Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

PERANAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMAN 1 BESULUTU
HERIYANTO
Pembimbing: Dr. Hj. Darnawati, S.Pd., M.Pd dan Dr. Abdul Halim Momo, M.Si
Abstrak
ABSTRAK Heriyanto (G2G1 15 089) Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Pendidikan Karakter Siswa SMAN 1 Besulutu. Pembimbing I Darnawati  dan Pembimbin II Abdul Halim Momo. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis 1) peranan pembelajaran sejarah dalam mengembangkan pendidikan karakater siswa di SMAN 1 Besulutu, 2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Besulutu. 3) Faktor yang mendukung dan menghambat pendidikan karaker siswa di SMAN 1 Besulutu Penelitian ini menggunakan metode penelitian  kualitatif dengan  desain studi kasus. Lokasi penelitian di SMAN 1 Besulutu. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru sejarah di SMAN 1 Besulutu serta informan pendukung yakni Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang  Kesiswaan,  dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik dalam pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber Data. Teknik analisis data mencakup empat hal yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa   1) guru   sejarah   di   SMAN   1 Besulutu mengembangkan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran, 2) nilai-nilai yang dikembangkan adalah cinta tanah air, jujur, peduli sosial, komunikatif, disiplin, dan gemar membaca, 3) faktor yang mendukung antara lain adanya  sarana  dan  prasarana  yang  memadai,  guru  yang  selalu  memberikan motivasi kepada peserta didik, tersedianya bermacam-macam kegiatan ekstra kurikuler, dan banyak terpajang poster serta slogan yang bermuatan nilai karakter. Faktor penghambat antara lain latar belakang siswa yang berbeda-beda, guru sejarah  belum  memiliki  instrumen  khusus  untuk  menilai  karakter  siswa,  dan tempat bermain di luar lingkungan sekolah. Simpulan dari penelitian ini ialah pengembangan nilai-nilai karakter siswa menjadi hal yang mendesak. Pendidikan diharapkan tidak hanya menjadikan peserta didik cerdas, tetapi juga berkarakter, agar keberadaanya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna. Materi pembelajaran sejarah sangat strategis untuk mengembangkan karakter siswa. Kata  Kunci: Pembelajaran Sejarah, Pendidikan Karakter  
Abstract

ABSTRACT Heriyanto (G2Gl 15 089) The Role of History Learning in Character Education of SENIOR HIGH SCHOOL 1 Besulutu Students. AdvisorI Darnawati and Supervisor II Abdul Halim Momo. The purpose of the research is to describe and analyze 1) the implementation of character education through the subjects in order to develop the character of students in Senior High School I Besulutu, 2) Values ​​of characters developed in history learning in senior high school I Besulutu. 3) Factors that support and hinder the development of student character in senior high school I Besulutu This research used qualitative research method with case study design. The Research location at Senior High School 1 Besulutu. Key informants in this research are history teacher at Senior High School I Besulutu and supporting informant namely Principal, Vice Principal of Student Affairs, and Student. Data collection techniques that use in observation techniques, interviews, and documents. Techniques in testing the validity of data using triangulation techniques and triangulation of data sources. Data analysis techniques include four things: data collection, data redundancy, data presentation, and conclusions. The results that showed in I) the history teacher in Senior High School I Besulutu developed the values ​​of character in the learning process, 2) the values that they ​​developed were homeland love, honest, social care, communicative, discipline, and likes to read, 3) the supporting factors between other facilities, adequate infrastructure, teachers who always provide motivation to learners, the availability of various extra-curricular activities, and many posters displayed and slogans that are loaded with character values. Inhibiting factors include different student backgrounds, history teachers have no specific instruments for assessing student character, and playgrounds outside the school environment. The conclusion of this research is the development of students' character values ​​to be urgent. Education is expected not only to make the students smart, but also character, so that its existence as a member of society becomes meaningful. Historical learning material is very strategic to develop student character. Keywords: Historical Learning, Character Education                                             

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. Keefektifan Model Pembelajaran Siklus Belajar 7E dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor ditinjau dari Penalaran Logis Peserta Didik SMAN 1 Kontukowuna oleh Haniman Dewi. G(Tesis, 2017)
  2. Analisis Promosi Jabatan Dalam Pengembangan Karier Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Muhammad Arfan(Tesis, 2018)
  3. Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Sultra Prima Lestari oleh HILMANUR(Tesis, 2018)
  4.                               IMPLEMENTASI PROGRAM DANA DESA (Studi Kasus Desa Liabalano Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna)    oleh SITI SUNARTI(Skripsi, 2018)
  5. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penguasaan Konsep Fluida Statis dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 04 Bombana oleh Marlina(Tesis, 2017)
  6. EFEKTIVITAS TUGAS PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Pada Kantor Kelurahan Kadia Kecamatan Kadia Kota Kendari)   oleh ABD. RACHMAN SYAH YUSUF(Skripsi, 2018)
  7. PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7  KENDARI oleh Tamrin(Skripsi, 2017)
  8. PENGARUH JENIS INANG TERHADAP PRODUKSI FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA LOKAL ACAULOSPORA SP. ASAL RIZOSFER KAYU KUKU [PERICOPSIS MOONIANA (THW.) THW.] DI HUTAN ALAM oleh SAMSIDAR(Skripsi, 2017)
  9. PERHITUNGAN CADANGAN NIKEL LATERIT DENGAN MEMBANDINGKAN METODE NEAREST NEIGHBOUR POINT DAN METODE INVERSE DISTANCE WEIGTHING DI BLOK B PT. SJSU KABUPATEN KONAWE UTARA oleh ASDIN(Skripsi, 2017)
  10. Pertumbuhan dan Hasil Padi Gogo Lokal (Oriza sativa L.) pada Perlakuan Bio-Invigorasi Benih Pra-Tanam dan LEISA di Kabupaten Muna Barat oleh Cornelis(Tesis, 2017)
  11. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VII SMPN 12 Konawe Selatan oleh Dewi Retnowati(Tesis, 2018)
  12. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA KENDARI DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT MISKIN (Studi Kasus Kebijakan Persaudaraan Madani) oleh Andi Syaiful Zainal(Disertasi, 2018)
  13. Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) Studi di Kabupaten Konawe Kepulauan oleh Ahmad Nur(Tesis, 2018)
  14. MOBILISASI SUMBER PAJAK DAERAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN oleh Abdul Rahman(Tesis, 2017)
  15. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT ANIMASI DI KELOMPOK B RA AL HIDAYAH NAPABALANO KABUPATEN MUNA oleh LISDAYANI(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231