Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI SEMESTER MAHASISWA ANGKATAN 2014 JURUSAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS HALU OLEO
ASTUTI
Pembimbing: Prof. Dr. La Iru, S.H., M.Si dan Dr. Misran Safar, M.Si
Abstrak
ABSTRAK Astuti (A1A3 13 006). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Semester Mahasiswa Angkatan 2014 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Halu Oleo. Dibimbing oleh La Iru sebagai pembimbing I dan Misran Safar sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang ada tidaknya pengaruh positif keaktifan berorganisasi terhadap indeks prestasi semester mahasiswa angkatan 2014 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Halu Oleo. Lokasi penelitian ini adalah Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik sampel jenuh sejumlah 36 orang mahasiswa, 33 orang mahasiswa pengurus HMJ PPKn FKIP UHO, dan 3 orang mahasiswa pengurus BEM FKIP UHO. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil statistik uji t, diperoleh nilai thitung sebesar 1.262 lebih kecil dari ttabel sebesar 2.028yang artinya keaktifan berorganisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap indeks prestasi, dengan tingkat signifikansi 0.216 yang lebih besar dari 0.05 yang juga berarti keaktifan berorganisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap indeks prestasi semester, dan nilai koefisien regresi sebesar 0.211 yang artinya hubungan antara keaktifan berorganisasi terhadap indeks prestasi semester rendah, serta koefisien determinasi sebesar 0.045 yang artinya bahwa pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap indeks prestasi semester adalah sebesar 4.5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan penelitian ini adalah keaktifan berorganisasi tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap indeks prestasi semester mahasiswa angkatan 2014 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Halu Oleo. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung < ttabel yaitu 1.262 < 2.028  dan nilai signifikansi lebih besar dari 0.05  yaitu 0.216> 0.05, sedangkan pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap indeks prestasi semester adalah sebesar 4.5%. Kata Kunci : Organisasi, Indeks Prestasi Semester  
Abstract

ABSTRACT Astuti (A1A3 13 006). The influence of activeness of organization toward student achievement index of class of 2014 majors of education Pancasila and Citizenship Halu Oleo University. Supervised by La Iru as Mentor I and Misran Safar as Mentor II. The study aims to provide a picture of the presence or absence of influensce of activeness of organization toward student achievement index of class of 2014 majors of education Pancasila and Citizenship Halu Oleo University. The location of this research is the Department of Education Pancasila and Citizenship Faculty of Teacher Training and Education Halu Oleo University. This research is an associative research with quantitative approach. Samples were taken with 36 samples saturated technique student, 33 students of HMJ PPKn FKIP UHO, and 3 students of BEM FKIP UHO. Data collection techniques in this study is to use questionnaires and documentation. Data analysis techniques use simple linear regression. The result of t test statistic, obtained tcount value of 1.262 is smaller than ttable of 2.028 which means the activity of organizing does not significantly affect the achievement index, with a significance level of 0.216 greater than 0.05 which also means that the activity of organizing does not significantly influence the semester performance index, and the value of regression coefficient of 0.211 which means the relationship between activeness of organization against low achievement index semester, and the coefficient of determination of 0.045 which means that the influence of organizational activity on semester achievement index is 4.5% while the rest is influence by other variables. The conclusion of this research is the activity of organizational does not give significant influence to student achievement index of class of 2014 Pancasila and Citizenship Halu Oleo University. This is evident from the result of t test that get tcount< ttable that is 1.262 < 2.028 and significance value greater than 0.05 is 0.216 > 0.05, whereas the influence of activeness of organization to index achievement semester is 4.5%. The conclusions of this study is the organizational activities have no effect significantly towards semester achievement index student class of 2014 majoring in Pancasila Education and Citizenship UHO. This matter proven from results t test who earned tcount< ttable that is 1.262 < 2.028 and significance value greater than 0.05 that is 0.216 > 0.05, while Effects of the organizational activities towards semester achievement index is amount 4.5%. Keywords: organization, semester achievement index  

Tahun Skripsi: 2017   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SMA NEGERI 6 KENDARI oleh DEWA MADE DONI AFRIAWAN(Tesis, 2018)
  2. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kolaka Timur oleh HERMANSYAH MA'MIR(Tesis, 2018)
  3. Konstruksi Tes Diagnostik untuk Mendiagnosis Miskonsepsi Peserta didik  SMA pada  Materi Listrik Dinamis oleh Ika Novrina(Tesis, 2018)
  4. PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI  UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS  V SDN 6 BATALAIWORU oleh ALMAMA(Skripsi, 2017)
  5. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Basic for Aplication (VBA) dan Spreadsheet Excel pada Materi Pokok Radioaktivitas di SMA oleh Majenun(Tesis, 2017)
  6. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Kendari oleh Saleha(Tesis, 2018)
  7. Karakteristik segmen gen COI (Cytochrome Oxidase Subunit I) DNA Mitokondria Plusia chalcites (famili : Noctuidae, Ordo : Lepidoptera) oleh Marwansyah(Skripsi, 2017)
  8. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Langsung dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Listrik Dinamis dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Siompu oleh IRHAM(Tesis, 2017)
  9. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran Langsung Dengan Strategi Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Hasil belajar Ranah Kognitif Pada Materi Suhu Dan Kalor Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Peserta Didik SMAN 10 Kendari oleh Nuzul Quryati Hartawati(Tesis, 2017)
  10. Students' Perception and Preference toward Written Feedback in Learning of Writing oleh Rafan Agusti(Skripsi, 2017)
  11. Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Langgea Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan oleh La Ode Marhini(Tesis, 2018)
  12. Analisis Kelayakan Pengembangan Obyek Wisata Pantai Nirwana Kota Baubau oleh Muh. Kamal Gani S.(Tesis, 2018)
  13. Keefektifan Model Pembelajaran Siklus Belajar 7E dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor ditinjau dari Penalaran Logis Peserta Didik SMAN 1 Kontukowuna oleh Haniman Dewi. G(Tesis, 2017)
  14. Analisis Promosi Jabatan Dalam Pengembangan Karier Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Muhammad Arfan(Tesis, 2018)
  15. Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Sultra Prima Lestari oleh HILMANUR(Tesis, 2018)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231