Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar dengan Memperhitungkan Kovariat Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP
Tina Suryawati
Pembimbing: Prof. Dr. H. Faad Maonde, M.S dan Dr. Zamsir, M.Pd
Abstrak
Tina Suryawati (G2I1 015 009). “Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Dengan Memperhitungkan Kovariat Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP”. Penelitian ini merupakan penelitian faktorial‍ 3x3 dengan tujuan untuk menganalisis: (1) Deskripsi hasil belajar matematika siswa. (2) Pengaruh kovariat pengetahuan dasar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. (3) Perbedaan rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor yang dibentuk oleh faktor kombinasi model pembelajaran  kooperatif (Ai) dan motivasi berprestasi (Bj). (4) Perbedaan rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor motivasi berprestasi (Bj) untuk setiap tingkat faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif (Ai). (5) Perbedaan rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif (Ai) untuk setiap tingkat faktor motivasi berprestasi (Bj). (6) Perbedaan antar perbedaan rerata simpangan hasil belajar matematika untuk semua sel yang dibentuk oleh faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif (Ai) dan motivasi berprestasi siswa (Bj). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas VIII SMPN 1 Unaaha sebanyak 7 kelas dengan jumlah  219 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan  random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian berjumlah 95 siswa, dengan unit analisisnya sebanyak 81 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar matematika, motivasi berprestasi dan instrumen pengetahuan dasar matematika. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar masing-masing sel yang dibentuk oleh kombinasi model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi mempunyai perbedaan dalam mendukung hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian secara inferensial menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan dasar matematika siswa mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika sebesar 14,5% sumbangan pengaruh, dimana setiap perubahan 1 satuan pengetahuan dasar matematika, akan meningkatkan hasil belajar matematika sebesar 0,628 satuan; (2) rerata simpangan hasil belajar matematika untuk semua sel yang dibentuk oleh faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi mempunyai perbedaan yang signifikan; (3) rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor motivasi berprestasi untuk setiap tingkat faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif mempunyai perbedaan yang signifikan, (i) secara signifikan, rerata simpangan hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi rendah khusus siswa yang diajar dengan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT-STAD; (4) rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua tingkat faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif untuk setiap tingkat faktor motivasi berprestasi mempunyai perbedaan yang signifikan, (i) secara signifikan, rerata simpangan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT-STAD lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD khusus untuk siswa yang memiliki motivasi tinggi.;(5) rerata simpangan hasil belajar matematika antara semua sel yang dibentuk oleh faktor Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif (Ai) dan motivasi berprestasi (Bj) mempunyai perbedaan antar perbedaan yang tidak signifikan.   Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, TAI, dan STAD, Motivasi berprestasi siswa, Pengetahuan Dasar Matematika siswa.
Abstract

Tina Suryawati (G2I1 015 008),“The Effect of a Combination of Cooperative Learning Models and Motivation for Achievement on Junior High School Students’ Results of Learning Mathematics by Considering Covariate of Their Basic Knowledge of Mathematics”. This study was 3x3 factorial research which aimed to (1) describe students’ results of learning mathematics; (2) the effect of covariate of basic knowledge of mathematics on students’ results of learning mathematics; (3) the difference in the mean scores of students’ results of learning mathematics in all factorial levels which were formed by a combination of cooperative learning models (Ai) and motivation for achievement (Bj); (4)the difference in the mean scores of students’ results of learning mathematics among all factorial levels of motivation for achievement (Bj) in all factors of combined cooperative learning models (Ai); (5)the difference in the mean scores of students’ results of learning mathematics among all factorial levels of combined cooperative learning models (Ai) for all factorial levels of motivation for achievement (Bj); (6) the difference in the different mean scores of students’ results of learning mathematics in all cells that were formed by the factor of combined models of cooperative learning (Ai) and students’motivation for achievement (Bj). Population of the study included all students of class VIII of SMPN 1 of Unaaha, comprising of 7 classes with a total of 219 students. Samples were drawn using the purposive sampling and random sampling techniques, to come up with 95 students and 81 units of analysis. Data were collected using some instruments to measure students’ results of learning mathematics and their motivation for achievement, and basic knowledge of mathematics. Results of inferential analysis indicated that: (1) the student’s basic knowledge of mathematics had a positively significant effect on their results of learning mathematics, with a contribution of 14.5%, which meant that each 1-point change in the basic knowledge of mathematics would increase the learning results by 0.628 point; (2) there were significant differences among the mean scores of student’s results of learning mathematics in all cells formed by the factors of combined models of cooperative learning and basic knowledge of mathematics; (3) there were significant differences among the mean scores of student’s basic knowledge of mathematics in all factorial levels of combined models of cooperative learning: (i) significantly, the mean score of learning results gained by students with high motivation for achievement was higher than that gained by students with low motivation, especially in the class which applied the combination of NHT-STAD types of cooperative learning model; (4) there were significant differences among the mean scores of student’s basic knowledge of mathematics in all factorial levels of combined models of cooperative learning: (i) significantly, the mean score of learning results gained by students who were taught with a combination of NHT-STAD types of cooperative learning model was higher than that gained their cohorts who received the STAD type of cooperative learning model, especially by students who were highly motivated; (5) there was no significant difference in the different mean scores of students’ learning results among all cells which were formed by the factors of combined model of cooperative learning models (Ai) and motivation for achievement (Bj).   Keywords: NHT, TAI, and STAD types of cooperative learning models, students’ motivation   for achievement, students’ basic knowledge of mathematics

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Anggalomoare” oleh WERIATIN(Skripsi, 2017)
  2. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII 2 MTs Negeri 2 Kendari oleh Astaliati(Skripsi, 2017)
  3. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BERINKUIRI PESERTA DIDIK  KELAS VIII5  SMPN 14 KENDARI PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT IPA oleh Khaerun Nisa(Skripsi, 2017)
  4. DAMPAK PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) TERHADAP HUBUNGAN KEKERABATAN (STUDI DI KECAMATAN KABAENA TIMUR KABUPATEN BOMBANA) oleh AMRAN(Skripsi, 2017)
  5. PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN MODERNISASI SISTEM PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KENDARI oleh RAHMATIA(Skripsi, 2017)
  6. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat- sifat Cahaya di kelas V SD Negeri 5 Tongkuno Selatan oleh DIANA(Skripsi, 2017)
  7.   IDENTIFIKASI  KELAYAKAN OBJEK WISATA PERMANDIAN AIR PANAS (KAREDE) DI DESA BURANGA KECAMATAN BONEGUNU KABUPATEN BUTON UTARA   oleh SYAH RUDIN(Skripsi, 2017)
  8. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 KABAWO oleh Wa Maruhi(Skripsi, 2017)
  9. Respon Pertumbuhan Kayu Kuku [Pericopsis mooniana (Thw.) Thw] Dengan Aplikasi Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) Lokal Sulawesi Tenggara oleh Wahyu Puji Raharjo(Skripsi, 2017)
  10. Aplikasi Distribusi Poisson untuk Menentukan Model Regresi Poisson Penduduk Miskin Di Provinsi Sulawesi Tenggara oleh ISNAWATI(Skripsi, 2017)
  11. KOMPOSISI JENIS DAN STRUKTUR AGRISILVIKULTUR DI DESA SUMBERSARI KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh DIANA(Skripsi, 2017)
  12. ANALISIS VEGETASI PAKAN LEBAH HUTAN SERTA WAKTU BERBUNGA DI KPHP GULARAYA KELURAHAN TOBIMEITA KECAMATAN ABELI oleh SYAMSUL(Skripsi, 2017)
  13. The Effect of Scientific Approach on Students' Reading Achievement at SMAN 1 Barangka oleh Wa Gusfitria(Skripsi, 2017)
  14. Legalitas Perkawinan Janda Yang Bercerai Diluar Pengadilan Dalam Perspektif Syariat Islam Dan Hukum Positif Studi Kasus Di Kelurahan Wasaga Kabupaten Buton oleh Agustus Suriaddin(Skripsi, 2017)
  15. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MEREK TERKENAL LEXUS DI INDONESIA (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 450 K/PDT.SUS-HKI/2014)                                                                     oleh Hamzah Kasim(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231