Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN SATU ATAP 6 KONAWE SELATAN
SANGKA ALAM
Pembimbing: Dr. ZAMSIR, M.Pd dan Dr. MAKKULAU, S.Si., M.Si
Abstrak
ABSTRAK Sangka Alam (G2I115047), Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN Satu Atap 6 Konawe Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kombinasi Model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN Satu Atap 6 Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen preetest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 6 Konawe Selatan sebanyak 30 orang siswa, dengan membandingkan rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan kombinasi model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw-STAD melalui tes awal (pretes) dan setelah menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-STAD melalui tes akhir (postes). Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar matematika dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Untuk keperluan pengujian hipotesis, data dianalisis dengan uji t (Paired sampel T-tes ) dan dilengkapi dengan analisis deskriftif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, gambaran hasil belajar Matematika sebelum menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD dalam proses pembelajaran dengan deskripsi nilai maksimum = 75; nilai minimum = 15; nilai rata-rata = 46,67; median = 45 modus = 60, ; range = 60; standar deviasi = 16,73 dan varians = 279,885. Gambaran hasil belajar Matematika setelah menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD dalam proses pembelajaran dengan deskripsi nilai maksimum = 85;  nilai minimum =  40; nilai rata-rata = 60, 50; median = 60 modus = 45, ; range = 45; standar deviasi = 14,163 dan varians = 200,603. Penggunaan Kombinasi Model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar Matematika siswa, hal ini dapat dilihat pada peningkatan rata-rata hasil belajar Matematika siswa setelah menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-STAD lebih tinggi dari pada sebelum menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-STAD, dengan nilai peningkatan sebesar 0,253.   Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw-STAD.
Abstract

ABSTRACT Sangka Alam (G2I115047), Influence of Jigsaw Model Cooperative Model Combination Model and STAD Model on Student Learning Outcomes at SMPN Satu Atap 6 Konawe Selatan. This study aims to determine the effect of Jigsaw Model Cooperative Model Combination and STAD type to mathematics learning outcomes of SMPN Satu Atap 6 Konawe Selatan students. This study uses quasi-experimental design preetest-postest control group design. The population of this study is all students of class VIII SMPN Satu Atap 6 Konawe Selatan as many as 30 students.of compare the average student learning outcomes before using a combination of Jigsaw-STAD type cooperative learning model through pretest and after using a combination of cooperative learning model type Jigsaw-STAD through the final (postes). Instruments used include the test of mathematics learning and student activity observation sheet. For the purpose of hypothesis testing, the data were analyzed by t test (Paired T-test sample) and completed with descriptive and qualitative analysis. Based on data analysis result, description of Mathematics learning result before using combination of Jigsaw type cooperative learning model and STAD type in learning process with description of maximum value = 75; minimum value = 15; average value = 46, 67; median = 45 mode = 60; range = 60; standard deviation = 16,73 and variance = 279,885. Overview of Mathematics learning outcomes after using combination of Jigsaw type cooperative learning model and STAD type in learning process with description of maximum value = 85; minimum value = 40; average value = 60, 50; median = 60 mode = 45,; range = 45; standard deviation = 14,163 and variance = 200,603 Combination of Jigsaw type and STAD type co-operative learning model have a significant positive effect on students' mathematics learning achievement, this can be seen in the improvement of learning achievement of the students after using cooperative learning model type Jigsaw- STAD is higher than before using a combination of Jigsaw-STAD type cooperative learning model, with an increase value of 0.253. Keywords: Mathematics Learning Outcome, Combination of Jigsaw-STAD Cooperative Learning Model.

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SMA NEGERI 6 KENDARI oleh DEWA MADE DONI AFRIAWAN(Tesis, 2018)
  2. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kolaka Timur oleh HERMANSYAH MA'MIR(Tesis, 2018)
  3. Konstruksi Tes Diagnostik untuk Mendiagnosis Miskonsepsi Peserta didik  SMA pada  Materi Listrik Dinamis oleh Ika Novrina(Tesis, 2018)
  4. PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI  UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS  V SDN 6 BATALAIWORU oleh ALMAMA(Skripsi, 2017)
  5. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Basic for Aplication (VBA) dan Spreadsheet Excel pada Materi Pokok Radioaktivitas di SMA oleh Majenun(Tesis, 2017)
  6. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Kendari oleh Saleha(Tesis, 2018)
  7. Karakteristik segmen gen COI (Cytochrome Oxidase Subunit I) DNA Mitokondria Plusia chalcites (famili : Noctuidae, Ordo : Lepidoptera) oleh Marwansyah(Skripsi, 2017)
  8. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Langsung dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Listrik Dinamis dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Siompu oleh IRHAM(Tesis, 2017)
  9. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran Langsung Dengan Strategi Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Hasil belajar Ranah Kognitif Pada Materi Suhu Dan Kalor Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Peserta Didik SMAN 10 Kendari oleh Nuzul Quryati Hartawati(Tesis, 2017)
  10. Students' Perception and Preference toward Written Feedback in Learning of Writing oleh Rafan Agusti(Skripsi, 2017)
  11. Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Langgea Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan oleh La Ode Marhini(Tesis, 2018)
  12. Analisis Kelayakan Pengembangan Obyek Wisata Pantai Nirwana Kota Baubau oleh Muh. Kamal Gani S.(Tesis, 2018)
  13. Keefektifan Model Pembelajaran Siklus Belajar 7E dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor ditinjau dari Penalaran Logis Peserta Didik SMAN 1 Kontukowuna oleh Haniman Dewi. G(Tesis, 2017)
  14. Analisis Promosi Jabatan Dalam Pengembangan Karier Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Muhammad Arfan(Tesis, 2018)
  15. Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Sultra Prima Lestari oleh HILMANUR(Tesis, 2018)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231