Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Hubungan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Survei di SMP Negeri Kecamatan Abuki dan Tongauna)
IMRAN MARIDU
Pembimbing: Prof. Dr. H. Anwar, M.Pd dan Dr. Abd. Halim Momo, M.Si
Abstrak
Imran Maridu (G2G115033). Hubungan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Dibimbing oleh: H. Anwar dan Abd. Halim Momo). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan ada tidaknya hubungan antara: (1) disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe, (2) motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe, dan (3) disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna kabupaten Konawe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 268 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 73 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan sendiri oleh peneliti dengan terlebih dahulu diuji coba secara empirik untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) 0,579  dan koefisien deteminasi 0,3352; (2) terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) 0,533 dan koefisien deteminasi 0,2841; dan (3) terdapat  hubungan yang positif dan sangat signifikan antara disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMP Negeri Kecamatan  Abuki dan Tongauna Kabupaten Konawe, seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda (Ry12) 0,748  dan koefisien deteminasi 0,5595. Kata kunci: disiplin belajar, motivasi belajar, hasil belajar bahasa Inggris
Abstract

Imran Maridu (G2G115033), “Correlation between Learning Discipline and Learning Motivation and Students’ Results of Learning English.”(Supervised by H. Anwar and Abd. Halim Momo). This study aimed to analyze and explain whether or not there was a correlation between: (1) learning discipline and results of learning English by junior high school students at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency; (2) junior high school students’ learning motivation and their results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency; (3) learning discipline combined simultaneously with learning motivation and junior high school students’ results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency. The study used a survey method and a correctional approach. Population of the study included 286 students. Samples of the study were 73 students. Data were collected using an instrument developed by the researchers himself, which had been first tried out empirically to determine its validity and reliability. The study found that: (1) there was a positive, very significant correlation between learning discipline and results of learning English by junior high school students at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency, as showed by the coefficient of correlation (ry1) 0.579 and the coefficient of determination 0.3352; (2) there was a positive, very significant correlation between junior high school students’ learning motivation and their results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency, as showed by the coefficient of correlation (ry2) 0.533 and the coefficient of determination 0. 2841; (3) there was a positive, very significant correlation between learning discipline combined simultaneously with learning motivation and junior high school students’ results of learning English at Abuki and Tongauna sub-districts in Konawe regency, as indicated by the coefficient of multiple correlation (Ry12) 0.748 and the coefficient of determination 0.5595.   Keywords: learning discipline, learning motivation, results of learning English    

Tahun Tesis: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Anggalomoare” oleh WERIATIN(Skripsi, 2017)
  2. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII 2 MTs Negeri 2 Kendari oleh Astaliati(Skripsi, 2017)
  3. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BERINKUIRI PESERTA DIDIK  KELAS VIII5  SMPN 14 KENDARI PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT IPA oleh Khaerun Nisa(Skripsi, 2017)
  4. DAMPAK PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) TERHADAP HUBUNGAN KEKERABATAN (STUDI DI KECAMATAN KABAENA TIMUR KABUPATEN BOMBANA) oleh AMRAN(Skripsi, 2017)
  5. PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN MODERNISASI SISTEM PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KENDARI oleh RAHMATIA(Skripsi, 2017)
  6. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat- sifat Cahaya di kelas V SD Negeri 5 Tongkuno Selatan oleh DIANA(Skripsi, 2017)
  7.   IDENTIFIKASI  KELAYAKAN OBJEK WISATA PERMANDIAN AIR PANAS (KAREDE) DI DESA BURANGA KECAMATAN BONEGUNU KABUPATEN BUTON UTARA   oleh SYAH RUDIN(Skripsi, 2017)
  8. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 KABAWO oleh Wa Maruhi(Skripsi, 2017)
  9. Respon Pertumbuhan Kayu Kuku [Pericopsis mooniana (Thw.) Thw] Dengan Aplikasi Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) Lokal Sulawesi Tenggara oleh Wahyu Puji Raharjo(Skripsi, 2017)
  10. Aplikasi Distribusi Poisson untuk Menentukan Model Regresi Poisson Penduduk Miskin Di Provinsi Sulawesi Tenggara oleh ISNAWATI(Skripsi, 2017)
  11. KOMPOSISI JENIS DAN STRUKTUR AGRISILVIKULTUR DI DESA SUMBERSARI KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh DIANA(Skripsi, 2017)
  12. ANALISIS VEGETASI PAKAN LEBAH HUTAN SERTA WAKTU BERBUNGA DI KPHP GULARAYA KELURAHAN TOBIMEITA KECAMATAN ABELI oleh SYAMSUL(Skripsi, 2017)
  13. The Effect of Scientific Approach on Students' Reading Achievement at SMAN 1 Barangka oleh Wa Gusfitria(Skripsi, 2017)
  14. Legalitas Perkawinan Janda Yang Bercerai Diluar Pengadilan Dalam Perspektif Syariat Islam Dan Hukum Positif Studi Kasus Di Kelurahan Wasaga Kabupaten Buton oleh Agustus Suriaddin(Skripsi, 2017)
  15. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MEREK TERKENAL LEXUS DI INDONESIA (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 450 K/PDT.SUS-HKI/2014)                                                                     oleh Hamzah Kasim(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231