Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI PENERAPAN PENGGUNAAN GARIS BILANGAN KELAS IV SDN 06 KOLONO
WA ODE NURMAULIA
Pembimbing: Drs. La Laode Kaimuddin, S.Pd., M.Pd, dan Dra. Yoo EkaYana Kansil, M.Pd.
Abstrak
ABSTRAK Wa Ode Nurmaulia. (2017) “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bilangan Bulat Melalui Penerapan Penggunaan Garis Bilangan di Kelas IV SDN 06 Kolono”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo. Oleh Pembimbing I Dr. La Ode Kaimuddin, S.Pd., M.Pd, dan Pembimbing 2 Dra. Yoo EkaYana Kansil, M.Pd.             Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan penggunaan garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat dikelas IV SDN 06 Kolono.             Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat melalui penerapan penggunaan garis bilangan dikelas IV SDN 06 Kolono. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang dilaksanakan di SD Negeri 06 Kolono pada semester genap (semester dua) tahun ajaran 2016/2017. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini, ialah: 1) Faktor hasil belajar yaitu melihat atau memperhatikan nilai siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan pembelajaran pada materi bilangan bulat dengan menerapkan penggunaan garis bilangan. 2) Faktor aktivitas siswadanativitas guru, yaitu: Aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada materi  bilangan bulat melalui penerapan penggunaan garis bilangan.             Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 06 Kolono yang terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Jumlah siswa yang terdaftar pada kelas tersebut adalah 16 (enam belas) orang. Laki-laki berjumlah 8 (delapan) orang, dan perempuan berjumlah 8 (delapan) orang.Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa kegiatan proses pembelajaran aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru, dan data kuantitatif berupa nilai hasil belajar siswa.Sumber datapenelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 06 Kolono.Data dikumpulkan yaitu:1) Data aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran dikumpulkan dengan lembar observasi.2) Hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar             Berdasarkan analisis data hasil pengamatan aktivitas mengajar guru diperoleh persentase ketercapaian pada siklus I meningkat dari 79,34% menjadi 87,5%, sedangkan persentase ketercapaian pada siklus II, pada pertemuan I mencapai 90,5% dan pada pertemuan II meningkat menjadi 97,72%. Berdasarkan analisis data hasil pengamatan aktivitas siswa diperoleh persentase ketercapaian pada siklus I dari 71,42% menjadi 81,42%, sedangkan persentase ketercapaian pada siklus II dari 92,85%menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.Pada siklus I dari 13 orang siswa hanya 3 orang siswa yang tuntas yaitumencapai 23,07% dengan rata-rata 45,38yang mencapai KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 13 orang siswa hanya 12 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 92,30% dengan rata-rata 96,15 telah mencapai standar KKM. Kata Kunci : Penerapan Penggunaan Garis Bilangan, Hasil Belajar, Pelajaran Matematika
Abstract

ABSTRACT Wa Ode Nurmaulia. (2017) "Improving Student Outcomes in Integral Material Through Application of Line Number Numbers in Class IV SDN 06 Kolono". Department of Primary School Teacher Education FKIP Halu Oleo University. By Advisor I La Ode Kaimuddin, S.Pd., M.Pd, and Supervisor 2 Dra. Yoo EkaYana Kansil, M.Pd.                  The formulation of the problem in this research is whether the application of the use of number lines can improve student learning outcomes in the matter of integers in class IV SDN 06 Kolono.                  The purpose of this study is to improve student learning outcomes on the matter of integers through the application of the use of class line IV SDN 06 Kolono. This research type is Classroom Action Research (PTK). This research is conducted two cycles and each cycle consist of two meetings that are held in SD Negeri 06 Kolono in even semester (semester two) academic year 2016/2017. Factors studied in this research, are: 1) The learning result factor is to see or pay attention to the student's value before and after the implementation of learning action on integer matter by applying the use of the number line. 2) Factor of teacher's activity, namely: Student activity during learning process on integer material through application of use of number line.                  The subjects of the study were the fourth grade students of SDN 06 Kolono who were enrolled in the even semester of the academic year 2016/2017. The number of students enrolled in the class is 16 (sixteen) persons. There are 8 (eight) men and 8 women. The data in this research are qualitative data in the form of activity of learning process of student activity and teacher activity, and quantitative data in the form of student's learning result. The source of this research is the fourth grade students of SD Negeri 06 Kolono.Data collected are: 1) The data of student and teacher activity during the learning process is collected with observation sheet.2) Learning outcomes are collected by using learning result test                  Based on data analysis result of observation of teaching activity of teacher obtained by percentage of achievement in cycle I increase from 79,34% to 87,5%, while percentage of achievement in cycle II, at meeting I reach 90,5% and at meeting II increase become 97,72 %. Based on the data analysis of student activity observation results obtained the percentage of achievement in the first cycle from 71.42% to 81.42%, while the percentage of achievement in cycle II from 92.85% to 100%. Based on the results of research, there is an increase in student learning outcomes from cycle I to cycle II.Pada cycle I of 13 students only 3 students who completed yaitumencapai 23.07% with an average of 45.38which reach KKM. In the second cycle has increased from 13 students only 12 students who completed with a percentage of 92.30% completeness with an average of 96.15 has reached KKM standards. Keywords: Application of Line Number Numbers, Learning Outcomes, Mathematics Lesson

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. Komunikasi Persuasif Pustakawan dalam Peminjaman Koleksi pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMP Negeri 5 Kulisusu Kabupaten Buton Utara oleh EKA SRI WAHYUNI(Skripsi, 2017)
  2. JENIS-JENIS TUMBUHAN HERBA YANG TERDAPAT DI KAWASAN HUTAN LALAPINI DESA LAMETONO KECAMATAN LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA oleh Mega putri(Skripsi, 2017)
  3. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI POKOK TINDAKAN-TINDAKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS XI IPS5 DI SMA NEGERI 3 KENDARI oleh ASKAL ISWANTO(Skripsi, 2017)
  4. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Anggalomoare” oleh WERIATIN(Skripsi, 2017)
  5. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII 2 MTs Negeri 2 Kendari oleh Astaliati(Skripsi, 2017)
  6. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BERINKUIRI PESERTA DIDIK  KELAS VIII5  SMPN 14 KENDARI PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT IPA oleh Khaerun Nisa(Skripsi, 2017)
  7. DAMPAK PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) TERHADAP HUBUNGAN KEKERABATAN (STUDI DI KECAMATAN KABAENA TIMUR KABUPATEN BOMBANA) oleh AMRAN(Skripsi, 2017)
  8. PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN MODERNISASI SISTEM PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KENDARI oleh RAHMATIA(Skripsi, 2017)
  9. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat- sifat Cahaya di kelas V SD Negeri 5 Tongkuno Selatan oleh DIANA(Skripsi, 2017)
  10.   IDENTIFIKASI  KELAYAKAN OBJEK WISATA PERMANDIAN AIR PANAS (KAREDE) DI DESA BURANGA KECAMATAN BONEGUNU KABUPATEN BUTON UTARA   oleh SYAH RUDIN(Skripsi, 2017)
  11. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 KABAWO oleh Wa Maruhi(Skripsi, 2017)
  12. Respon Pertumbuhan Kayu Kuku [Pericopsis mooniana (Thw.) Thw] Dengan Aplikasi Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) Lokal Sulawesi Tenggara oleh Wahyu Puji Raharjo(Skripsi, 2017)
  13. Aplikasi Distribusi Poisson untuk Menentukan Model Regresi Poisson Penduduk Miskin Di Provinsi Sulawesi Tenggara oleh ISNAWATI(Skripsi, 2017)
  14. KOMPOSISI JENIS DAN STRUKTUR AGRISILVIKULTUR DI DESA SUMBERSARI KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN oleh DIANA(Skripsi, 2017)
  15. ANALISIS VEGETASI PAKAN LEBAH HUTAN SERTA WAKTU BERBUNGA DI KPHP GULARAYA KELURAHAN TOBIMEITA KECAMATAN ABELI oleh SYAMSUL(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231