Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING  DI KELAS IV SDN 05 KOTA KENDARI
NursenjaSafitri
Pembimbing: Drs. H. La Ode Rafiuddin R., M.Pd dan Drs. La Anse, S.Pd., M.Pd
Abstrak
  ABSTRAK Nursenja Safitri, 2017. Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Aktivitas Ekonomi Yang Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam menggunakan model pembelajaran problem solving di kelas IV SDN 05 Kota Kendari. “Skripsi,” Program Sarjana (SI) Pendidikan Guru Sekolah Dasar,  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing (1) Drs. H. La Ode Rafiuddin R., M.Pd dan pembimbing (2) Drs. La Anse, S.Pd., M.Pd.     Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah” Apakah Penggunaan  Model Pembelajaran pemecahan masalah  (Problem Solving) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 05 Kendari pada materi “Aktivitas  Ekonomi Yang Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam”? Tujuan ini untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pegetahuan sosial (IPS) siswa kelas VI SD Negeri 05 Kendari pada materi Aktivitas Ekonomi Yang Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam.  Prosedur Penelitian ini meliputi, (a) tahap perencanan (Planning), (2) pelaksanaan tindakan (Action), (3) observasi dan evaluasi (Observation and Evaluation),serta (4) dan refleksi (Reflection). Data penelitian ini terdiri atas data kualitatif dan data kuantutatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes pada setiap siklus tindakan. Data kualitatif dimaksudkan untuk melihat proses pembelajaran ketika guru menggunakan model pembelajaran problem solving, sedangkan data kualitatif untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SDN 05 Kendari. Selanjutnya data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukan bahwa, Penggunaan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Silving) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 05 Kendari Pada Mata Pelajaran IPS Materi Aktivitas Ekonomi Yang Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam. Hal ini dapat dilihat dari ketika guru kelas VI SDN 05 Kendari tahun 2015/2016 masih menggunakan pendekatan konvensioanal dari 24 siswa hanya 5 siswa atau 20,83%  KKM. Pada pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar IPS kelas VI SDN 05 Kendari yaitu  dari  22 siswa  sebanyak 12 siswa atau 54,55%  yang mencapai KKM dengan rata-rata 67,04. Dan terjadi peningkatan hasi belajar yang sangat signifikan pada pelaksanaan proses pembelajaran IPS pada siklus II yaitu dari 22 siswa, tuntas 19 atau 86,36% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan untuk mata pelajaran IPS yaitu 70 dengan rata-rata 80.   Kata Kunci : Model Pemecahan Masalah, Hasil Belajar IPS.    
Abstract

ABSTRACT   Nursenja Safitri, 2017. Improving student learning outcomes in the IPS lesson of Economic Activities related to Natural Resources using problem solving learning model in grade IV SDN 05 Kota Kendari. "Thesis," Undergraduate Program (SI) Teacher Education Primary School, Faculty of Teacher Training and Education Halu Oleo University. Supervisor (1) Drs. H. La Ode Rafiuddin R., M.Pd and mentor (2) Drs. La Anse, S.Pd., M.Pd.                The problem formulation in this research is "Is the Use of Problem Solving Model (Problem Solving) Can Improve Social Study Study Results (IPS) In Grade IV Elementary School of SD 05 05 Kendari on" Economic Activity Related to Natural Resources "? This objective is to improve the social science learning outcomes (IPS) of grade 6 students of SD Negeri 05 Kendari on the subject of Economic Activities Relating to Natural Resources.                The procedures of this study include, (a) Planning, (2) Action (3) Observation and Evaluation, and (4) and Reflection. The data of this research consist of qualitative data and quantitative data. Qualitative data obtained through observation by using observation sheet, while the quantitative data obtained through the test at each cycle of action. Qualitative data is intended to see the learning process when teachers use problem solving learning model, while the qualitative data to see the improvement of learning outcomes of grade VI SDN 05 Kendari students. Furthermore, qualitative data is analyzed descriptively qualitative while quantitative data is analyzed descriptively quantitative.                The results showed that, the use of Problem-solving Learning Model (Problem Silving) Can Improve Student Results Class VI SDN 05 Kendari On IPS Subject Materials of Economic Activities Relating to Natural Resources. This can be seen from when the teacher grade VI SDN 05 Kendari 2015/2016 still using conventional approach of 24 students only 5 students or 20.83% KKM. In the implementation of IPS lesson using problem solving model in cycle I, there is an increase of learning result of IPS class VI SDN 05 Kendari that is from 22 students as many as 12 students or 54,55% reaching KKM with average of 67,04. And there is a significant improvement of learning achievement in the implementation of learning process of IPS in cycle II that is from 22 students, complete 19 or 86,36% which reaches the minimum completeness criterion (KKM) which is set for IPS subject which is 70 with 80 average.     Keywords: Problem Solving Model, IPS Study Results.

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH  EKSTRAK RIMPANG  JAHE PUTIH (Zingiber officinale var. Amarum) TERHADAP KEBUNTINGAN MENCIT (Mus musculus L.) TAHAP PRAIMPLANTASI oleh NUFRIANTI(Skripsi, 2017)
  2. PENGARUH EKSTRAK RIMPANG JAHE PUTIH (Zingiber officinale var. Amarum) TERHADAP KEBUNTINGAN MENCIT (Mus musculus L.) TAHAP PASCA IMPLANTASI LANJUT oleh HADIRATUL AMALIA(Skripsi, 2017)
  3. Pengembangan Produk Cokelat Batang yang Disubstitusi Teh Hijau dari Daun Tanaman Mangrove (Ceriops Sp.) oleh Sitti Askama(Skripsi, 2017)
  4. TEKNIK PENGOLAHAN DAN PERBANDINGAN KUALITAS MINYAK NILAM (Pogostemon cablin Benth) DI DESA MAROBEA DAN DESA BARAKAH KABUPATEN MUNA BARAT   oleh Muhammad Kasman(Skripsi, 2017)
  5. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERPADU SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT PADA KELAS X-MIA 2 SMA NEGERI 8 KENDARI   oleh AMALIA SULISKA EKA WULANDARI(Skripsi, 2017)
  6. Pertumbuhan Bibit Angsana (Pterocarpus indicus Willd) dengan Aplikasi Fungi Mikoriza Arbuskula Lokal oleh Genvil Rafikasera(Skripsi, 2017)
  7. MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI METODE PROYEK DI KELOMPOK B SENTRA BALOK TK ADHYAKSA XII KENDARI oleh WA ODE AYUNING(Skripsi, 2017)
  8. MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSOAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN TEBAK EKSPRESI DI KELOMPOK B TK PGRI TAMPO KABUPATEN MUNA oleh ARIASTI(Skripsi, 2017)
  9. KEWENANGAN POLRI DALAM MELAKSANAKAN UPAYA PAKSA PENANGKAPAN PELAKU TINDAK PIDANA PENIPUAN  (Studi Laporan Polisi Nomor : LP/585/Ix/2014/Sultra/Res.Kdi/Sek.Mdg) oleh HENDRAWAN SUPRATIKNO ADNAN(Skripsi, 2017)
  10. MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN BONGKAR PASANG PUZZLE LOGIKA DI KELOMPOK B TK WULELE SANGGULA II KOTA KENDARI oleh WA ODE FITRI(Skripsi, 2017)
  11. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Penerapan Model Problem Based Learning di Kelas V-b SDN 12 Poasia oleh LISRAWATI(Skripsi, 2017)
  12. SEJARAH KEDATANGAN ORANG TOLAKI DI DESA WUNGKOLO KECAMATAN WAWONII SELATAN KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN TAHUN 1930 - 2016 oleh RILLY(Skripsi, 2017)
  13. KARAKTERISTIK TELUR TETAS PARENT STOCK AYAM BROILER YANG DIFUMIGASI DAN TANPA FUMIGASI oleh FIFI HARIANI(Skripsi, 2017)
  14. “NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PELAKSANAAN ACARA RATIBU (studi di kecamatan wadaga kabupaten muna barat)” oleh YUNUS(Skripsi, 2016)
  15.   PENGARUH  UMUR POTONG TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN BAGIAN-BAGIAN KARKAS AYAM BROILER     oleh YANA WATI(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231