Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

MENINGKATKAN PENGENALAN SENI KREATIF ANAK MELALUI PEMANFAATAN KAIN PERCA DI KELOMPOK B TK TUNAS MAKARTI KENDARI
NUR HASANAH
Pembimbing: Dr. Hj. Aisyah, S.Pd., M.Pd dan Dr. Salwiah, S.Pd., M.Pd
Abstrak
ABSTRAK Nur Hasanah. 2017. “Meningkatkan Pengenalan Seni Kreatif Anak melalui Pemanfaatan Kain Perca di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari”. Jurusan  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing I Ibu Hj. Aisyah dan pembimbing II Ibu Salwiah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pengenalan seni kreatif anak melalui pemanfaatan kain perca di kelompok B TK Tunas Makarti Kendari?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengenalan seni kreatif anak melalui pemanfaatan kain perca di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak  didik di Kelompok B-5 TK Tunas Makarti Kendari yang berjumlah 15 orang anak didik yang terdiri dari 8 anak didik laki-laki dan 7 anak didik perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil belajar anak tentang peningkatan pengenalan seni kreatif anak melalui pemanfaatan kain perca di kelompok B diperoleh persentase ketercapaian sebesar 60% atau 9 anak didik dan ada 6 anak didik yang tidak mengalami ketercapaian atau sebesar 40%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketercapaian sebesar 87% atau 13 anak didik, sedangkan anak didik yang tidak mengalami ketercapaian sebesar 13% atau 2 anak didik dari jumlah peserta 15 anak didik. Berdasarkan hasil analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I sebanyak 14 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 71% atau 10 aspek yang tercapai dan ada 4 aspek yang tidak mengalami ketercapian atau sebesar 29%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketercapaian sebesar 93% atau 13 aspek yang tercapai dan 7% atau 1 aspek yang tidak tercapai. Pada aktivitas belajar anak didik siklus I dari 13 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 62% atau 8 aspek yang tercapai dan 38% atau 5 aspek yang tidak tercapai, sedangkan aktivitas belajar anak siklus II mengalami peningkatan menjadi 92% atau 12 aspek yang tercapai dan sebesar 8% atau 1 aspek yang tidak tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengenalan seni kreatif anak dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan kain perca di kelompok B-5 TK Tunas Makarti Kendari.   Kata kunci: seni kreatif anak, pemanfaatan kain perca
Abstract

ABSTRACT Nur Hasanah. 2017. "The Increasing of Children Creative Art Identification through the Scraps of Clothes Utilization in Group B TK Tunas Makarti Kendari". Department of Teacher Education Early Childhood Education, Faculty of Teacher Training and Education Halu Oleo University. The first advisor by Mrs. Hj. Aisyah and the second advisor by Mrs. Salwiah. The formulation of the problem in this research is how to increased the children creative art identification through the scraps of clothes utilization in group B TK Tunas Makarti Kendari?. This study aims to increased the children creative art identification through the scraps of clothes utilization in group B TK Tunas Makarti Kendari. The type of the research is a classroom action research. This study was conducted in two cycles. Stages in this study follows a classroom action research procedures, namely: (1) planning, (2) implementation, (3) observation and (4) reflection. Subjects in this study were teachers and students in group B-5 TK Tunas Makarti Kendari which amount to 15 children consist of 8 boys and 7 girls by interval age of 5-6 year. Based on the students learning outcomes about increased the children creative art identification through scraps of clothes utilization in group B TK Tunas Makarti Kendari obtained percentage achieved to 60% or 9 students and there are 6 students unreached or 40%. And increased in the second cycle by percentage of achieved to 87% or 13 students, while the children unreached to 13% or 2 students from the number of 15 participants students. Based on the results of data analysis of teacher teaching activities in the first cycle  amount to 14 aspects obtained percentage of achieved to 71% or 10 aspects are achieved and there are 4 aspects reached or 29% unreached. At the second cycle  increased with percentage of achieved to 93% or 13 aspects achieved and 7% or 1 aspect unreached. In the students learning activities at the first cycle from 13 aspects obtained percentage achieved to 62% or 8 aspects achieved and 38% or 5 aspects unreached, while the students learning activities at the second cycle increased to 92% or 12 aspects are achieved and 8 % or 1 aspect unreached. The research can be concluded that the children creative art identification can be increased through the scraps of clothes utilization in group B TK Tunas Makarti Kendari.   Keywords: children creative art, scraps of clothes utilization 

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. EFEKTIVITAS PESTISIDA NABATI CAMPURAN EKSTRAK KULIT JAMBU METE (Anacardium occidentale) DAN DAUN KOMBA-KOMBA (Chromolaena odorata) TERHADAP Phytophthora palmivora PENYEBAB PENYAKIT BUSUK BUAH KAKAO   oleh MUNARDIN BASANUNGGU(Tesis, 2018)
  2. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 POASIA oleh HASNIAJI(Tesis, 2018)
  3. PENGARUH PARTISIPASI PENGANGGARAN, KOMITMEN KARYAWAN DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN. oleh MUHAMMAD ARIF SYAM(Tesis, 2017)
  4. POTENSI DAN KENDALA PENGEMBANGAN KAWASAN SENTRAL PETERNAKAN RAKYAT(SPR) SAPI POTONG DI KABUPATEN MENA BARAT oleh SAHAR SAKARUM(Skripsi, 2017)
  5. ANALISIS RENCANA RELOKASI WARGA AKIBAT PEMBANGUNAN BENDUNGAN PELOSIKA oleh TAUFIK(Tesis, 2018)
  6. UJI AKTIVITAS PERBAIKAN FUNGSI GINJAL EKSTRAK ETANOL LANSAU KHAS SUKU MUNA TERHADAP TIKUS PUTIH WISTAR JANTAN oleh IMELDA SARDA SOLEMAN (Skripsi, 2018)
  7. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM MESIN  oleh AYNUDIN(Skripsi, 2017)
  8. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM PRESTASI MESIN  oleh GAFAR SALAM (Skripsi, 2017)
  9. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM PRESTASI MESIN oleh ANDI FAJAR(Skripsi, 2017)
  10. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Penatausahaan Keuangan Daerah Kabupaten Kolaka Timur oleh ahrul(Tesis, 2017)
  11. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KENDARI oleh RANI(Skripsi, 2017)
  12. ANALISIS PENGEMBANGAN EKOWISATA MANGROVE KOTA KENDARI oleh MURNI(Tesis, 2018)
  13. ANALISIS RENCANA TATA BANGUNAN DAN LINGKUNGAN (RTBL) PULAU BUNGKU TOKO KOTA KENDARI oleh LA LIUSU(Tesis, 2018)
  14. ANALISIS PEMBANGUNAN WILAYAH BERBASIS SEKTOR UNGGULAN KOTA KENDARI PROPINSI SULAWESI TENGGARA oleh ENDANG ABUBAKAR(Tesis, 2018)
  15. KEMAMPUAN NUMERIK SISWA SMP PESISIR DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (STUDI SMP NEGERI 11 KENDARI) oleh SARNITA(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231