Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Hubungan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Survei di SMP Negeri Kecamatan Abuki dan Tongauna)
IMRAN MARIDU
Pembimbing: Prof. Dr. H. Anwar, M.Pd dan Dr. Abd. Halim Momo, M.Si
Abstrak
Imran Maridu (G2G115033). Hubungan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Dibimbing oleh: H. Anwar dan Abd. Halim Momo). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan ada tidaknya hubungan antara: (1) disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe, (2) motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe, dan (3) disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna kabupaten Konawe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 268 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 73 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan sendiri oleh peneliti dengan terlebih dahulu diuji coba secara empirik untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) 0,579  dan koefisien deteminasi 0,3352; (2) terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) 0,533 dan koefisien deteminasi 0,2841; dan (3) terdapat  hubungan yang positif dan sangat signifikan antara disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe, seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda (Ry12) 0,748  dan koefisien deteminasi 0,5595. Kata kunci: disiplin belajar, motivasi belajar, hasil belajar bahasa Inggris
Abstract

Imran Maridu (G2G115033), “Correlation between Learning Discipline and Learning Motivation and Students’ Results of Learning English.”(Supervised by H. Anwar and Abd. Halim Momo). This study aimed to analyze and explain whether or not there was a correlation between: (1) learning discipline and results of learning English by junior high school students at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency; (2) junior high school students’ learning motivation and their results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency; (3) learning discipline combined simultaneously with learning motivation and junior high school students’ results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency. The study used a survey method and a correctional approach. Population of the study included 286 students. Samples of the study were 73 students. Data were collected using an instrument developed by the researchers himself, which had been first tried out empirically to determine its validity and reliability. The study found that: (1) there was a positive, very significant correlation between learning discipline and results of learning English by junior high school students at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency, as showed by the coefficient of correlation (ry1) 0.579 and the coefficient of determination 0.3352; (2) there was a positive, very significant correlation between junior high school students’ learning motivation and their results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency, as showed by the coefficient of correlation (ry2) 0.533 and the coefficient of determination 0. 2841; (3) there was a positive, very significant correlation between learning discipline combined simultaneously with learning motivation and junior high school students’ results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency, as indicated by the coefficient of multiple correlation (Ry12) 0.748 and the coefficient of determination 0.5595.   Keywords: learning discipline, learning motivation, results of learning English    

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. Keefektifan Model Pembelajaran Siklus Belajar 7E dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor ditinjau dari Penalaran Logis Peserta Didik SMAN 1 Kontukowuna oleh Haniman Dewi. G(Tesis, 2017)
  2. Analisis Promosi Jabatan Dalam Pengembangan Karier Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Muhammad Arfan(Tesis, 2018)
  3. Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Sultra Prima Lestari oleh HILMANUR(Tesis, 2018)
  4.                               IMPLEMENTASI PROGRAM DANA DESA (Studi Kasus Desa Liabalano Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna)    oleh SITI SUNARTI(Skripsi, 2018)
  5. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penguasaan Konsep Fluida Statis dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 04 Bombana oleh Marlina(Tesis, 2017)
  6. EFEKTIVITAS TUGAS PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Pada Kantor Kelurahan Kadia Kecamatan Kadia Kota Kendari)   oleh ABD. RACHMAN SYAH YUSUF(Skripsi, 2018)
  7. PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7  KENDARI oleh Tamrin(Skripsi, 2017)
  8. PENGARUH JENIS INANG TERHADAP PRODUKSI FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA LOKAL ACAULOSPORA SP. ASAL RIZOSFER KAYU KUKU [PERICOPSIS MOONIANA (THW.) THW.] DI HUTAN ALAM oleh SAMSIDAR(Skripsi, 2017)
  9. PERHITUNGAN CADANGAN NIKEL LATERIT DENGAN MEMBANDINGKAN METODE NEAREST NEIGHBOUR POINT DAN METODE INVERSE DISTANCE WEIGTHING DI BLOK B PT. SJSU KABUPATEN KONAWE UTARA oleh ASDIN(Skripsi, 2017)
  10. Pertumbuhan dan Hasil Padi Gogo Lokal (Oriza sativa L.) pada Perlakuan Bio-Invigorasi Benih Pra-Tanam dan LEISA di Kabupaten Muna Barat oleh Cornelis(Tesis, 2017)
  11. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VII SMPN 12 Konawe Selatan oleh Dewi Retnowati(Tesis, 2018)
  12. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA KENDARI DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT MISKIN (Studi Kasus Kebijakan Persaudaraan Madani) oleh Andi Syaiful Zainal(Disertasi, 2018)
  13. Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) Studi di Kabupaten Konawe Kepulauan oleh Ahmad Nur(Tesis, 2018)
  14. MOBILISASI SUMBER PAJAK DAERAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN oleh Abdul Rahman(Tesis, 2017)
  15. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT ANIMASI DI KELOMPOK B RA AL HIDAYAH NAPABALANO KABUPATEN MUNA oleh LISDAYANI(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231