Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kleas IV SDN 12 Kendari
Krisdayanti Yakub
Pembimbing: Drs. La Rabani, S. Pd,. M. Pd dan Drs. Ahid Hidayat, M. Hum
Abstrak
ABSTRAK Krisdayanti Yakub 2017. “Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SDN 12 Kendari”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Halu Oleo. Pembimbing: (1) Drs. La Rabani, S.Pd, M.Pd dan (2) Drs. Ahid Hidayat, M. Hum. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut. “Apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 12 Kendari?” Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan keterampilan menulis dengan pendekatan kontekstual siswa kelas IV SDN 12 Kendari. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam lima tahap yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi dalam setiap siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan pokok bahasan menulis karangan.Hasil penelitian ini, menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes siklus I, ketuntasan klasikal mencapai 72% atau sudah ada 17 orang siswa dari 25 orang siswa yang tuntas KKM dengan nilai rata-rata 72,25. Kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88% tuntas secara klasikal, artinya sebanyak 22 orang siswa dari 25 orang siswa sudah tuntas KKM, dengan nilai rata￾rata meningkat menjadi 78. Dan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus telah mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75% siswa harus mencapai nilai ≥70 maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hal ini pun juga berdampak pada aktivitas guru dan aktivitas siswa, berdasarkan observasi yang dilakukan dengan meningkatnya hasil belajar siswa maka aktivitas guru dan siswa pun ikut meningkat. Kata kunci: keterampilan menulis karangan, pendekatan kontekstual.
Abstract

ABSTRACT Krisdayanti Yakub 2017. "Implementation of Contextual Approach to Improve Writing Skill of Fourth Grade Students of SDN 12 Kendari". Essay. Department of Elementary School Teacher Education, FKIP Halu Oleo University. Supervisor: (1) Drs. La Rabani, S. Pd, M.Pd and (2) Drs. Ahid Hidayat,M.Hum. This research is a classroom action research. The research problem is formulated as follows. "Is the application of contextual approach can improve the writing skill of fourth graders of SDN 12 Kendari?" The purpose of this research is to improve writing skill with contextual approach of fourth grade students of SDN 12 Kendari. This classroom action research procedure is carried out in five phases including: planning, action implementation, observation and evaluation and reflection in each cycle. This classroom action research is conductedin two cycles. Each cycle consists of two meetings with a written essay. The results of this study, showing improvement in student learning outcomes. Based on the results of the first cycle test, classical completeness reached 72% or here are 17 students from 25 students who complete the KKM with an average value of 72.25. Then increased in cycle II to 88% complete classically, meaning that as many as 22 students from 25 students have completed KKM, with the average value increased to 78. And the results of observation, evaluation and reflection on each cycle has reached the predetermined KKM By school that is 75% of student have to reach value ≥70 hence can be concluded that applying of contextual approach can improve student writing skill. This also affects the activity of teachers and student activities, based on observations made with the increase of student learning results, the activity of teachers and students also increased.  Keywords: writing skill, contextual approach.

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN REFERENSI DI UPT PERPUSTAKAAN HALU OLEO oleh LA RULI (Skripsi, 2017)
  2. PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 10 KENDARI) oleh JUMIATI HAMADE(Skripsi, 2017)
  3. Penerapan Budaya Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Hotel Zahra Syariah oleh Fiktor(Skripsi, 2017)
  4. DAMPAK KEGIATAN PENAMBANGAN EMAS TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PT. SULTRA UTAMA NIKEL KECAMATAN RAROWATU UTARA KABUPATEN BOMBANA)   oleh ARDI(Skripsi, 2017)
  5. KARAKTERISTIK KEKUATAN MEKANIK MATERIAL KOMPOSIT BERPENGUAT SERAT KULIT WARU DAN SERBUK GERGAJI KAYU JATI oleh LA ODE MUHAMMAD GUNTUR(Skripsi, 2017)
  6. Pelindungan Hukum terhadap Pemenuhan Hak Pekerja atas Jaminan Kesehatan Pada CV. Winjaya di Kota Kendari oleh ZULFIAN(Skripsi, 2017)
  7. PERANAN TOKOH ADAT DALAM PERKAWINAN PINANG DI DESA NAPA KECAMATAN MAWASANGKA KABUPATEN BUTON TENGAH oleh RAJUDDIN NUR(Skripsi, 2017)
  8. PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. SULEMANDARA KONAWE TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KELURAHAN PONDIDAHA KECAMATAN PONDIDAHA KABUPATEN KONAWE oleh SRI HERMINAWATI(Skripsi, 2017)
  9. Pemetaan Risiko Produksi pada Usahatani Padi Sawah di Desa Labulu-Bulu Kecamatan Parigi Kabupaten Muna oleh NURHIDAYAH(Skripsi, 2017)
  10. ANALISIS PENDAPATAN PETANI JAGUNG PULUT DI DESA LAMBIKU KECAMATAN NAPABALANO KABUPATEN MUNA oleh Tisa Lorensa(Skripsi, 2017)
  11. Analisis Rekrutmen Calon Kepala Daerah Dalam Penetapan Calon Walikota dan Wakil Walikota Kendari Tahun 2017 oleh Juliati(Skripsi, 2017)
  12. ANALISIS PERSEPSI DAN PENDAPATAN PADA USAHA PENYADAPAN AREN DI DESA WALI KECAMATAN WATOPUTE DAN DI DESA WANSUGI KECAMATAN KABANGKA KABUPATEN MUNA oleh SANDRA DEWI(Skripsi, 2017)
  13. Analisis Hubungan antara Tingkat Kepuasan Nasabah terhadap Pelayanan pada Bank BRI Cabang Kendari oleh ASRIANI ENA(Skripsi, 2017)
  14. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS V-A SD NEGERI I3 POASIA oleh KURNIAWATI(Skripsi, 2017)
  15. ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER LICHEN Usnea longissima SERTA UJI BIOAKTIVITASNYA TERHADAP Candida albicans oleh Andi Musdalifah(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231