Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MINAT BACA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 KOTA KENDARI
HERLINA WERIANTY PAONGANAN
Pembimbing: MARSIA SUMULE G., S.Sos., M.I.Kom dan ASRUL JAYA, S.Sos., M.Si
Abstrak
ABSTRAK Herlina Werianty Paonganan. C1D415125. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari dengan pembimbing I Marsia Sumule G. S.Sos., M.I.Kom dan pembimbing II Asrul Jaya, S.Sos., M.Si. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang berpengaruh terhadap minat minat baca siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari. Lokasi penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari.  Teori yang digunakan adalah Teori Belajar Sosial dari Bandura.  Dalam penelitian ini jumlah informan sebanyak 20 orang siswa.  Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif kualitatif. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa peningkatan minat baca tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari baik faktor internal maupun faktor eksternal yang sangat berperan penting dalam rangka meningkatkan minat baca siswa seperti : faktor atensi/perhatian, faktor retensi/pengingatan, dan faktor persepsi sehingga terjadi hubungan timbal balik antara manusia dengan aspek lingkungannya. Penelitian ini diharapakn dapat memberi manfaat dan sumbangan ilmu pengetahuan bagi pustakawan khususnya Pustakawan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara.  Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat dalam perkembangan Ilmu Komunikasi khususnya pada penelitian Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Baca Siswa. KATA KUNCI : Minat Baca, Faktor-faktor Atensi, Retensi, Persepsi            Pembimbing I                                                             Mahasiswa,   Marsia Sumule G. S.Sos., M.I.Kom.                        Herlina Werianty Paonganan NIP.19760304 200604 2 001                                       NIM. C1D4 15 125                     ABSTRACT   The Problems raised in this research are what factors that influence the interest in reading interest students SMAN 5 Kendari? This study aims to: know the factors that affect reading interest of students in SMAN 5 Kendari. The research method used in this research is using qualitative research method which is research about descriptive research and tend to use analysis. The results of this study indicate that the factors that affect the interest of students reading SMAN 5 Kendari, among others, attention / attention factor is the observation of learning that gives attention to people who imitated or used as a model, is a factor that can affect reading interest of a person mainly attention in the form of speech or reprimands derived from his highly memorable environment in students who are regarded as a model and motivation to increase his reading interest. Retention factor where reading activity done by student is determined by interest of child to reading activity started by curiosity to know something from reading so as to cause reading activity and perception factor is individual treatment process that is giving response, meaning, description, or interpretation to what is seen, heard, or perceived by its senses in the form of attitudes, opinions, and behaviors or referred to as individual behavior.   KEYWORDS: Reading Interest, Attention, Retention, Perception
Abstract

ABSTRAK Herlina Werianty Paonganan. C1D415125. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari dengan pembimbing I Marsia Sumule G. S.Sos., M.I.Kom dan pembimbing II Asrul Jaya, S.Sos., M.Si. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang berpengaruh terhadap minat minat baca siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari. Lokasi penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari.  Teori yang digunakan adalah Teori Belajar Sosial dari Bandura.  Dalam penelitian ini jumlah informan sebanyak 20 orang siswa.  Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif kualitatif. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa peningkatan minat baca tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Kendari baik faktor internal maupun faktor eksternal yang sangat berperan penting dalam rangka meningkatkan minat baca siswa seperti : faktor atensi/perhatian, faktor retensi/pengingatan, dan faktor persepsi sehingga terjadi hubungan timbal balik antara manusia dengan aspek lingkungannya. Penelitian ini diharapakn dapat memberi manfaat dan sumbangan ilmu pengetahuan bagi pustakawan khususnya Pustakawan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara.  Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat dalam perkembangan Ilmu Komunikasi khususnya pada penelitian Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Baca Siswa. KATA KUNCI : Minat Baca, Faktor-faktor Atensi, Retensi, Persepsi            Pembimbing I                                                             Mahasiswa,   Marsia Sumule G. S.Sos., M.I.Kom.                        Herlina Werianty Paonganan NIP.19760304 200604 2 001                                       NIM. C1D4 15 125                     ABSTRACT   The Problems raised in this research are what factors that influence the interest in reading interest students SMAN 5 Kendari? This study aims to: know the factors that affect reading interest of students in SMAN 5 Kendari. The research method used in this research is using qualitative research method which is research about descriptive research and tend to use analysis. The results of this study indicate that the factors that affect the interest of students reading SMAN 5 Kendari, among others, attention / attention factor is the observation of learning that gives attention to people who imitated or used as a model, is a factor that can affect reading interest of a person mainly attention in the form of speech or reprimands derived from his highly memorable environment in students who are regarded as a model and motivation to increase his reading interest. Retention factor where reading activity done by student is determined by interest of child to reading activity started by curiosity to know something from reading so as to cause reading activity and perception factor is individual treatment process that is giving response, meaning, description, or interpretation to what is seen, heard, or perceived by its senses in the form of attitudes, opinions, and behaviors or referred to as individual behavior.   KEYWORDS: Reading Interest, Attention, Retention, Perception

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SMA NEGERI 6 KENDARI oleh DEWA MADE DONI AFRIAWAN(Tesis, 2018)
  2. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kolaka Timur oleh HERMANSYAH MA'MIR(Tesis, 2018)
  3. Konstruksi Tes Diagnostik untuk Mendiagnosis Miskonsepsi Peserta didik  SMA pada  Materi Listrik Dinamis oleh Ika Novrina(Tesis, 2018)
  4. PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI  UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS  V SDN 6 BATALAIWORU oleh ALMAMA(Skripsi, 2017)
  5. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Basic for Aplication (VBA) dan Spreadsheet Excel pada Materi Pokok Radioaktivitas di SMA oleh Majenun(Tesis, 2017)
  6. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Kendari oleh Saleha(Tesis, 2018)
  7. Karakteristik segmen gen COI (Cytochrome Oxidase Subunit I) DNA Mitokondria Plusia chalcites (famili : Noctuidae, Ordo : Lepidoptera) oleh Marwansyah(Skripsi, 2017)
  8. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Langsung dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Listrik Dinamis dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Siompu oleh IRHAM(Tesis, 2017)
  9. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran Langsung Dengan Strategi Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Hasil belajar Ranah Kognitif Pada Materi Suhu Dan Kalor Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Peserta Didik SMAN 10 Kendari oleh Nuzul Quryati Hartawati(Tesis, 2017)
  10. Students' Perception and Preference toward Written Feedback in Learning of Writing oleh Rafan Agusti(Skripsi, 2017)
  11. Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Langgea Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan oleh La Ode Marhini(Tesis, 2018)
  12. Analisis Kelayakan Pengembangan Obyek Wisata Pantai Nirwana Kota Baubau oleh Muh. Kamal Gani S.(Tesis, 2018)
  13. Keefektifan Model Pembelajaran Siklus Belajar 7E dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor ditinjau dari Penalaran Logis Peserta Didik SMAN 1 Kontukowuna oleh Haniman Dewi. G(Tesis, 2017)
  14. Analisis Promosi Jabatan Dalam Pengembangan Karier Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Muhammad Arfan(Tesis, 2018)
  15. Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Sultra Prima Lestari oleh HILMANUR(Tesis, 2018)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231