Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kleas IV SDN 12 Kendari
Krisdayanti Yakub
Pembimbing: Drs. La Rabani, S. Pd,. M. Pd dan Drs. Ahid Hidayat, M. Hum
Abstrak
ABSTRAK Krisdayanti Yakub 2017. “Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SDN 12 Kendari”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Halu Oleo. Pembimbing: (1) Drs. La Rabani, S.Pd, M.Pd dan (2) Drs. Ahid Hidayat, M. Hum. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut. “Apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 12 Kendari?” Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan keterampilan menulis dengan pendekatan kontekstual siswa kelas IV SDN 12 Kendari. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam lima tahap yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi dalam setiap siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan pokok bahasan menulis karangan.Hasil penelitian ini, menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes siklus I, ketuntasan klasikal mencapai 72% atau sudah ada 17 orang siswa dari 25 orang siswa yang tuntas KKM dengan nilai rata-rata 72,25. Kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88% tuntas secara klasikal, artinya sebanyak 22 orang siswa dari 25 orang siswa sudah tuntas KKM, dengan nilai rata￾rata meningkat menjadi 78. Dan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus telah mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75% siswa harus mencapai nilai ≥70 maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hal ini pun juga berdampak pada aktivitas guru dan aktivitas siswa, berdasarkan observasi yang dilakukan dengan meningkatnya hasil belajar siswa maka aktivitas guru dan siswa pun ikut meningkat. Kata kunci: keterampilan menulis karangan, pendekatan kontekstual.
Abstract

ABSTRACT Krisdayanti Yakub 2017. "Implementation of Contextual Approach to Improve Writing Skill of Fourth Grade Students of SDN 12 Kendari". Essay. Department of Elementary School Teacher Education, FKIP Halu Oleo University. Supervisor: (1) Drs. La Rabani, S. Pd, M.Pd and (2) Drs. Ahid Hidayat,M.Hum. This research is a classroom action research. The research problem is formulated as follows. "Is the application of contextual approach can improve the writing skill of fourth graders of SDN 12 Kendari?" The purpose of this research is to improve writing skill with contextual approach of fourth grade students of SDN 12 Kendari. This classroom action research procedure is carried out in five phases including: planning, action implementation, observation and evaluation and reflection in each cycle. This classroom action research is conductedin two cycles. Each cycle consists of two meetings with a written essay. The results of this study, showing improvement in student learning outcomes. Based on the results of the first cycle test, classical completeness reached 72% or here are 17 students from 25 students who complete the KKM with an average value of 72.25. Then increased in cycle II to 88% complete classically, meaning that as many as 22 students from 25 students have completed KKM, with the average value increased to 78. And the results of observation, evaluation and reflection on each cycle has reached the predetermined KKM By school that is 75% of student have to reach value ≥70 hence can be concluded that applying of contextual approach can improve student writing skill. This also affects the activity of teachers and student activities, based on observations made with the increase of student learning results, the activity of teachers and students also increased.  Keywords: writing skill, contextual approach.

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. Keefektifan Model Pembelajaran Siklus Belajar 7E dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor ditinjau dari Penalaran Logis Peserta Didik SMAN 1 Kontukowuna oleh Haniman Dewi. G(Tesis, 2017)
  2. Analisis Promosi Jabatan Dalam Pengembangan Karier Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Muhammad Arfan(Tesis, 2018)
  3. Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Sultra Prima Lestari oleh HILMANUR(Tesis, 2018)
  4.                               IMPLEMENTASI PROGRAM DANA DESA (Studi Kasus Desa Liabalano Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna)    oleh SITI SUNARTI(Skripsi, 2018)
  5. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penguasaan Konsep Fluida Statis dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 04 Bombana oleh Marlina(Tesis, 2017)
  6. EFEKTIVITAS TUGAS PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Pada Kantor Kelurahan Kadia Kecamatan Kadia Kota Kendari)   oleh ABD. RACHMAN SYAH YUSUF(Skripsi, 2018)
  7. PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7  KENDARI oleh Tamrin(Skripsi, 2017)
  8. PENGARUH JENIS INANG TERHADAP PRODUKSI FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA LOKAL ACAULOSPORA SP. ASAL RIZOSFER KAYU KUKU [PERICOPSIS MOONIANA (THW.) THW.] DI HUTAN ALAM oleh SAMSIDAR(Skripsi, 2017)
  9. PERHITUNGAN CADANGAN NIKEL LATERIT DENGAN MEMBANDINGKAN METODE NEAREST NEIGHBOUR POINT DAN METODE INVERSE DISTANCE WEIGTHING DI BLOK B PT. SJSU KABUPATEN KONAWE UTARA oleh ASDIN(Skripsi, 2017)
  10. Pertumbuhan dan Hasil Padi Gogo Lokal (Oriza sativa L.) pada Perlakuan Bio-Invigorasi Benih Pra-Tanam dan LEISA di Kabupaten Muna Barat oleh Cornelis(Tesis, 2017)
  11. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VII SMPN 12 Konawe Selatan oleh Dewi Retnowati(Tesis, 2018)
  12. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA KENDARI DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT MISKIN (Studi Kasus Kebijakan Persaudaraan Madani) oleh Andi Syaiful Zainal(Disertasi, 2018)
  13. Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) Studi di Kabupaten Konawe Kepulauan oleh Ahmad Nur(Tesis, 2018)
  14. MOBILISASI SUMBER PAJAK DAERAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN oleh Abdul Rahman(Tesis, 2017)
  15. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT ANIMASI DI KELOMPOK B RA AL HIDAYAH NAPABALANO KABUPATEN MUNA oleh LISDAYANI(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231