Karya Ilmiah
Pencarian Karya Ilmiah

IDENTIFIKASI JENIS-JENIS GULMA PADA AREAL TANAMAN JAGUNG YANG BERPOTENSI SEBAGAI TANAMAN OBAT TRADISIONAL

Halim, Fransiscus s. Rembon dan Sahidin
Gulma merupakan tumbuhan pengganggu yang kehadirannya tidak dinginkan pada areal tanaman budidaya. Kehadiran gulma pada areal tanaman budidaya, khususnya pada areal taanaman jagung dapat menyebabkan terjadinya kompetisi antara gulma dengan tanaman dalam memperoleh unsur hara, air, coa cahoya matahari dan gulma dapat pula memberikan manfaat di kalangan petani, ruang tumbuh. Namun dilain pihak, kehadiran khususnya ketika petani mengalami luka pada saat melakukan kegiatan bertani seperti membuka lahan, mentanah, mengendalikan gulma secara mekanik serta kegiatan lain yang melibatkan penggunaan alat-alat yang berpotensi menimbulkan luka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi beberura jenis gulma pada areal tanaman jagung yang berpotensi sebagal tanaman obat tradisional. Metode peneditian yang digunakan adalah wawancara langsung dengan petani berdasarkan pengalaman yang dilakukan oleh petani ketika mengalami luka dalam melaksanakan kegiatan bertani Jumlah sampel petani yang digunakan adalah 10 orang. Aspek-aspek yang dijadikan sebagai indikator pemanfaatan gulma sebagai obat tradisional adalah bagian tumbuhan yang digunakan sebagai obat dan jenis penyakit yang diobati Hasil penelitian menunjukkan bahwa dusmrkan 18 jenis gulma yang an obat tradisional. Persentase tertinggi untuk penggunaan bagian-bagian tanaman berpotensi sebagai tanam sebagai obat tradisional adalah bagian daun sebesar 72,22% Jenis keluhan yang banyak diobati dengan menggunakan tanaman obat tradisional adaloh luka sebesar 56,25% an obat tradisional, tanama Kata kunci: gulma, kompetisi, tanam

DOWNLOAD FULL PAPER
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf

DOWNLOAD REVIEWNYA DIBAWAH
Klik Disini file lampiran dalam bentuk pdf
Diterbitkan pada: Seminar Nasional Peluang dan Tantangan Pengembangan Produk Herbal Auditorium Mokodompit UHO 18-19 Oktober 2014 ISSN 2443-132

15 Karya Ilmiah yang dimasukkan terakhir

  1. PENGGUNAAN SOFTTWARE MATEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATTKA oleh Saleh, Hasnawati, Sapto Prio W.H. Wibowo dan Sri Wahyuningsih
  2. DIAGNOSTIC MODEL OF STUDENT LEARNING DIFFICULTIES BASED ON NATIONAL EXAM oleh Zamsir1), Hasnawati2)
  3. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 KENDARI oleh Novi Triana Lestari Bandi, Hasnawati, Ikman
  4. PENGARUH PENDEKATAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN ANALOGI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI2 KABAWO oleh Siti Musitta, Hasnawati, Salim
  5. PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 10 KENDAR oleh La Ode Muh" Arismun Sileal),Hasnawti)
  6. PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LAMBUYA oleh Nining Hajenati, Hasnawati
  7. Model Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Berbasis Ujian Nasional oleh Zamsir1 & Hasnawati2
  8. PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS oleh Anna Wula Prabowati1), Hasnawati2)
  9. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika oleh Hasnawati1 dan Hasmiati2
  10. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA oleh Hasnawati2, Awaludin2 & Sitti Rosnafi'an3
  11. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAB MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) oleh Hasnawati dan Elvira Hastaria R.
  12. Meningkatkan Penguasaan Konsep Operasi Bilangan Berpangkat Melalui Pendekatan Inductive-Development oleh Hasnawati dan Abdul Manaf
  13. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Konstruktivis Terhadap Hasil Belajar Matematika. oleh Hasnawati dan Ardin
  14. DESCRIPTION OF MATHEMATICS LITERACY ABILITY OF STUDENTS FIRST SECONDARY SCHOOL STATE 15 KENDARI BASED ON CONTENT, CONTEXT, MATERIALS, AND PROCESS oleh Hasnawati
  15. EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODELS OF CRITICAL THINKING ABILITY STUDENTS ON THE EARLY MATHEMATICS ABILITY oleh Ikman1) , Hasnawati2), Monovatra Freddy Rezky2)

 

Universitas Halu Oleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2014 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Halu Oleo, Kendari
Indonesia 93231