Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING  DI KELAS IV SDN 05 KOTA KENDARI
NursenjaSafitri
Pembimbing: Drs. H. La Ode Rafiuddin R., M.Pd dan Drs. La Anse, S.Pd., M.Pd
Abstrak
  ABSTRAK Nursenja Safitri, 2017. Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Aktivitas Ekonomi Yang Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam menggunakan model pembelajaran problem solving di kelas IV SDN 05 Kota Kendari. “Skripsi,” Program Sarjana (SI) Pendidikan Guru Sekolah Dasar,  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing (1) Drs. H. La Ode Rafiuddin R., M.Pd dan pembimbing (2) Drs. La Anse, S.Pd., M.Pd.     Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah” Apakah Penggunaan  Model Pembelajaran pemecahan masalah  (Problem Solving) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 05 Kendari pada materi “Aktivitas  Ekonomi Yang Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam”? Tujuan ini untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pegetahuan sosial (IPS) siswa kelas VI SD Negeri 05 Kendari pada materi Aktivitas Ekonomi Yang Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam.  Prosedur Penelitian ini meliputi, (a) tahap perencanan (Planning), (2) pelaksanaan tindakan (Action), (3) observasi dan evaluasi (Observation and Evaluation),serta (4) dan refleksi (Reflection). Data penelitian ini terdiri atas data kualitatif dan data kuantutatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes pada setiap siklus tindakan. Data kualitatif dimaksudkan untuk melihat proses pembelajaran ketika guru menggunakan model pembelajaran problem solving, sedangkan data kualitatif untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SDN 05 Kendari. Selanjutnya data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukan bahwa, Penggunaan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Silving) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 05 Kendari Pada Mata Pelajaran IPS Materi Aktivitas Ekonomi Yang Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam. Hal ini dapat dilihat dari ketika guru kelas VI SDN 05 Kendari tahun 2015/2016 masih menggunakan pendekatan konvensioanal dari 24 siswa hanya 5 siswa atau 20,83%  KKM. Pada pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar IPS kelas VI SDN 05 Kendari yaitu  dari  22 siswa  sebanyak 12 siswa atau 54,55%  yang mencapai KKM dengan rata-rata 67,04. Dan terjadi peningkatan hasi belajar yang sangat signifikan pada pelaksanaan proses pembelajaran IPS pada siklus II yaitu dari 22 siswa, tuntas 19 atau 86,36% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan untuk mata pelajaran IPS yaitu 70 dengan rata-rata 80.   Kata Kunci : Model Pemecahan Masalah, Hasil Belajar IPS.    
Abstract

ABSTRACT   Nursenja Safitri, 2017. Improving student learning outcomes in the IPS lesson of Economic Activities related to Natural Resources using problem solving learning model in grade IV SDN 05 Kota Kendari. "Thesis," Undergraduate Program (SI) Teacher Education Primary School, Faculty of Teacher Training and Education Halu Oleo University. Supervisor (1) Drs. H. La Ode Rafiuddin R., M.Pd and mentor (2) Drs. La Anse, S.Pd., M.Pd.                The problem formulation in this research is "Is the Use of Problem Solving Model (Problem Solving) Can Improve Social Study Study Results (IPS) In Grade IV Elementary School of SD 05 05 Kendari on" Economic Activity Related to Natural Resources "? This objective is to improve the social science learning outcomes (IPS) of grade 6 students of SD Negeri 05 Kendari on the subject of Economic Activities Relating to Natural Resources.                The procedures of this study include, (a) Planning, (2) Action (3) Observation and Evaluation, and (4) and Reflection. The data of this research consist of qualitative data and quantitative data. Qualitative data obtained through observation by using observation sheet, while the quantitative data obtained through the test at each cycle of action. Qualitative data is intended to see the learning process when teachers use problem solving learning model, while the qualitative data to see the improvement of learning outcomes of grade VI SDN 05 Kendari students. Furthermore, qualitative data is analyzed descriptively qualitative while quantitative data is analyzed descriptively quantitative.                The results showed that, the use of Problem-solving Learning Model (Problem Silving) Can Improve Student Results Class VI SDN 05 Kendari On IPS Subject Materials of Economic Activities Relating to Natural Resources. This can be seen from when the teacher grade VI SDN 05 Kendari 2015/2016 still using conventional approach of 24 students only 5 students or 20.83% KKM. In the implementation of IPS lesson using problem solving model in cycle I, there is an increase of learning result of IPS class VI SDN 05 Kendari that is from 22 students as many as 12 students or 54,55% reaching KKM with average of 67,04. And there is a significant improvement of learning achievement in the implementation of learning process of IPS in cycle II that is from 22 students, complete 19 or 86,36% which reaches the minimum completeness criterion (KKM) which is set for IPS subject which is 70 with 80 average.     Keywords: Problem Solving Model, IPS Study Results.

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SMA NEGERI 6 KENDARI oleh DEWA MADE DONI AFRIAWAN(Tesis, 2018)
  2. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kolaka Timur oleh HERMANSYAH MA'MIR(Tesis, 2018)
  3. Konstruksi Tes Diagnostik untuk Mendiagnosis Miskonsepsi Peserta didik  SMA pada  Materi Listrik Dinamis oleh Ika Novrina(Tesis, 2018)
  4. PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI  UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS  V SDN 6 BATALAIWORU oleh ALMAMA(Skripsi, 2017)
  5. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Basic for Aplication (VBA) dan Spreadsheet Excel pada Materi Pokok Radioaktivitas di SMA oleh Majenun(Tesis, 2017)
  6. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Kendari oleh Saleha(Tesis, 2018)
  7. Karakteristik segmen gen COI (Cytochrome Oxidase Subunit I) DNA Mitokondria Plusia chalcites (famili : Noctuidae, Ordo : Lepidoptera) oleh Marwansyah(Skripsi, 2017)
  8. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Langsung dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Listrik Dinamis dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Siompu oleh IRHAM(Tesis, 2017)
  9. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran Langsung Dengan Strategi Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Hasil belajar Ranah Kognitif Pada Materi Suhu Dan Kalor Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Peserta Didik SMAN 10 Kendari oleh Nuzul Quryati Hartawati(Tesis, 2017)
  10. Students' Perception and Preference toward Written Feedback in Learning of Writing oleh Rafan Agusti(Skripsi, 2017)
  11. Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Langgea Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan oleh La Ode Marhini(Tesis, 2018)
  12. Analisis Kelayakan Pengembangan Obyek Wisata Pantai Nirwana Kota Baubau oleh Muh. Kamal Gani S.(Tesis, 2018)
  13. Keefektifan Model Pembelajaran Siklus Belajar 7E dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor ditinjau dari Penalaran Logis Peserta Didik SMAN 1 Kontukowuna oleh Haniman Dewi. G(Tesis, 2017)
  14. Analisis Promosi Jabatan Dalam Pengembangan Karier Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Muhammad Arfan(Tesis, 2018)
  15. Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Sultra Prima Lestari oleh HILMANUR(Tesis, 2018)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231