Karya Ilmiah
Pencarian Karya Ilmiah

PENERAPAN BIOTEKNOLOGI MIKORIZA INDIGENUS GULMA PADA TANAH MARGINAL UNTUK MEMPERBAIKI PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG

Halim' dan Fransiscus Suraman Rembon
Pemenuhan ketahanan pangan merupakan salah satu program utama revitalisasi pertanian dan strategi perlindungan tanaman untuk mendukung program nasional. Fokus pemenuhan ketahanan pangan, khususnya tanaman jagung yaitu pencapaian swasembada dan peningkatan daya saing ekspor. Usaha untuk mewujudkan program nasional tersebut masih diperhadapkan dengan berbagai kendala, salah satunya adalah tingkat kesuburan tanah yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mikoriza indigenus gulma dalam memperbaiki pertumbuhan dan produksi tanaman jagung pada tanah marginal. Penelitian ini disusun berdasarkan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Perlakuan yang diuji adalah bobot propagul mikoriza indigenus gulma yang terrdiri dari 4 perlakuan yaitu: tanpa inokulasi propagul mikoriza indigenus (Ao), 10 g propagul mikoriza indigenus (A 20 g propagul mikoriza indigenus (A2), dan 30 g propagul unit perlakuan. Variabel yang diukur yaitu tinggi tanaman, diameter batang tanaman, bobot tongkol dan kelobot, bobot tongkol tanpa kelobot,diameter tongkol, panjang tongkol, jumlah baris biji pada tongkol, serta persentase infeksi mikoriza pada akar tanaman jagung. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan sidik ragam dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi propagul mikoriza indigenus dengan dosis 40 g/lubang tanam (A) memberikan hasil yang terbaik terhadap tinggi tanaman, diameter batang, bobot tongkol berkelobot, bobot tongkol tanpa kelobot, panjang tongkol, diameter tongkol, serta jumlah baris biji pada tongkol. Kata kunci Mikoriza indigenus gulma, propagul, tanaman jagung, tanah marginal

DOWNLOAD FULL PAPER
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf

DOWNLOAD REVIEWNYA DIBAWAH
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf
Diterbitkan pada: Dimuat Dalam Prosiding Seminar Nasional Swasembada Pangan Kendari 9 Maret 2015 ISBN : 978-602-8161-76-3

15 Karya Ilmiah yang dimasukkan terakhir

  1. PENGGUNAAN SOFTTWARE MATEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATTKA oleh Saleh, Hasnawati, Sapto Prio W.H. Wibowo dan Sri Wahyuningsih
  2. DIAGNOSTIC MODEL OF STUDENT LEARNING DIFFICULTIES BASED ON NATIONAL EXAM oleh Zamsir1), Hasnawati2)
  3. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 KENDARI oleh Novi Triana Lestari Bandi, Hasnawati, Ikman
  4. PENGARUH PENDEKATAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN ANALOGI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI2 KABAWO oleh Siti Musitta, Hasnawati, Salim
  5. PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 10 KENDAR oleh La Ode Muh" Arismun Sileal),Hasnawti)
  6. PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LAMBUYA oleh Nining Hajenati, Hasnawati
  7. Model Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Berbasis Ujian Nasional oleh Zamsir1 & Hasnawati2
  8. PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS oleh Anna Wula Prabowati1), Hasnawati2)
  9. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika oleh Hasnawati1 dan Hasmiati2
  10. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA oleh Hasnawati2, Awaludin2 & Sitti Rosnafi'an3
  11. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAB MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) oleh Hasnawati dan Elvira Hastaria R.
  12. Meningkatkan Penguasaan Konsep Operasi Bilangan Berpangkat Melalui Pendekatan Inductive-Development oleh Hasnawati dan Abdul Manaf
  13. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Konstruktivis Terhadap Hasil Belajar Matematika. oleh Hasnawati dan Ardin
  14. DESCRIPTION OF MATHEMATICS LITERACY ABILITY OF STUDENTS FIRST SECONDARY SCHOOL STATE 15 KENDARI BASED ON CONTENT, CONTEXT, MATERIALS, AND PROCESS oleh Hasnawati
  15. EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODELS OF CRITICAL THINKING ABILITY STUDENTS ON THE EARLY MATHEMATICS ABILITY oleh Ikman1) , Hasnawati2), Monovatra Freddy Rezky2)

 

Universitas Halu Oleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2014 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Halu Oleo, Kendari
Indonesia 93231