Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Hubungan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Survei di SMP Negeri Kecamatan Abuki dan Tongauna)
IMRAN MARIDU
Pembimbing: Prof. Dr. H. Anwar, M.Pd dan Dr. Abd. Halim Momo, M.Si
Abstrak
Imran Maridu (G2G115033). Hubungan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Dibimbing oleh: H. Anwar dan Abd. Halim Momo). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan ada tidaknya hubungan antara: (1) disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe, (2) motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe, dan (3) disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna kabupaten Konawe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 268 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 73 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan sendiri oleh peneliti dengan terlebih dahulu diuji coba secara empirik untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) 0,579  dan koefisien deteminasi 0,3352; (2) terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) 0,533 dan koefisien deteminasi 0,2841; dan (3) terdapat  hubungan yang positif dan sangat signifikan antara disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe, seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda (Ry12) 0,748  dan koefisien deteminasi 0,5595. Kata kunci: disiplin belajar, motivasi belajar, hasil belajar bahasa Inggris
Abstract

Imran Maridu (G2G115033), “Correlation between Learning Discipline and Learning Motivation and Students’ Results of Learning English.”(Supervised by H. Anwar and Abd. Halim Momo). This study aimed to analyze and explain whether or not there was a correlation between: (1) learning discipline and results of learning English by junior high school students at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency; (2) junior high school students’ learning motivation and their results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency; (3) learning discipline combined simultaneously with learning motivation and junior high school students’ results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency. The study used a survey method and a correctional approach. Population of the study included 286 students. Samples of the study were 73 students. Data were collected using an instrument developed by the researchers himself, which had been first tried out empirically to determine its validity and reliability. The study found that: (1) there was a positive, very significant correlation between learning discipline and results of learning English by junior high school students at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency, as showed by the coefficient of correlation (ry1) 0.579 and the coefficient of determination 0.3352; (2) there was a positive, very significant correlation between junior high school students’ learning motivation and their results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency, as showed by the coefficient of correlation (ry2) 0.533 and the coefficient of determination 0. 2841; (3) there was a positive, very significant correlation between learning discipline combined simultaneously with learning motivation and junior high school students’ results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency, as indicated by the coefficient of multiple correlation (Ry12) 0.748 and the coefficient of determination 0.5595.   Keywords: learning discipline, learning motivation, results of learning English    

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MELUKIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING DI KELAS II SD NEGERI 12 ANDOOLO KECAMATAN ANDOOLO  oleh ADI SISWOYO(Tesis, 2017)
  2. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KARYA SENI TARI KELAS VI SDN 3 ANDOOLO KABUPATEN KONAWE SELATAN   oleh Siti Rosdawati(Tesis, 2017)
  3. PENERAPAN METODE INQUIRY PADA MATERI SENI RUPA UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFYCACY DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 ANDOOLO oleh Anzar Hattas(Tesis, 2017)
  4. A COMPARATIVE STUDY BETWEEN CONVENTIONAL READING STRATEGY AND KNOW, WANT, LEARN (KWL) TECHNIQUE ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT GRADE 8 OF SMP NEGERI 9 KENDARI oleh MUKTI RAMADHAN(Tesis, 2017)
  5. PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN KONAWE UTARA oleh YENI WULELE WULAA(Tesis, 2017)
  6. Hubungan Promosi Jabatan Struktural Dan Iklim Organisasi Terhadap  Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe oleh IRSANTI(Tesis, 2017)
  7. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SD Negeri 4 Wameo oleh Salmatia(Skripsi, 2017)
  8. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri Se-Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan oleh JUMIRAN(Tesis, 2017)
  9. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI WILAYAH KECAMATAN TONGAUNA KABUPATEN KONAWE oleh JEFRY CRISBIANTORO(Tesis, 2017)
  10. PENGARUH LATIHAN BACK-UP DAN SIT-UP TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNDUL PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA SMA NEGERI 3 KENDARI oleh SUDARLIN(Tesis, 2017)
  11. PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KEPALA DESA DI KABUPATEN KONAWE UTARA oleh ROBERT YANUAR VICTOR(Tesis, 2017)
  12. PENGARUH PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KEBAUPATEN KONAWE UTARA oleh HASANUDDIN(Tesis, 2017)
  13. A Comparative Study between Conventional and Flipped Classroom Delivery Mode for Teaching Writing at Grade 11 of SMAN 4 Kendari oleh BAHARUDIN(Tesis, 2017)
  14. PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA  PEGAWAI PENGELOLA ASET   KENDARAAN DINAS OPERASIONAL SKPD PEMERINTAH KABUPATEN MUNA oleh LA ODE MARJUKI(Tesis, 2017)
  15. Dampak Pembangunan Jalan Lingkar (Ring Road) Kota Kendari terhadap Pengembangan Kawasan Pertanian Di Kecamatan Puuwatu dan Kecamatan Baruga oleh Burhanuddin(Tesis, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231