Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar dengan Memperhitungkan Kovariat Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP
Tina Suryawati
Pembimbing: Prof. Dr. H. Faad Maonde, M.S dan Dr. Zamsir, M.Pd
Abstrak
Tina Suryawati (G2I1 015 009). “Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Dengan Memperhitungkan Kovariat Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP”. Penelitian ini merupakan penelitian faktorial‍ 3x3 dengan tujuan untuk menganalisis: (1) Deskripsi hasil belajar matematika siswa. (2) Pengaruh kovariat pengetahuan dasar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. (3) Perbedaan rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor yang dibentuk oleh faktor kombinasi model pembelajaran  kooperatif (Ai) dan motivasi berprestasi (Bj). (4) Perbedaan rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor motivasi berprestasi (Bj) untuk setiap tingkat faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif (Ai). (5) Perbedaan rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif (Ai) untuk setiap tingkat faktor motivasi berprestasi (Bj). (6) Perbedaan antar perbedaan rerata simpangan hasil belajar matematika untuk semua sel yang dibentuk oleh faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif (Ai) dan motivasi berprestasi siswa (Bj). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas VIII SMPN 1 Unaaha sebanyak 7 kelas dengan jumlah  219 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan  random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian berjumlah 95 siswa, dengan unit analisisnya sebanyak 81 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar matematika, motivasi berprestasi dan instrumen pengetahuan dasar matematika. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar masing-masing sel yang dibentuk oleh kombinasi model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi mempunyai perbedaan dalam mendukung hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian secara inferensial menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan dasar matematika siswa mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika sebesar 14,5% sumbangan pengaruh, dimana setiap perubahan 1 satuan pengetahuan dasar matematika, akan meningkatkan hasil belajar matematika sebesar 0,628 satuan; (2) rerata simpangan hasil belajar matematika untuk semua sel yang dibentuk oleh faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi mempunyai perbedaan yang signifikan; (3) rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor motivasi berprestasi untuk setiap tingkat faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif mempunyai perbedaan yang signifikan, (i) secara signifikan, rerata simpangan hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi rendah khusus siswa yang diajar dengan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT-STAD; (4) rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif untuk setiap tingkat faktor motivasi berprestasi mempunyai perbedaan yang signifikan, (i) secara signifikan, rerata simpangan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT-STAD lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD khusus untuk siswa yang memiliki motivasi tinggi.;(5) rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua sel yang dibentuk oleh faktor Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif (Ai) dan motivasi berprestasi (Bj) mempunyai perbedaan antar perbedaan yang tidak signifikan.   Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, TAI, dan STAD, Motivasi berprestasi siswa, Pengetahuan Dasar Matematika siswa.
Abstract

Tina Suryawati (G2I1 015 008),“The Effect of a Combination of Cooperative Learning Models and Motivation for Achievement on Junior High School Students’ Results of Learning Mathematics by Considering Covariate of Their Basic Knowledge of Mathematics”. This study was 3x3 factorial research which aimed to (1) describe students’ results of learning mathematics; (2) the effect of covariate of basic knowledge of mathematics on students’ results of learning mathematics; (3) the difference in the mean scores of students’ results of learning mathematics in all factorial levels which were formed by a combination of cooperative learning models (Ai) and motivation for achievement (Bj); (4)the difference in the mean scores of students’ results of learning mathematics among all factorial levels of motivation for achievement (Bj) in all factors of combined cooperative learning models (Ai); (5)the difference in the mean scores of students’ results of learning mathematics among all factorial levels of combined cooperative learning models (Ai) for all factorial levels of motivation for achievement (Bj); (6) the difference in the different mean scores of students’ results of learning mathematics in all cells that were formed by the factor of combined models of cooperative learning (Ai) and students’motivation for achievement (Bj). Population of the study included all students of class VIII of SMPN 1 of Unaaha, comprising of 7 classes with a total of 219 students. Samples were drawn using the purposive sampling and random sampling techniques, to come up with 95 students and 81 units of analysis. Data were collected using some instruments to measure students’ results of learning mathematics and their motivation for achievement, and basic knowledge of mathematics. Results of inferential analysis indicated that: (1) the student’s basic knowledge of mathematics had a positively significant effect on their results of learning mathematics, with a contribution of 14.5%, which meant that each 1-point change in the basic knowledge of mathematics would increase the learning results by 0.628 point; (2) there were significant differences among the mean scores of student’s results of learning mathematics in all cells formed by the factors of combined models of cooperative learning and basic knowledge of mathematics; (3) there were significant differences among the mean scores of student’s basic knowledge of mathematics in all factorial levels of combined models of cooperative learning: (i) significantly, the mean score of learning results gained by students with high motivation for achievement was higher than that gained by students with low motivation, especially in the class which applied the combination of NHT-STAD types of cooperative learning model; (4) there were significant differences among the mean scores of student’s basic knowledge of mathematics in all factorial levels of combined models of cooperative learning: (i) significantly, the mean score of learning results gained by students who were taught with a combination of NHT-STAD types of cooperative learning model was higher than that gained their cohorts who received the STAD type of cooperative learning model, especially by students who were highly motivated; (5) there was no significant difference in the different mean scores of students’ learning results among all cells which were formed by the factors of combined model of cooperative learning models (Ai) and motivation for achievement (Bj).   Keywords: NHT, TAI, and STAD types of cooperative learning models, students’ motivation   for achievement, students’ basic knowledge of mathematics

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MELUKIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING DI KELAS II SD NEGERI 12 ANDOOLO KECAMATAN ANDOOLO  oleh ADI SISWOYO(Tesis, 2017)
  2. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KARYA SENI TARI KELAS VI SDN 3 ANDOOLO KABUPATEN KONAWE SELATAN   oleh Siti Rosdawati(Tesis, 2017)
  3. PENERAPAN METODE INQUIRY PADA MATERI SENI RUPA UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFYCACY DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 ANDOOLO oleh Anzar Hattas(Tesis, 2017)
  4. A COMPARATIVE STUDY BETWEEN CONVENTIONAL READING STRATEGY AND KNOW, WANT, LEARN (KWL) TECHNIQUE ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT GRADE 8 OF SMP NEGERI 9 KENDARI oleh MUKTI RAMADHAN(Tesis, 2017)
  5. PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN KONAWE UTARA oleh YENI WULELE WULAA(Tesis, 2017)
  6. Hubungan Promosi Jabatan Struktural Dan Iklim Organisasi Terhadap  Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe oleh IRSANTI(Tesis, 2017)
  7. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SD Negeri 4 Wameo oleh Salmatia(Skripsi, 2017)
  8. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri Se-Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan oleh JUMIRAN(Tesis, 2017)
  9. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI WILAYAH KECAMATAN TONGAUNA KABUPATEN KONAWE oleh JEFRY CRISBIANTORO(Tesis, 2017)
  10. PENGARUH LATIHAN BACK-UP DAN SIT-UP TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNDUL PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA SMA NEGERI 3 KENDARI oleh SUDARLIN(Tesis, 2017)
  11. PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KEPALA DESA DI KABUPATEN KONAWE UTARA oleh ROBERT YANUAR VICTOR(Tesis, 2017)
  12. PENGARUH PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KEBAUPATEN KONAWE UTARA oleh HASANUDDIN(Tesis, 2017)
  13. A Comparative Study between Conventional and Flipped Classroom Delivery Mode for Teaching Writing at Grade 11 of SMAN 4 Kendari oleh BAHARUDIN(Tesis, 2017)
  14. PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA  PEGAWAI PENGELOLA ASET   KENDARAAN DINAS OPERASIONAL SKPD PEMERINTAH KABUPATEN MUNA oleh LA ODE MARJUKI(Tesis, 2017)
  15. Dampak Pembangunan Jalan Lingkar (Ring Road) Kota Kendari terhadap Pengembangan Kawasan Pertanian Di Kecamatan Puuwatu dan Kecamatan Baruga oleh Burhanuddin(Tesis, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231