Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kleas IV SDN 12 Kendari
Krisdayanti Yakub
Pembimbing: Drs. La Rabani, S. Pd,. M. Pd dan Drs. Ahid Hidayat, M. Hum
Abstrak
ABSTRAK Krisdayanti Yakub 2017. “Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SDN 12 Kendari”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Halu Oleo. Pembimbing: (1) Drs. La Rabani, S.Pd, M.Pd dan (2) Drs. Ahid Hidayat, M. Hum. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut. “Apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 12 Kendari?” Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan keterampilan menulis dengan pendekatan kontekstual siswa kelas IV SDN 12 Kendari. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam lima tahap yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi dalam setiap siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan pokok bahasan menulis karangan.Hasil penelitian ini, menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes siklus I, ketuntasan klasikal mencapai 72% atau sudah ada 17 orang siswa dari 25 orang siswa yang tuntas KKM dengan nilai rata-rata 72,25. Kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88% tuntas secara klasikal, artinya sebanyak 22 orang siswa dari 25 orang siswa sudah tuntas KKM, dengan nilai rata￾rata meningkat menjadi 78. Dan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus telah mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75% siswa harus mencapai nilai ≥70 maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hal ini pun juga berdampak pada aktivitas guru dan aktivitas siswa, berdasarkan observasi yang dilakukan dengan meningkatnya hasil belajar siswa maka aktivitas guru dan siswa pun ikut meningkat. Kata kunci: keterampilan menulis karangan, pendekatan kontekstual.
Abstract

ABSTRACT Krisdayanti Yakub 2017. "Implementation of Contextual Approach to Improve Writing Skill of Fourth Grade Students of SDN 12 Kendari". Essay. Department of Elementary School Teacher Education, FKIP Halu Oleo University. Supervisor: (1) Drs. La Rabani, S. Pd, M.Pd and (2) Drs. Ahid Hidayat,M.Hum. This research is a classroom action research. The research problem is formulated as follows. "Is the application of contextual approach can improve the writing skill of fourth graders of SDN 12 Kendari?" The purpose of this research is to improve writing skill with contextual approach of fourth grade students of SDN 12 Kendari. This classroom action research procedure is carried out in five phases including: planning, action implementation, observation and evaluation and reflection in each cycle. This classroom action research is conductedin two cycles. Each cycle consists of two meetings with a written essay. The results of this study, showing improvement in student learning outcomes. Based on the results of the first cycle test, classical completeness reached 72% or here are 17 students from 25 students who complete the KKM with an average value of 72.25. Then increased in cycle II to 88% complete classically, meaning that as many as 22 students from 25 students have completed KKM, with the average value increased to 78. And the results of observation, evaluation and reflection on each cycle has reached the predetermined KKM By school that is 75% of student have to reach value ≥70 hence can be concluded that applying of contextual approach can improve student writing skill. This also affects the activity of teachers and student activities, based on observations made with the increase of student learning results, the activity of teachers and students also increased.  Keywords: writing skill, contextual approach.

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MELUKIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING DI KELAS II SD NEGERI 12 ANDOOLO KECAMATAN ANDOOLO  oleh ADI SISWOYO(Tesis, 2017)
  2. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KARYA SENI TARI KELAS VI SDN 3 ANDOOLO KABUPATEN KONAWE SELATAN   oleh Siti Rosdawati(Tesis, 2017)
  3. PENERAPAN METODE INQUIRY PADA MATERI SENI RUPA UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFYCACY DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 ANDOOLO oleh Anzar Hattas(Tesis, 2017)
  4. A COMPARATIVE STUDY BETWEEN CONVENTIONAL READING STRATEGY AND KNOW, WANT, LEARN (KWL) TECHNIQUE ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT GRADE 8 OF SMP NEGERI 9 KENDARI oleh MUKTI RAMADHAN(Tesis, 2017)
  5. PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN KONAWE UTARA oleh YENI WULELE WULAA(Tesis, 2017)
  6. Hubungan Promosi Jabatan Struktural Dan Iklim Organisasi Terhadap  Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe oleh IRSANTI(Tesis, 2017)
  7. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SD Negeri 4 Wameo oleh Salmatia(Skripsi, 2017)
  8. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri Se-Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan oleh JUMIRAN(Tesis, 2017)
  9. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI WILAYAH KECAMATAN TONGAUNA KABUPATEN KONAWE oleh JEFRY CRISBIANTORO(Tesis, 2017)
  10. PENGARUH LATIHAN BACK-UP DAN SIT-UP TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNDUL PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA SMA NEGERI 3 KENDARI oleh SUDARLIN(Tesis, 2017)
  11. PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KEPALA DESA DI KABUPATEN KONAWE UTARA oleh ROBERT YANUAR VICTOR(Tesis, 2017)
  12. PENGARUH PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KEBAUPATEN KONAWE UTARA oleh HASANUDDIN(Tesis, 2017)
  13. A Comparative Study between Conventional and Flipped Classroom Delivery Mode for Teaching Writing at Grade 11 of SMAN 4 Kendari oleh BAHARUDIN(Tesis, 2017)
  14. PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA  PEGAWAI PENGELOLA ASET   KENDARAAN DINAS OPERASIONAL SKPD PEMERINTAH KABUPATEN MUNA oleh LA ODE MARJUKI(Tesis, 2017)
  15. Dampak Pembangunan Jalan Lingkar (Ring Road) Kota Kendari terhadap Pengembangan Kawasan Pertanian Di Kecamatan Puuwatu dan Kecamatan Baruga oleh Burhanuddin(Tesis, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231