati(Skripsi, 2017)
  12. ANALISIS PERSEPSI DAN PENDAPATAN PADA USAHA PENYADAPAN AREN DI DESA WALI KECAMATAN WATOPUTE DAN DI DESA WANSUGI KECAMATAN KABANGKA KABUPATEN MUNA oleh SANDRA DEWI(Skripsi, 2017)
  13. Analisis Hubungan antara Tingkat Kepuasan Nasabah terhadap Pelayanan pada Bank BRI Cabang Kendari oleh ASRIANI ENA(Skripsi, 2017)
  14. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS V-A SD NEGERI I3 POASIA oleh KURNIAWATI(Skripsi, 2017)
  15. ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER LICHEN Usnea longissima SERTA UJI BIOAKTIVITASNYA TERHADAP Candida albicans oleh Andi Musdalifah(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231