Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR  KRITIS MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK
WA NURIALI
Pembimbing: Dr. Busnawir, M.Si dan Dr. Hafiludin Samparadja, M.Si
Abstrak
  ABSTRAK  Wa Nuriali (G2I1 15 039). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa SMK.  Kemampuan berpikir kritis matematika siswa masih rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, kurang mandiri, butuh banyak bimbingan, dan lemah dalam memecahkan soal keterampilan berpikir. Keterampilan berpikir tersebut diarahkan untuk memperbaiki pembelajaran agar siswa aktif. Model inkuiri terbimbing dipandang dapat memecahkan masalah tersebut. Tujuan utama model ini adalah untuk mengembangkan keterampilan berpikir, yaitu berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Raha. Sampel penelitian diambil dua kelas dengan teknik purposive sampling dan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih secara random. Siswa kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Siswa kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis matematika, skala kemandirian belajar, dan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan Uji t dan anava RAK pada ᾳ = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematik siswa kelas inkuiri terbimbing lebih besar daripada kemampuan berpikir krtis matematika siswa kelas pembelajaran langsung ditinjau dari kemandirian belajar maupun pada kategori kemandirian belajar tinggi. Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis  matematika,  kemandirian belajar,                         pembelajaran inkuiri terbimbing,
Abstract

  ABSTRACT  Wa Nuriali (G2I1 15 039). The Influence Of Guided Inquiry Learning Model Toward Critical Thinking Ability About Mathematics Reviewed From Students’ Learning Independence In SMK.  Abstrak: The students' critical mathematical thinking ability is still low. This is because students are less active in learning, less independent, need a lot of guidance, and weak in solving the problem of thinking ability. This thinking ability is directed to improve learning to enable students to be active. The guided inquiry model is seen to solve the problem. The main purpose of this model is to develop thinking ability, namely critical thinking. This research is Quasi Experiment research by using pretest-posttest control group design. The population of this study is all students of class X SMK Negeri 1 Raha. The sample was taken by two classes with purposive sampling technique and the determination of experimental class and control class were chosen randomly. The experimental class students are taught by guided inquiry learning model. Students of control class are taught by direct learning model. The research instruments used were pretest and posttest of critical mathematical thinking ability, scale of learning independence, and observation sheet. Data were analyzed by using descriptive statistic and inferential statistic with hypothesis test using t test and ANOVA RAK at ᾳ = 0,05. The result of the research shows that the critical thinking ability of mathematic students in guided inquiry class is greater than the students' mathematical thinking ability in the learning class directly from the learning independence and the high learning independence category.  Keywords: Mathematical critical thinking ability, learning independence,                       Guided inquiry learning  

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI POKOK GEJALA-GEJALA YANG TERJADI DI ATMOSFER KELAS VII SMP NEGERI 1 WADAGA oleh WA ODE HALFINA(Skripsi, 2017)
  2. Komunikasi Persuasif Pustakawan dalam Peminjaman Koleksi pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Kulisusu Kabupaten Buton Utara oleh EKA SRI WAHYUNI(Skripsi, 2017)
  3. JENIS-JENIS TUMBUHAN HERBA YANG TERDAPAT DI KAWASAN HUTAN LALAPINI DESA LAMETONO KECAMATAN LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA oleh Mega putri(Skripsi, 2017)
  4. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI POKOK TINDAKAN-TINDAKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS XI IPS5 DI SMA NEGERI 3 KENDARI oleh ASKAL ISWANTO(Skripsi, 2017)
  5. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Anggalomoare” oleh WERIATIN(Skripsi, 2017)
  6. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII 2 MTs Negeri 2 Kendari oleh Astaliati(Skripsi, 2017)
  7. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BERINKUIRI PESERTA DIDIK  KELAS VIII5  SMPN 14 KENDARI PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT IPA oleh Khaerun Nisa(Skripsi, 2017)
  8. DAMPAK PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) TERHADAP HUBUNGAN KEKERABATAN (STUDI DI KECAMATAN KABAENA TIMUR KABUPATEN BOMBANA) oleh AMRAN(Skripsi, 2017)
  9. PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN MODERNISASI SISTEM PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KENDARI oleh RAHMATIA(Skripsi, 2017)
  10. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat- sifat Cahaya di kelas V SD Negeri 5 Tongkuno Selatan oleh DIANA(Skripsi, 2017)
  11.   IDENTIFIKASI  KELAYAKAN OBJEK WISATA PERMANDIAN AIR PANAS (KAREDE) DI DESA BURANGA KECAMATAN BONEGUNU KABUPATEN BUTON UTARA   oleh SYAH RUDIN(Skripsi, 2017)
  12. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 KABAWO oleh Wa Maruhi(Skripsi, 2017)
  13. Respon Pertumbuhan Kayu Kuku [Pericopsis mooniana (Thw.) Thw] Dengan Aplikasi Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) Lokal Sulawesi Tenggara oleh Wahyu Puji Raharjo(Skripsi, 2017)
  14. Aplikasi Distribusi Poisson untuk Menentukan Model Regresi Poisson Penduduk Miskin Di Provinsi Sulawesi Tenggara oleh ISNAWATI(Skripsi, 2017)
  15. KOMPOSISI JENIS DAN STRUKTUR AGRISILVIKULTUR DI DESA SUMBERSARI KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh DIANA(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231