Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG SENI TARI MELALUI METODE PEMBELAJARAN  TUTOR SEBAYA DI KELAS VI SDN 5 LASOLO KEPULAUAN KABUPATEN KONAWE UTARA
Sitti Jumaida
Pembimbing: Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd. dan Dr. H. Sahlan, M.Pd
Abstrak
ABSTRAK   Sitti Jumaida (G2P1 15 011) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Seni Tari melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Di Kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan Kabupaten Konawe Utara, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd. dan Dr. H. Sahlan, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: 1) Hasil belajar siswa pada bidang Seni Tari di kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan melalui metode pembelajaran tutor sebaya. 2) Aktivitas mengajar guru kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan ketika mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. 3) Aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan ketika diajar  dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sesuai model Kurt Lewin dan terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refkesi (reflection). Faktor-faktor yang  diteliti adalah hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui: 1) tes, 2) lembar obsevasi, 3) dokumentasi, 4) catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan. Hasil temuan penelitian adalah: 1) Hasil belajar siswa meningkat setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Ketuntasan belajar secara klasikal dari 40% meningkat menjadi 90%  pada siklus kedua dengan nilai rata-rata kelas mencapai 80.4, 2) Aktivitas mengajar guru SBK kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan setelah mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 32%, dan 3) Aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 5 Lasolo Kepulauan setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 38%.     Kata Kunci: Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Bidang Seni Tari
Abstract

ABSTRACT Sitti Jumaida (G2P1 15 011), “Increasing Students’ Outcomes of Learning Dance Art through Peering Tutoring Method at Class VI of SDN 5 Lasolo Islands in North Konawe Regency.” Supervised by Prof. Dr. H. Zalili Sailan, M.Pd., and Dr. H. Sahlan, M.Pd. The aim of this study was to increase: 1) students’ outcomes of learning dance art through peer tutoring method at class VI of SDN 5 Lasolo Islands through peer tutoring method, 2) teachers’ instructional activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands when teaching viapeer tutoring method, 3) students’ learning activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands when they were taught using peer rutoring method. The Study was a classroom action research following Kurt Lewin method and was undertaken in two cycles, each comprised of 4 stages which included planning, action, observation, and reflection. Factor under investigation were students’ learning outcomes, teacher’s instructional activities, and students’ learning activities. Data were collected via: 1) test, 2) observation sheet, 3) documentation, 4) and field note. Subjects of the study were class VI students of SDN 5 Lasolo Islands. Findings of the study were: 1) students; learning outcomes increased after they were taught using peer tutoring method. Classial learning completeness increased from 40% to 90% in cycle II with a mean score of 80,4, 2) teacher’s instructional activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands improved by 32% after teaching via peer tutoring method, and 3) students’ learning activities at class VI of SDN 5 Lasolo Islands also improved by 38% after they were taught using.   Keywords: peer tutoring method, learning outcomes, dance art

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. Keefektifan Model Pembelajaran Siklus Belajar 7E dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor ditinjau dari Penalaran Logis Peserta Didik SMAN 1 Kontukowuna oleh Haniman Dewi. G(Tesis, 2017)
  2. Analisis Promosi Jabatan Dalam Pengembangan Karier Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Muhammad Arfan(Tesis, 2018)
  3. Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Sultra Prima Lestari oleh HILMANUR(Tesis, 2018)
  4.                               IMPLEMENTASI PROGRAM DANA DESA (Studi Kasus Desa Liabalano Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna)    oleh SITI SUNARTI(Skripsi, 2018)
  5. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penguasaan Konsep Fluida Statis dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 04 Bombana oleh Marlina(Tesis, 2017)
  6. EFEKTIVITAS TUGAS PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Pada Kantor Kelurahan Kadia Kecamatan Kadia Kota Kendari)   oleh ABD. RACHMAN SYAH YUSUF(Skripsi, 2018)
  7. PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7  KENDARI oleh Tamrin(Skripsi, 2017)
  8. PENGARUH JENIS INANG TERHADAP PRODUKSI FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA LOKAL ACAULOSPORA SP. ASAL RIZOSFER KAYU KUKU [PERICOPSIS MOONIANA (THW.) THW.] DI HUTAN ALAM oleh SAMSIDAR(Skripsi, 2017)
  9. PERHITUNGAN CADANGAN NIKEL LATERIT DENGAN MEMBANDINGKAN METODE NEAREST NEIGHBOUR POINT DAN METODE INVERSE DISTANCE WEIGTHING DI BLOK B PT. SJSU KABUPATEN KONAWE UTARA oleh ASDIN(Skripsi, 2017)
  10. Pertumbuhan dan Hasil Padi Gogo Lokal (Oriza sativa L.) pada Perlakuan Bio-Invigorasi Benih Pra-Tanam dan LEISA di Kabupaten Muna Barat oleh Cornelis(Tesis, 2017)
  11. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VII SMPN 12 Konawe Selatan oleh Dewi Retnowati(Tesis, 2018)
  12. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA KENDARI DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT MISKIN (Studi Kasus Kebijakan Persaudaraan Madani) oleh Andi Syaiful Zainal(Disertasi, 2018)
  13. Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) Studi di Kabupaten Konawe Kepulauan oleh Ahmad Nur(Tesis, 2018)
  14. MOBILISASI SUMBER PAJAK DAERAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN oleh Abdul Rahman(Tesis, 2017)
  15. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT ANIMASI DI KELOMPOK B RA AL HIDAYAH NAPABALANO KABUPATEN MUNA oleh LISDAYANI(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231