Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MINAT BACA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 KOTA KENDARI
HERLINA WERIANTY PAONGANAN
Pembimbing: MARSIA SUMULE G., S.Sos., M.I.Kom dan ASRUL JAYA, S.Sos., M.Si
Abstrak
ABSTRAK Herlina Werianty Paonganan. C1D415125. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari dengan pembimbing I Marsia Sumule G. S.Sos., M.I.Kom dan pembimbing II Asrul Jaya, S.Sos., M.Si. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang berpengaruh terhadap minat minat baca siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari. Lokasi penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari.  Teori yang digunakan adalah Teori Belajar Sosial dari Bandura.  Dalam penelitian ini jumlah informan sebanyak 20 orang siswa.  Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif kualitatif. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa peningkatan minat baca tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari baik faktor internal maupun faktor eksternal yang sangat berperan penting dalam rangka meningkatkan minat baca siswa seperti : faktor atensi/perhatian, faktor retensi/pengingatan, dan faktor persepsi sehingga terjadi hubungan timbal balik antara manusia dengan aspek lingkungannya. Penelitian ini diharapakn dapat memberi manfaat dan sumbangan ilmu pengetahuan bagi pustakawan khususnya Pustakawan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara.  Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat dalam perkembangan Ilmu Komunikasi khususnya pada penelitian Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Baca Siswa. KATA KUNCI : Minat Baca, Faktor-faktor Atensi, Retensi, Persepsi            Pembimbing I                                                             Mahasiswa,   Marsia Sumule G. S.Sos., M.I.Kom.                        Herlina Werianty Paonganan NIP.19760304 200604 2 001                                       NIM. C1D4 15 125                     ABSTRACT   The Problems raised in this research are what factors that influence the interest in reading interest students SMAN 5 Kendari? This study aims to: know the factors that affect reading interest of students in SMAN 5 Kendari. The research method used in this research is using qualitative research method which is research about descriptive research and tend to use analysis. The results of this study indicate that the factors that affect the interest of students reading SMAN 5 Kendari, among others, attention / attention factor is the observation of learning that gives attention to people who imitated or used as a model, is a factor that can affect reading interest of a person mainly attention in the form of speech or reprimands derived from his highly memorable environment in students who are regarded as a model and motivation to increase his reading interest. Retention factor where reading activity done by student is determined by interest of child to reading activity started by curiosity to know something from reading so as to cause reading activity and perception factor is individual treatment process that is giving response, meaning, description, or interpretation to what is seen, heard, or perceived by its senses in the form of attitudes, opinions, and behaviors or referred to as individual behavior.   KEYWORDS: Reading Interest, Attention, Retention, Perception
Abstract

ABSTRAK Herlina Werianty Paonganan. C1D415125. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari dengan pembimbing I Marsia Sumule G. S.Sos., M.I.Kom dan pembimbing II Asrul Jaya, S.Sos., M.Si. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang berpengaruh terhadap minat minat baca siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari. Lokasi penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari.  Teori yang digunakan adalah Teori Belajar Sosial dari Bandura.  Dalam penelitian ini jumlah informan sebanyak 20 orang siswa.  Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif kualitatif. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa peningkatan minat baca tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari baik faktor internal maupun faktor eksternal yang sangat berperan penting dalam rangka meningkatkan minat baca siswa seperti : faktor atensi/perhatian, faktor retensi/pengingatan, dan faktor persepsi sehingga terjadi hubungan timbal balik antara manusia dengan aspek lingkungannya. Penelitian ini diharapakn dapat memberi manfaat dan sumbangan ilmu pengetahuan bagi pustakawan khususnya Pustakawan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara.  Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat dalam perkembangan Ilmu Komunikasi khususnya pada penelitian Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Baca Siswa. KATA KUNCI : Minat Baca, Faktor-faktor Atensi, Retensi, Persepsi            Pembimbing I                                                             Mahasiswa,   Marsia Sumule G. S.Sos., M.I.Kom.                        Herlina Werianty Paonganan NIP.19760304 200604 2 001                                       NIM. C1D4 15 125                     ABSTRACT   The Problems raised in this research are what factors that influence the interest in reading interest students SMAN 5 Kendari? This study aims to: know the factors that affect reading interest of students in SMAN 5 Kendari. The research method used in this research is using qualitative research method which is research about descriptive research and tend to use analysis. The results of this study indicate that the factors that affect the interest of students reading SMAN 5 Kendari, among others, attention / attention factor is the observation of learning that gives attention to people who imitated or used as a model, is a factor that can affect reading interest of a person mainly attention in the form of speech or reprimands derived from his highly memorable environment in students who are regarded as a model and motivation to increase his reading interest. Retention factor where reading activity done by student is determined by interest of child to reading activity started by curiosity to know something from reading so as to cause reading activity and perception factor is individual treatment process that is giving response, meaning, description, or interpretation to what is seen, heard, or perceived by its senses in the form of attitudes, opinions, and behaviors or referred to as individual behavior.   KEYWORDS: Reading Interest, Attention, Retention, Perception

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH  EKSTRAK RIMPANG  JAHE PUTIH (Zingiber officinale var. Amarum) TERHADAP KEBUNTINGAN MENCIT (Mus musculus L.) TAHAP PRAIMPLANTASI oleh NUFRIANTI(Skripsi, 2017)
  2. PENGARUH EKSTRAK RIMPANG JAHE PUTIH (Zingiber officinale var. Amarum) TERHADAP KEBUNTINGAN MENCIT (Mus musculus L.) TAHAP PASCA IMPLANTASI LANJUT oleh HADIRATUL AMALIA(Skripsi, 2017)
  3. Pengembangan Produk Cokelat Batang yang Disubstitusi Teh Hijau dari Daun Tanaman Mangrove (Ceriops Sp.) oleh Sitti Askama(Skripsi, 2017)
  4. TEKNIK PENGOLAHAN DAN PERBANDINGAN KUALITAS MINYAK NILAM (Pogostemon cablin Benth) DI DESA MAROBEA DAN DESA BARAKAH KABUPATEN MUNA BARAT   oleh Muhammad Kasman(Skripsi, 2017)
  5. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERPADU SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT PADA KELAS X-MIA 2 SMA NEGERI 8 KENDARI   oleh AMALIA SULISKA EKA WULANDARI(Skripsi, 2017)
  6. Pertumbuhan Bibit Angsana (Pterocarpus indicus Willd) dengan Aplikasi Fungi Mikoriza Arbuskula Lokal oleh Genvil Rafikasera(Skripsi, 2017)
  7. MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI METODE PROYEK DI KELOMPOK B SENTRA BALOK TK ADHYAKSA XII KENDARI oleh WA ODE AYUNING(Skripsi, 2017)
  8. MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSOAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN TEBAK EKSPRESI DI KELOMPOK B TK PGRI TAMPO KABUPATEN MUNA oleh ARIASTI(Skripsi, 2017)
  9. KEWENANGAN POLRI DALAM MELAKSANAKAN UPAYA PAKSA PENANGKAPAN PELAKU TINDAK PIDANA PENIPUAN  (Studi Laporan Polisi Nomor : LP/585/Ix/2014/Sultra/Res.Kdi/Sek.Mdg) oleh HENDRAWAN SUPRATIKNO ADNAN(Skripsi, 2017)
  10. MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN BONGKAR PASANG PUZZLE LOGIKA DI KELOMPOK B TK WULELE SANGGULA II KOTA KENDARI oleh WA ODE FITRI(Skripsi, 2017)
  11. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Penerapan Model Problem Based Learning di Kelas V-b SDN 12 Poasia oleh LISRAWATI(Skripsi, 2017)
  12. SEJARAH KEDATANGAN ORANG TOLAKI DI DESA WUNGKOLO KECAMATAN WAWONII SELATAN KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN TAHUN 1930 - 2016 oleh RILLY(Skripsi, 2017)
  13. KARAKTERISTIK TELUR TETAS PARENT STOCK AYAM BROILER YANG DIFUMIGASI DAN TANPA FUMIGASI oleh FIFI HARIANI(Skripsi, 2017)
  14. “NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PELAKSANAAN ACARA RATIBU (studi di kecamatan wadaga kabupaten muna barat)” oleh YUNUS(Skripsi, 2016)
  15.   PENGARUH  UMUR POTONG TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN BAGIAN-BAGIAN KARKAS AYAM BROILER     oleh YANA WATI(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231