Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sederhana Di Kelas IVb SD Negeri 15 Poasia
MIRNA
Pembimbing: Dr. Izlan Sentryo, M.Pd dan Dra. Yoo Eka Yana Kansil, M.Pd.,
Abstrak
ABSTRAK     Mirna,  2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sederhana Di Kelas IVb SD Negeri 15 Poasia”. Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo. Di bimbing oleh Dr. Izlan Sentryo, M.Pd selaku pembimbing I dan Dra. Yoo Eka Yana Kansil, M.Pd., selaku pembimbing II.             Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sederhana di kelas IVb SD Negeri 15 Poasia ? “Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sederhana melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas IVb SD Negeri 15 Poasia.   Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. penelitian ini dilaksanakan di kelas IVb SD Negeri 15 Poasia dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 12 April 2017 s/d 21 April 2017. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Adapun prosedur dalam penelitian ini adalah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan Evaluasi, 4) Refleksi. sumber data pada penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas IVb SD Negeri 15 Poasia. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif.   Hasil observasi, evaluasi, dan refleksi pada setiap tindakan perbaikan pembelajaran menunjukan bahwa pada tindakan siklus I, proses aktivitas mengajar guru melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang dilaksanakan oleh guru mencapai 68,18% dan pada tindakan siklus II meningkat  87,5%. Begitupun pada proses aktivitas yang dilakukan oleh siswa pada siklus I mencapai 72,91% dan pada tindakan siklus II mengalami peningkatan mencapai 91,66%. Dari segi hasil yang berkaitan dengan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 40%  atau sebanyak 8 orang dari 20 siswa yang tuntas memperoleh nilai     ≥ 65. sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 85% atau sebanyak 17 orang dari 20 siswa yang tuntas memperoleh nilai ≥ 65. Dengan demikian skenario pembelajaran tercapai dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 80% siswa memperoleh ≥ 65 telah tercapai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sederhana di kelas IVb SD Negeri 15 Poasia. Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Make A Match.
Abstract

ABSTRACT Mirna, 2017. "Application of Cooperative Learning Model Type Make A Match To Improve Student Learning Outcomes In Simple Room Build In Class IVb SD Negeri 15 Poasia". Department / Study Program Teacher Education FKIP Elementary School Halu Oleo University. In guidance by Dr. Izlan Sentryo, M.Pd as mentor I and Dra. Yoo Eka Yana Kansil, M.Pd., as mentor II. The formulation of the problem in this research is "What kind of cooperative learning model make a match can improve student learning outcomes in simple space building materials in grade IVb SD Negeri 15 Poasia? "The purpose of this study is to improve student learning outcomes on simple space building materials through the application of cooperative learning model type make a match in grade IVb SD Negeri 15 Poasia.            This type of research is a classroom action research. this study was conducted in the even semester of the academic year 2016/2017. This research was conducted in grade IVb SD Negeri 15 Poasia with total students 20 people consisting of 11 men and 9 women. This study was conducted from April 12, 2017 to 21 April 2017. The implementation of this classroom action research consists of 2 (two) cycles, namely cycle I and cycle II. In cycle I held two meetings and cycle II two meetings. The procedures in this study are: 1) Planning, 2) Implementation of Action, 3) Observation and Evaluation, 4) Reflection. data source in this research is teacher as researcher and student of grade IVb SD Negeri 15 Poasia. Data analysis technique in this research is descriptive statistic.             The result of observation, evaluation, and reflection on every action of learning improvement showed that in the first cycle action, the process of teacher teaching activity through cooperative type of make-match model implemented by the teacher reaches 68.18% and on the second cycle action increases 87,5% . Likewise in the process of activi ties undertaken by students in the first cycle reached 72.91% and on the action cycle II has increased reaches 91.66%. In terms of results relating to student learning outcomes in the first cycle is 40% or as many as 8 people from 20 students who complete the value of ≥ 65. while the results of student learning in cycle II increased to 85% or as many as 17 people from 20 students who complete value ≥ 65. Thus the learning scenario is achieved and the minimum mastery criteria (KKM) of 80% of students earned ≥ 65 has been achieved. So it can be concluded that the application of cooperative learning model type make a match can improve student learning outcomes on simple space building materials in grade IVb SD Negeri 15 Poasia. Keywords: Learning outcomes, Make A Match Learning Model.

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. EFEKTIVITAS PESTISIDA NABATI CAMPURAN EKSTRAK KULIT JAMBU METE (Anacardium occidentale) DAN DAUN KOMBA-KOMBA (Chromolaena odorata) TERHADAP Phytophthora palmivora PENYEBAB PENYAKIT BUSUK BUAH KAKAO   oleh MUNARDIN BASANUNGGU(Tesis, 2018)
  2. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 POASIA oleh HASNIAJI(Tesis, 2018)
  3. PENGARUH PARTISIPASI PENGANGGARAN, KOMITMEN KARYAWAN DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN. oleh MUHAMMAD ARIF SYAM(Tesis, 2017)
  4. POTENSI DAN KENDALA PENGEMBANGAN KAWASAN SENTRAL PETERNAKAN RAKYAT(SPR) SAPI POTONG DI KABUPATEN MENA BARAT oleh SAHAR SAKARUM(Skripsi, 2017)
  5. ANALISIS RENCANA RELOKASI WARGA AKIBAT PEMBANGUNAN BENDUNGAN PELOSIKA oleh TAUFIK(Tesis, 2018)
  6. UJI AKTIVITAS PERBAIKAN FUNGSI GINJAL EKSTRAK ETANOL LANSAU KHAS SUKU MUNA TERHADAP TIKUS PUTIH WISTAR JANTAN oleh IMELDA SARDA SOLEMAN (Skripsi, 2018)
  7. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM MESIN  oleh AYNUDIN(Skripsi, 2017)
  8. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM PRESTASI MESIN  oleh GAFAR SALAM (Skripsi, 2017)
  9. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DINAMOMETER TIPE CAKRAM UNTUK SARANA PRAKTIKUM PRESTASI MESIN oleh ANDI FAJAR(Skripsi, 2017)
  10. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Penatausahaan Keuangan Daerah Kabupaten Kolaka Timur oleh ahrul(Tesis, 2017)
  11. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KENDARI oleh RANI(Skripsi, 2017)
  12. ANALISIS PENGEMBANGAN EKOWISATA MANGROVE KOTA KENDARI oleh MURNI(Tesis, 2018)
  13. ANALISIS RENCANA TATA BANGUNAN DAN LINGKUNGAN (RTBL) PULAU BUNGKU TOKO KOTA KENDARI oleh LA LIUSU(Tesis, 2018)
  14. ANALISIS PEMBANGUNAN WILAYAH BERBASIS SEKTOR UNGGULAN KOTA KENDARI PROPINSI SULAWESI TENGGARA oleh ENDANG ABUBAKAR(Tesis, 2018)
  15. KEMAMPUAN NUMERIK SISWA SMP PESISIR DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (STUDI SMP NEGERI 11 KENDARI) oleh SARNITA(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231