Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR  KRITIS MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK
WA NURIALI
Pembimbing: Dr. Busnawir, M.Si dan Dr. Hafiludin Samparadja, M.Si
Abstrak
  ABSTRAK  Wa Nuriali (G2I1 15 039). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa SMK.  Kemampuan berpikir kritis matematika siswa masih rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, kurang mandiri, butuh banyak bimbingan, dan lemah dalam memecahkan soal keterampilan berpikir. Keterampilan berpikir tersebut diarahkan untuk memperbaiki pembelajaran agar siswa aktif. Model inkuiri terbimbing dipandang dapat memecahkan masalah tersebut. Tujuan utama model ini adalah untuk mengembangkan keterampilan berpikir, yaitu berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Raha. Sampel penelitian diambil dua kelas dengan teknik purposive sampling dan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih secara random. Siswa kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Siswa kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis matematika, skala kemandirian belajar, dan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan Uji t dan anava RAK pada ᾳ = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematik siswa kelas inkuiri terbimbing lebih besar daripada kemampuan berpikir krtis matematika siswa kelas pembelajaran langsung ditinjau dari kemandirian belajar maupun pada kategori kemandirian belajar tinggi. Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis  matematika,  kemandirian belajar,                         pembelajaran inkuiri terbimbing,
Abstract

  ABSTRACT  Wa Nuriali (G2I1 15 039). The Influence Of Guided Inquiry Learning Model Toward Critical Thinking Ability About Mathematics Reviewed From Students’ Learning Independence In SMK.  Abstrak: The students' critical mathematical thinking ability is still low. This is because students are less active in learning, less independent, need a lot of guidance, and weak in solving the problem of thinking ability. This thinking ability is directed to improve learning to enable students to be active. The guided inquiry model is seen to solve the problem. The main purpose of this model is to develop thinking ability, namely critical thinking. This research is Quasi Experiment research by using pretest-posttest control group design. The population of this study is all students of class X SMK Negeri 1 Raha. The sample was taken by two classes with purposive sampling technique and the determination of experimental class and control class were chosen randomly. The experimental class students are taught by guided inquiry learning model. Students of control class are taught by direct learning model. The research instruments used were pretest and posttest of critical mathematical thinking ability, scale of learning independence, and observation sheet. Data were analyzed by using descriptive statistic and inferential statistic with hypothesis test using t test and ANOVA RAK at ᾳ = 0,05. The result of the research shows that the critical thinking ability of mathematic students in guided inquiry class is greater than the students' mathematical thinking ability in the learning class directly from the learning independence and the high learning independence category.  Keywords: Mathematical critical thinking ability, learning independence,                       Guided inquiry learning  

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PERANCANGAN DAN ANALISA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA YANG TERINTEGRASI DENGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK oleh YONES UNTUNG LINDO(Skripsi, 2017)
  2. LEXICAL COHESION IN THE WRITTEN TEXT BY ENGLISH STUDY PROGRAM STUDENTS OF HALU OLEO UNIVERSITY oleh LA ODE ASRI YUNAN ABDULLAH(Skripsi, 2017)
  3. PENGARUH ARTIFICIAL AGING DAN NATURAL AGING TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKUR MIKRO PENGECORAN LOGAM PISTON DARI BAHAN AL-Si oleh Edriyanto(Skripsi, 2017)
  4. PENGARUH DIMENSI  KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. BOSOWA BERLIAN MOTOR KENDARI  oleh NURUL ASMA(Skripsi, 2017)
  5. KOMPOSISI DAN KEANEKARAGAMAN HARIAN IKAN PADA TIPE KARANG BERCABANG DI PERAIRAN DESA KOROE ONOWA TAMAN NASIONAL LAUT WAKATOBI oleh RUDI HARTO(Skripsi, 2016)
  6. JENIS-JENIS EPIFIT DAN POHON INANGNYA DI KAWASAN HUTAN LINDUNG MORAMO (SUAKA MARGA SATWA TANJUNG PEROPA) oleh ALHARIS AKBAR(Skripsi, 2017)
  7. ANALISIS HUBUNGAN KEBIJAKAN FISKAL, MONETER DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA PERIODE 1995 – 2015 oleh PUTRINAH NAWAWI (Skripsi, 2017)
  8. PENGARUH RELIGIUSITAS, TIPE KEPRIBADIAN, KECERDASAN EMOSI dan DUKUNGAN SOSIAL terhadap STRATEGI COPING oleh MUHAMMAD NURUL RAMADHAN(Skripsi, 2017)
  9. GAMBARAN SUHU EKSTRIM DAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PT. YANAGI  HISTALARAYA PELABUHAN PERIKANAN SAMUDRA oleh ERICK AL HADIST SOFIAN(Skripsi, 2015)
  10. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING  DI KELAS IV SDN 05 KOTA KENDARI oleh NursenjaSafitri(Skripsi, 2017)
  11. KETERSEDIAAN KELEMBAGAAN DALAM PENGEMBANGAN USAHATANI RUMPUT LAUT DI DESA KAWITE WITE KECAMATAN KABAWO KABUPATEN MUNA oleh RAMADAN(Skripsi, 2017)
  12. Analisis Hukum Pemanfaatan Tanah TerlantarBerstatus Hak Guna Usaha Oleh Pemerintah Daerah (studi di kecamatan Lainea Kabupaten Konawe Selatan) oleh ESRA DIANSYAH(Skripsi, 2017)
  13. PENERAPAN SANKSI PIDANA PENJARA TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Studi Putusan Pengadilan Negeri Kendari Nomor: 07/Pid.Sus.Anak/2014/PN.KDI)   oleh siswono(Skripsi, 2017)
  14. Hubungan antara Kelincahan dengan Kemampuan  Menggiring Slalom dalam Permainan Sepak  Bola pada Siswa SMA Negeri 1Wangi-Wangi kabupaten Wakatobi oleh LA ODE RIZAL NAFSIDIN(Skripsi, 2017)
  15. REDESAIN SALURAN DRAINASE JALAN AHMAD YANI (STUDI KASUS KAWASAN SMK N 2 KENDARI) oleh HUSEIN SIDIQ(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231