Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X MA AL-JANNAH LABUAN
WA MURNI
Pembimbing: Dr. FAHYUDDIN, S.Pd., M.Si dan RAHMANPIU, S.Pd., M.Si
Abstrak
  ABSTRAK   WA MURNI (A1C4 13 053). Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Melalui Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Jigsaw  pada Kelas X MA Al-Jannah Labuan (dibimbing oleh Dr. Fahyuddin, S.Pd., M.Si. dan Rahmanpiu, S.Pd., M.Si.).                                         Telah dilakukan penelitian Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas X MA Al-Jannah Labuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa kelas MA Al-Jannah Labuan pada materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 19 siswa kelas X MA Al-Jannah Labuan yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017. Instrument penelitian yang digunakan adalah butir tes, lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 57,36 dan siklus II sebesar 77,36. Dengan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 42,10 % dan siklus II sebesar 89,47 %. Presentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 64,5 % sedengkan pada siklus II meningkat menjadi  84,33 %, serta presentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 72,41 % dan pada siklus II sebesar 100 %  .           Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw  
Abstract

                                              ABSTRACT   WA MURNI (A1C4 13 053). Improving Student Chemistry Results on Electrolyte and Nonelectrolyte Coating Material Through Jigsaw Type Co-operative Model in Class X MA Al-Jannah Labuan (guided by Dr. Fahyuddin, S.Pd., M.Si. and Rahmanpiu, S.Pd., M .Si.).                  Research has been done to Improve Student Chemistry Study on Electrolyte and Nonelectrolyte Solution Material through Jigsaw Type Co-operative Model in Class X MA Al-Jannah Labuan. This study aims to determine the improvement of students' learning outcomes of MA Al-Jannah Labuan in Electrolyte and Nonelectrolyte Solution materials through Jigsaw type cooperative learning model. The type of this research is Classroom Action Research (PTK) which is implemented in 2 (two) cycles. Subjects in this study were 19 students class X MA Al-Jannah Labuan registered academic year 2016/2017. The research instruments used were test items, student activity observation sheets and teacher activities. The results of this study indicate that the average value of student learning outcomes in the first cycle of 57.36 and cycle II of 77.36. With learning completeness in cycle I of 42,10% and cycle II equal to 89,47%. The percentage of student activity in the first cycle was 64.5% while in cycle II it increased to 84.33%, and the percentage of teacher activity in cycle I was 72,41% and in cycle II was 100%.   Keywords: Learning Outcomes, Jigsaw Cooperative Learning Model  

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. Komunikasi Persuasif Pustakawan dalam Peminjaman Koleksi pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Kulisusu Kabupaten Buton Utara oleh EKA SRI WAHYUNI(Skripsi, 2017)
  2. JENIS-JENIS TUMBUHAN HERBA YANG TERDAPAT DI KAWASAN HUTAN LALAPINI DESA LAMETONO KECAMATAN LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA oleh Mega putri(Skripsi, 2017)
  3. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI POKOK TINDAKAN-TINDAKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS XI IPS5 DI SMA NEGERI 3 KENDARI oleh ASKAL ISWANTO(Skripsi, 2017)
  4. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Anggalomoare” oleh WERIATIN(Skripsi, 2017)
  5. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII 2 MTs Negeri 2 Kendari oleh Astaliati(Skripsi, 2017)
  6. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BERINKUIRI PESERTA DIDIK  KELAS VIII5  SMPN 14 KENDARI PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT IPA oleh Khaerun Nisa(Skripsi, 2017)
  7. DAMPAK PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) TERHADAP HUBUNGAN KEKERABATAN (STUDI DI KECAMATAN KABAENA TIMUR KABUPATEN BOMBANA) oleh AMRAN(Skripsi, 2017)
  8. PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN MODERNISASI SISTEM PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KENDARI oleh RAHMATIA(Skripsi, 2017)
  9. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat- sifat Cahaya di kelas V SD Negeri 5 Tongkuno Selatan oleh DIANA(Skripsi, 2017)
  10.   IDENTIFIKASI  KELAYAKAN OBJEK WISATA PERMANDIAN AIR PANAS (KAREDE) DI DESA BURANGA KECAMATAN BONEGUNU KABUPATEN BUTON UTARA   oleh SYAH RUDIN(Skripsi, 2017)
  11. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 KABAWO oleh Wa Maruhi(Skripsi, 2017)
  12. Respon Pertumbuhan Kayu Kuku [Pericopsis mooniana (Thw.) Thw] Dengan Aplikasi Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) Lokal Sulawesi Tenggara oleh Wahyu Puji Raharjo(Skripsi, 2017)
  13. Aplikasi Distribusi Poisson untuk Menentukan Model Regresi Poisson Penduduk Miskin Di Provinsi Sulawesi Tenggara oleh ISNAWATI(Skripsi, 2017)
  14. KOMPOSISI JENIS DAN STRUKTUR AGRISILVIKULTUR DI DESA SUMBERSARI KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh DIANA(Skripsi, 2017)
  15. ANALISIS VEGETASI PAKAN LEBAH HUTAN SERTA WAKTU BERBUNGA DI KPHP GULARAYA KELURAHAN TOBIMEITA KECAMATAN ABELI oleh SYAMSUL(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231