Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IVSD Negeri 06 Baruga.
dzulfaliyani madi
Pembimbing: Muhamad Abas,S.Pd., M.Si. dan Drs. H. La Ode Raffiudin R., M.Pd.
Abstrak
ABSTRAK Dzulfaliyani Madi, 2017. Penerapan model pembelajaran Kooperatif TipeTeamsGames Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IVSD Negeri 06 Baruga. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo. Pembimbing: 1) Muhammad Abas, S.Pd.,M.Si. dan 2) Drs. H. La Ode Rafiuddin, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial IPS pada materi pokok Teknologi Produksi, Transportasi Dan Komunikasi bagi siswa kelas IV SD Negeri 06 Baruga kota kendari?Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa pada materi Teknologi Produksi, Transportasi Dan Komunikasi melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SD Negeri 06 Baruga.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diambil dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes hasil belajar siswa. Setting penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di SD Negeri 06 Baruga.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVSD Negeri 06 Baruga yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan.Pelaksanaan tindakan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas sebagai berikut; 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan dan observasi; 3) evaluasi; 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 dari 22 siswa 10 orang siswa yang  tuntas dengan persentase ketuntasan 45,45% dengan rata-rata 59,54yang mencapai nilai KKM. Pada siklus 2 mengalami peningkatan yaitu dari jumlah 22 siswa 18 siswa tuntas dengan persentase ketuntasan 81,81% dengan rata-rata 73,18 telah mencapai standar nilai KKM. Berdasarkan analisis data hasil pengamatan aktivitas mengajar guru dan aktivitas siswa diperoleh persentase ketercapaian pada siklus 1 dari 100% menjadi 87,5%, sedangkan persentase ketercapaian pada siklus 2 dari 75% meningkat menjadi 75%.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Teknologi Produksi, Transportasi Dan Komunikasi di Kelas IV SD Negeri 06 Baruga. Peneliti menyarankan hal-hal sebagai berikut: 1) bagi sekolah, dapat menerapkan model pembelajaran TGT karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 2) bagi guru, model pembelajaran TGT dapat membangun dan mengembangkan kemampuan kognitif siswa, 3) bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan dalam melaksanakan penelitian untuk meningkankan tujuan pembelajaran.   Kata-kata kunci: Teams Games Tournamen, hasil belajar siswa.
Abstract

ABSTRACT Dzulfaliyani Madi, 2017. Application of Cooperative Learning Model TypeTeamsGames Tournament (TGT) in Improving Student Learning Outcomes in Social Science Subjects IVSD Negeri Baruga 6th Class. Department of Primary School Teacher Education FKIP Halu Oleo University. Advisor: 1) Muhammad Abas, S.Pd., M.Si. and 2) Drs. H. La Ode Rafiuddin, M.Pd.  The formulation of the problem in this research is whether Cooperative Teams Games Tournament (TGT) model can improve the social science learning result of IPS on the subject matter of Production, Transportation and Communication Technology for fourth grade students of SD Negeri 06 Baruga city kendari The purpose of this research is to improve the learning outcomes of Social Science (IPS) students on Production Technology, Transportation and Communication materials through Cooperative Teams Game Tournament (TGT) model in grade IV SD Negeri 06 Baruga. This type of research is a classroom action research. Data in this research is qualitative data and quantitative data. Qualitative data is taken by using observation sheet, while the quantitative data is obtained through student learning result test. Setting of this class action research has been conducted in SD Negeri 06 Baruga.Subjek this research is all students of class IVSD 06 Baruga registered in semester of the academic year 2016/2017 with the number of students as much as 22 students, consisting of 10 male students and 12 female students. Implementation of the action follows classroom action research procedures as follows; 1) planning; 2) implementation of action and observation; 3) evaluation; 4) reflection. This study was conducted in two cycles. Based on the results of the study, there is an increase in student learning outcomes from cycle 1 to cycle 2. In cycle 1 of 22 students 10 complete students with a percentage mastery of 45.45% with an average of 59.54 which reached the value KKM. In cycle 2 has an increase of 22 students from 18 students complete with a percentage of 81.81% completeness with an average of 73.18 has reached the standard value of KKM. Based on data analysis of observation result of teacher teaching activity and student activity, the percentage of achievement in cycle 1 from 100% to 87,5%, while the percentage of achievement in cycle 2 from 75% increased to 75%. It can be concluded that by applying TGT approach can improve yield student learning on materials Production Technology, Transportation And Communication in Class IV SD Negeri 06 Baruga. The researcher suggested the following things: 1) for the school, can apply TGT learning model because it can improve student learning outcomes, 2) for teachers, TGT learning model can build and develop students cognitive ability, 3) for the researcher, serve as reference material in conducting research to tackle learning objectives.  Keywords: Teams Games Tournament, student learning outcomes.    

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SMA NEGERI 6 KENDARI oleh DEWA MADE DONI AFRIAWAN(Tesis, 2018)
  2. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kolaka Timur oleh HERMANSYAH MA'MIR(Tesis, 2018)
  3. Konstruksi Tes Diagnostik untuk Mendiagnosis Miskonsepsi Peserta didik  SMA pada  Materi Listrik Dinamis oleh Ika Novrina(Tesis, 2018)
  4. PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI  UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS  V SDN 6 BATALAIWORU oleh ALMAMA(Skripsi, 2017)
  5. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Basic for Aplication (VBA) dan Spreadsheet Excel pada Materi Pokok Radioaktivitas di SMA oleh Majenun(Tesis, 2017)
  6. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Kendari oleh Saleha(Tesis, 2018)
  7. Karakteristik segmen gen COI (Cytochrome Oxidase Subunit I) DNA Mitokondria Plusia chalcites (famili : Noctuidae, Ordo : Lepidoptera) oleh Marwansyah(Skripsi, 2017)
  8. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Langsung dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Listrik Dinamis dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Siompu oleh IRHAM(Tesis, 2017)
  9. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran Langsung Dengan Strategi Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Hasil belajar Ranah Kognitif Pada Materi Suhu Dan Kalor Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Peserta Didik SMAN 10 Kendari oleh Nuzul Quryati Hartawati(Tesis, 2017)
  10. Students' Perception and Preference toward Written Feedback in Learning of Writing oleh Rafan Agusti(Skripsi, 2017)
  11. Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Langgea Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan oleh La Ode Marhini(Tesis, 2018)
  12. Analisis Kelayakan Pengembangan Obyek Wisata Pantai Nirwana Kota Baubau oleh Muh. Kamal Gani S.(Tesis, 2018)
  13. Keefektifan Model Pembelajaran Siklus Belajar 7E dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor ditinjau dari Penalaran Logis Peserta Didik SMAN 1 Kontukowuna oleh Haniman Dewi. G(Tesis, 2017)
  14. Analisis Promosi Jabatan Dalam Pengembangan Karier Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Muhammad Arfan(Tesis, 2018)
  15. Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Sultra Prima Lestari oleh HILMANUR(Tesis, 2018)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231