Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI SEMESTER MAHASISWA ANGKATAN 2014 JURUSAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS HALU OLEO
ASTUTI
Pembimbing: Prof. Dr. La Iru, S.H., M.Si dan Dr. Misran Safar, M.Si
Abstrak
ABSTRAK Astuti (A1A3 13 006). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Semester Mahasiswa Angkatan 2014 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Halu Oleo. Dibimbing oleh La Iru sebagai pembimbing I dan Misran Safar sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang ada tidaknya pengaruh positif keaktifan berorganisasi terhadap indeks prestasi semester mahasiswa angkatan 2014 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Halu Oleo. Lokasi penelitian ini adalah Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik sampel jenuh sejumlah 36 orang mahasiswa, 33 orang mahasiswa pengurus HMJ PPKn FKIP UHO, dan 3 orang mahasiswa pengurus BEM FKIP UHO. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil statistik uji t, diperoleh nilai thitung sebesar 1.262 lebih kecil dari ttabel sebesar 2.028yang artinya keaktifan berorganisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap indeks prestasi, dengan tingkat signifikansi 0.216 yang lebih besar dari 0.05 yang juga berarti keaktifan berorganisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap indeks prestasi semester, dan nilai koefisien regresi sebesar 0.211 yang artinya hubungan antara keaktifan berorganisasi terhadap indeks prestasi semester rendah, serta koefisien determinasi sebesar 0.045 yang artinya bahwa pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap indeks prestasi semester adalah sebesar 4.5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan penelitian ini adalah keaktifan berorganisasi tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap indeks prestasi semester mahasiswa angkatan 2014 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Halu Oleo. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung < ttabel yaitu 1.262 < 2.028  dan nilai signifikansi lebih besar dari 0.05  yaitu 0.216> 0.05, sedangkan pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap indeks prestasi semester adalah sebesar 4.5%. Kata Kunci : Organisasi, Indeks Prestasi Semester  
Abstract

ABSTRACT Astuti (A1A3 13 006). The influence of activeness of organization toward student achievement index of class of 2014 majors of education Pancasila and Citizenship Halu Oleo University. Supervised by La Iru as Mentor I and Misran Safar as Mentor II. The study aims to provide a picture of the presence or absence of influensce of activeness of organization toward student achievement index of class of 2014 majors of education Pancasila and Citizenship Halu Oleo University. The location of this research is the Department of Education Pancasila and Citizenship Faculty of Teacher Training and Education Halu Oleo University. This research is an associative research with quantitative approach. Samples were taken with 36 samples saturated technique student, 33 students of HMJ PPKn FKIP UHO, and 3 students of BEM FKIP UHO. Data collection techniques in this study is to use questionnaires and documentation. Data analysis techniques use simple linear regression. The result of t test statistic, obtained tcount value of 1.262 is smaller than ttable of 2.028 which means the activity of organizing does not significantly affect the achievement index, with a significance level of 0.216 greater than 0.05 which also means that the activity of organizing does not significantly influence the semester performance index, and the value of regression coefficient of 0.211 which means the relationship between activeness of organization against low achievement index semester, and the coefficient of determination of 0.045 which means that the influence of organizational activity on semester achievement index is 4.5% while the rest is influence by other variables. The conclusion of this research is the activity of organizational does not give significant influence to student achievement index of class of 2014 Pancasila and Citizenship Halu Oleo University. This is evident from the result of t test that get tcount< ttable that is 1.262 < 2.028 and significance value greater than 0.05 is 0.216 > 0.05, whereas the influence of activeness of organization to index achievement semester is 4.5%. The conclusions of this study is the organizational activities have no effect significantly towards semester achievement index student class of 2014 majoring in Pancasila Education and Citizenship UHO. This matter proven from results t test who earned tcount< ttable that is 1.262 < 2.028 and significance value greater than 0.05 that is 0.216 > 0.05, while Effects of the organizational activities towards semester achievement index is amount 4.5%. Keywords: organization, semester achievement index  

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH  EKSTRAK RIMPANG  JAHE PUTIH (Zingiber officinale var. Amarum) TERHADAP KEBUNTINGAN MENCIT (Mus musculus L.) TAHAP PRAIMPLANTASI oleh NUFRIANTI(Skripsi, 2017)
  2. PENGARUH EKSTRAK RIMPANG JAHE PUTIH (Zingiber officinale var. Amarum) TERHADAP KEBUNTINGAN MENCIT (Mus musculus L.) TAHAP PASCA IMPLANTASI LANJUT oleh HADIRATUL AMALIA(Skripsi, 2017)
  3. Pengembangan Produk Cokelat Batang yang Disubstitusi Teh Hijau dari Daun Tanaman Mangrove (Ceriops Sp.) oleh Sitti Askama(Skripsi, 2017)
  4. TEKNIK PENGOLAHAN DAN PERBANDINGAN KUALITAS MINYAK NILAM (Pogostemon cablin Benth) DI DESA MAROBEA DAN DESA BARAKAH KABUPATEN MUNA BARAT   oleh Muhammad Kasman(Skripsi, 2017)
  5. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERPADU SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT PADA KELAS X-MIA 2 SMA NEGERI 8 KENDARI   oleh AMALIA SULISKA EKA WULANDARI(Skripsi, 2017)
  6. Pertumbuhan Bibit Angsana (Pterocarpus indicus Willd) dengan Aplikasi Fungi Mikoriza Arbuskula Lokal oleh Genvil Rafikasera(Skripsi, 2017)
  7. MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI METODE PROYEK DI KELOMPOK B SENTRA BALOK TK ADHYAKSA XII KENDARI oleh WA ODE AYUNING(Skripsi, 2017)
  8. MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSOAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN TEBAK EKSPRESI DI KELOMPOK B TK PGRI TAMPO KABUPATEN MUNA oleh ARIASTI(Skripsi, 2017)
  9. KEWENANGAN POLRI DALAM MELAKSANAKAN UPAYA PAKSA PENANGKAPAN PELAKU TINDAK PIDANA PENIPUAN  (Studi Laporan Polisi Nomor : LP/585/Ix/2014/Sultra/Res.Kdi/Sek.Mdg) oleh HENDRAWAN SUPRATIKNO ADNAN(Skripsi, 2017)
  10. MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN BONGKAR PASANG PUZZLE LOGIKA DI KELOMPOK B TK WULELE SANGGULA II KOTA KENDARI oleh WA ODE FITRI(Skripsi, 2017)
  11. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Penerapan Model Problem Based Learning di Kelas V-b SDN 12 Poasia oleh LISRAWATI(Skripsi, 2017)
  12. SEJARAH KEDATANGAN ORANG TOLAKI DI DESA WUNGKOLO KECAMATAN WAWONII SELATAN KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN TAHUN 1930 - 2016 oleh RILLY(Skripsi, 2017)
  13. KARAKTERISTIK TELUR TETAS PARENT STOCK AYAM BROILER YANG DIFUMIGASI DAN TANPA FUMIGASI oleh FIFI HARIANI(Skripsi, 2017)
  14. “NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PELAKSANAAN ACARA RATIBU (studi di kecamatan wadaga kabupaten muna barat)” oleh YUNUS(Skripsi, 2016)
  15.   PENGARUH  UMUR POTONG TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN BAGIAN-BAGIAN KARKAS AYAM BROILER     oleh YANA WATI(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231