Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

PERANAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMAN 1 BESULUTU
HERIYANTO
Pembimbing: Dr. Hj. Darnawati, S.Pd., M.Pd dan Dr. Abdul Halim Momo, M.Si
Abstrak
ABSTRAK Heriyanto (G2G1 15 089) Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Pendidikan Karakter Siswa SMAN 1 Besulutu. Pembimbing I Darnawati  dan Pembimbin II Abdul Halim Momo. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis 1) peranan pembelajaran sejarah dalam mengembangkan pendidikan karakater siswa di SMAN 1 Besulutu, 2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Besulutu. 3) Faktor yang mendukung dan menghambat pendidikan karaker siswa di SMAN 1 Besulutu Penelitian ini menggunakan metode penelitian  kualitatif dengan  desain studi kasus. Lokasi penelitian di SMAN 1 Besulutu. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru sejarah di SMAN 1 Besulutu serta informan pendukung yakni Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang  Kesiswaan,  dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik dalam pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber Data. Teknik analisis data mencakup empat hal yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa   1) guru   sejarah   di   SMAN   1 Besulutu mengembangkan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran, 2) nilai-nilai yang dikembangkan adalah cinta tanah air, jujur, peduli sosial, komunikatif, disiplin, dan gemar membaca, 3) faktor yang mendukung antara lain adanya  sarana  dan  prasarana  yang  memadai,  guru  yang  selalu  memberikan motivasi kepada peserta didik, tersedianya bermacam-macam kegiatan ekstra kurikuler, dan banyak terpajang poster serta slogan yang bermuatan nilai karakter. Faktor penghambat antara lain latar belakang siswa yang berbeda-beda, guru sejarah  belum  memiliki  instrumen  khusus  untuk  menilai  karakter  siswa,  dan tempat bermain di luar lingkungan sekolah. Simpulan dari penelitian ini ialah pengembangan nilai-nilai karakter siswa menjadi hal yang mendesak. Pendidikan diharapkan tidak hanya menjadikan peserta didik cerdas, tetapi juga berkarakter, agar keberadaanya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna. Materi pembelajaran sejarah sangat strategis untuk mengembangkan karakter siswa. Kata  Kunci: Pembelajaran Sejarah, Pendidikan Karakter  
Abstract

ABSTRACT Heriyanto (G2Gl 15 089) The Role of History Learning in Character Education of SENIOR HIGH SCHOOL 1 Besulutu Students. AdvisorI Darnawati and Supervisor II Abdul Halim Momo. The purpose of the research is to describe and analyze 1) the implementation of character education through the subjects in order to develop the character of students in Senior High School I Besulutu, 2) Values ​​of characters developed in history learning in senior high school I Besulutu. 3) Factors that support and hinder the development of student character in senior high school I Besulutu This research used qualitative research method with case study design. The Research location at Senior High School 1 Besulutu. Key informants in this research are history teacher at Senior High School I Besulutu and supporting informant namely Principal, Vice Principal of Student Affairs, and Student. Data collection techniques that use in observation techniques, interviews, and documents. Techniques in testing the validity of data using triangulation techniques and triangulation of data sources. Data analysis techniques include four things: data collection, data redundancy, data presentation, and conclusions. The results that showed in I) the history teacher in Senior High School I Besulutu developed the values ​​of character in the learning process, 2) the values that they ​​developed were homeland love, honest, social care, communicative, discipline, and likes to read, 3) the supporting factors between other facilities, adequate infrastructure, teachers who always provide motivation to learners, the availability of various extra-curricular activities, and many posters displayed and slogans that are loaded with character values. Inhibiting factors include different student backgrounds, history teachers have no specific instruments for assessing student character, and playgrounds outside the school environment. The conclusion of this research is the development of students' character values ​​to be urgent. Education is expected not only to make the students smart, but also character, so that its existence as a member of society becomes meaningful. Historical learning material is very strategic to develop student character. Keywords: Historical Learning, Character Education                                             

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MELUKIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING DI KELAS II SD NEGERI 12 ANDOOLO KECAMATAN ANDOOLO  oleh ADI SISWOYO(Tesis, 2017)
  2. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KARYA SENI TARI KELAS VI SDN 3 ANDOOLO KABUPATEN KONAWE SELATAN   oleh Siti Rosdawati(Tesis, 2017)
  3. PENERAPAN METODE INQUIRY PADA MATERI SENI RUPA UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFYCACY DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 ANDOOLO oleh Anzar Hattas(Tesis, 2017)
  4. A COMPARATIVE STUDY BETWEEN CONVENTIONAL READING STRATEGY AND KNOW, WANT, LEARN (KWL) TECHNIQUE ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT GRADE 8 OF SMP NEGERI 9 KENDARI oleh MUKTI RAMADHAN(Tesis, 2017)
  5. PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN KONAWE UTARA oleh YENI WULELE WULAA(Tesis, 2017)
  6. Hubungan Promosi Jabatan Struktural Dan Iklim Organisasi Terhadap  Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe oleh IRSANTI(Tesis, 2017)
  7. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SD Negeri 4 Wameo oleh Salmatia(Skripsi, 2017)
  8. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri Se-Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan oleh JUMIRAN(Tesis, 2017)
  9. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI WILAYAH KECAMATAN TONGAUNA KABUPATEN KONAWE oleh JEFRY CRISBIANTORO(Tesis, 2017)
  10. PENGARUH LATIHAN BACK-UP DAN SIT-UP TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNDUL PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA SMA NEGERI 3 KENDARI oleh SUDARLIN(Tesis, 2017)
  11. PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KEPALA DESA DI KABUPATEN KONAWE UTARA oleh ROBERT YANUAR VICTOR(Tesis, 2017)
  12. PENGARUH PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KEBAUPATEN KONAWE UTARA oleh HASANUDDIN(Tesis, 2017)
  13. A Comparative Study between Conventional and Flipped Classroom Delivery Mode for Teaching Writing at Grade 11 of SMAN 4 Kendari oleh BAHARUDIN(Tesis, 2017)
  14. PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA  PEGAWAI PENGELOLA ASET   KENDARAAN DINAS OPERASIONAL SKPD PEMERINTAH KABUPATEN MUNA oleh LA ODE MARJUKI(Tesis, 2017)
  15. Dampak Pembangunan Jalan Lingkar (Ring Road) Kota Kendari terhadap Pengembangan Kawasan Pertanian Di Kecamatan Puuwatu dan Kecamatan Baruga oleh Burhanuddin(Tesis, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231